Tinggalkan Urusan Pekerjaan di Akhir Ramadhan, Itikaf Wahana Dekatkan Diri Kepada Allah Swt

Oleh : Wiyanto | Senin, 11 Juni 2018 - 07:04 WIB

Itikaf di Pesantren Alam Tahfizhul Quran Fityatul Islam, Desa Citameang, Mega Mendung Bogor
Itikaf di Pesantren Alam Tahfizhul Quran Fityatul Islam, Desa Citameang, Mega Mendung Bogor

INDUSTRY.co.id - Bogor-Itikaf di masjid saat akhir Ramadhan menjadi bagian rutin kaum Muslimin yang mendambakan kedekatan kepada Allah Swt, termasuk berburu lailatul qodar atau malam seribu bulan. Salah satunya itikaf di sebuah Pesantren di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Ibnu Sabil, salah satu  jamaah yang sedang beritikaf di Pesantren Alam Tahfizhul Quran Fityatul Islam, Desa Citameang, Mega Mendung Bogor, mengatakan, itikaf yang dilakukannya bagian menjalankan sunnah nabi Muhammad Saw yang dilakukan setiap 10 hari di akhir Ramadhan.

 “I'tikaf adalah sunnah nabi SAW dan para sahabat dan tabi'in. Sunnah yang telah ditinggalkan oleh sebagian ummat Islam, yang lebih memilih kehidupan dunia yang serba hedonis.Masa, cuma sepuluh hari aje kita gak bisa untuk Allah & Rosul SAW, sedangkan Allah telah mengurus kita sepanjang hayat kita di dunia ini. Seharusnya kita malu, karena cuma sepuluh hari aje, kita juag gak bisa? Katanya di Bogor, Senin (11/6/2018).

Meskipun sudah tidak lagi berusia muda, namun kekuatan muda dari sang Kakek bercucu satu ini, masih terpancar dari sinar mata batinnya yang paling dalam. Hal tersebut nampak dari kegigihannya untuk beritikaf meninggalkan anak dan istrinya. Hampir tiga puluh tahun lebih, di akhir Ramdhan, itikaf ia lakoni.

“Sejak  tahun 85 atau 86 an lah, ane dah mulai i'tikaf, tapi waktu itu masih bolong-bolong, istilah ngalong, cuma malam doang di Masjid, pagi kerja lagi. Untuk i'tikaf full 10 hari, baru mulai tahun 2015 deh,” katanya.

Selain itu, 10 hari di Masjid, siapa yang membiayai? Ibnu Sabil mengungkapkan, pihak panitia di Pesantren yang mengurus semua kebutuhan jamaah yang itikaf.

“Alhamdulillah semua disediakan pihak panitia dari Pesantren,”katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…