Rektor Universitas Se-Riau Deklarasi Lawan Radikalisme-Terorisme

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 09 Juni 2018 - 16:00 WIB

Universitas Riau Pekanbaru (Foto Merdeka)
Universitas Riau Pekanbaru (Foto Merdeka)

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru- Sejumlah rektor perguruan tinggi swasta yang ada di Provinsi Riau mendeklarasikan untuk bersama melawan radikalisme dan terorisme di kampus.

Deklarasi tersebut berlangsung di kampus Universitas Lancang Kuning (Unilak), di Kota Pekanbaru, pada Jumat (8/6) malam. Hadir dalam deklarasi ini, yaitu Tektor Unilak Dr. Hasnati SH MH, Rektor Universitas Islam Riau Prof.Syafrinaldi. Kemudian Rektor Universitas Pasir Pangaraian, Universitas Kuantan Singingi, perwakilan UNIRRAB, STIKES Hangtuah, STMIK, Universitas Persada Bunda dan perwakilan dari pimpinan perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) wilayah Riau.

Pelaksanaan deklarasi ini juga disaksikan oleh Kapolda Riau Irjen Pol Nandang, Komandan Korem 031/Wirabima Brigjen TNI Sonny Aprianto, dan Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Provinsi Riau Marsma TNI Rakhman Haryari, perwakilan pemprov Riau, jajaran dosen dan lebih dari 200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi swasta se-Riau.

"Unilak menjadi perguruan tinggi swasta pertama yang menghubungi saya untuk mengadakan deklarasi penolakan paham radikalisme dan terorisme. Saya sangat mengapresiasi hal tersebut," kata Ketua APTISI Wilayah Riau Zainal Abidin.

Rektor Unilak Dr Hasnati, menjelaskan deklarasi tersebut dilakukan atas keprihatinan yang terjadi di lingkungan Universitas Riau beberapa waktu lalu, yang ternyata telah disusupi oleh terduga teroris. Ia berharap semoga dengan deklarasi ini dapat mencegah radikalisme dan terorisme agar tidak merebak dan masuk ke dunia pendidikan.

"Ke depan kita sama-sama menciptakan mahasiswa yang merupakan bibit generasi emas untuk membela negara," ujarnya.

Kapolda Riau Irjen Pol Nandang mengatakan sektor pendidikan, khususnya perguruan tinggi, sangat berperan penting dalam menjaga keamanan dan melawan terorisme melalui perannya di institusi pendidikan.

"Keamanan dengan mencerdaskan bangsa itu adalah sejalan. Keamanan kampus adalah tanggung jawab pengelola kampus dan kepolisian paling terdepan karena menyangkut keamanan," ujarnya.

Acara deklarasi tersebut disisi dengan dialog singkat antara mahasiswa dan Forkopimda, dan ditutup. Di akhir acara para mahasiswa dan peserta lainnya ikut membubuhkan tandatangan sebagai komitmen mencegah radikalisme dan terorisme di lingkungan kampus. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…