JK Records Buat Perangkat Khusus Hitung Royalti Pertama di Indonesia

Oleh : Amazon Dalimunthe | Sabtu, 09 Juni 2018 - 09:41 WIB

Leonard Nyo Kristianto (tengah) bersama Dian Pieshesa (Foto: Amazon)
Leonard Nyo Kristianto (tengah) bersama Dian Pieshesa (Foto: Amazon)

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Di tengah seringnya saling curiga antara musisi pencipta lagu dan produser dalam hal pembagian royalti musik, perusahaan rekaman JK Records mencoba memberikan solusi. JK Records menciptakan software atau perangkat lunak bernama JK Royalti. Melalui perangkat ini, proses pencatatan dan distribusi untuk seorang musisi menjadi lebih mudah.

Lewat JK Royalti, seorang musisi bisa melihat royalti dari penjualan Youtube, digital download, Ring Back Tone (RBT) dan penjualan fisik karya mereka. Laporan royalti atas penjualan karya itu bisa dilihat dalam bentuk grafik atau tabel yang bisa diunduh.

"Ini software cara menghitung royalti secara cepat dan akurat. Kalau dulu menagih royalti harus datang ke kantor, tapi sekarang tidak lagi. Jadi bisa lewat website, bisa lewat ponsel. Jadi bisa langsung akses, bisa langsung cetak invoice lalu si artis ini email ke bagian billing kami, nanti kami tinggal bayar. Setelah dibayar, nanti di akun user si artis ini akan ada keterangan ini sudah dibayar dan ini ada yang belum," jelas CEO JK Records, Leonard Nyo Kristianto saat peluncuran JK Royalti di kawasan Thamrin Jakarta Pusat.

Perangkat ini merupakan yang pertama di Indonesia dan yang kedua di dunia setelah Kobalt. Perangkat ini  digagas pria yang kerap disapa Nyo itu mendengar keluh kesah artis lawas perihal royalti mereka. Tahun lalu, Nyo mulai mengembangkan perangkat JK Royalti ini untuk memenuhi hak-hak para musisi yang bernaung di JK Records.

Saat ini JK Royalti saat ini baru diterapkan untuk artis yang bernaung di JK Records. Namun, dalam waktu dekat perangkat ini bisa digunakan untuk label dan LMK (Lembaga Manajemen Kolektif) lainnya. Sejumlah musisi yang tergabung di JK Records pun menyambut baik kehadiran perangkat ini. Sementara, untuk artis dan pencipta lagu yang meninggal dunia, royalti tetap dibayarkan kepada ahli waris.

"Mereka senang, enggak nyangka kayak dapat rezeki di usia senja. Satu hal yang jadi pegangan saya adalah jangan ambil yang bukan hak kita, maka kita akan selamat. Itu sebabnya saya coba benanhi ekosistemnya agar semua transparan,” ujar lulusan universitas terkemuka di Amerika ini.

JK Records merupakan perusahaan rekaman yang dididirkan oleh Judhi Kristianto, ayah Leonard, sejak 1982 dan terus bertahan hingga kini. Tak heran, mereka memiliki katalog lagu dari sejumlah musisi yang saat ini mulai memasuki usia senja. Salah satu yang bertahan sejak JK Records didirikan adalah penyanyi Dian Pieshesa.

Dian mengaku ia bertahan di JK Records adalah karena sistim yang dibangun sejak jaman Judhi masih memegang kendali perusahaan sudah transparan. “Apalagi dengan adanya perangkat JK Royalti ini, hak-hak sebagai penyanyi, musisi, penciptalagu, produser semakin jelas. Dan ini membuat tentram hati kita,” ujar Dian yang kini tampil berhijab. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementan dan teknologi iradiator

Sabtu, 22 September 2018 - 17:46 WIB

Kementan Manfaatkan Teknologi Iradiator Gamma Untuk Dorong Ekspor Buah Segar

INDUSTRY.co.id -

Tangerang Selatan - Indonesia sebagai negara tropis mempunyai varian buah cukup tinggi. Setiap daerah di tanah air memiliki produk unggulan dan sudah…

Indonesia Properti Expo 2018

Sabtu, 22 September 2018 - 17:15 WIB

Resmi Dibuka, BTN Tawarkan KPR Zero di Ajang IPEX 2018

PT Bank Tabungan Negara Tbk kembali menyelenggarakan Indonesia Property Expo (IPEX) 2018. Dalam event tersebut, BTN memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan tingkat bunga flat 6,5% selama…

Mentan Amran

Sabtu, 22 September 2018 - 14:46 WIB

Mentan Optimistis Indonesia Bisa Miliki Balai Pelatihan Terbaik di Dunia

INDUSTRY.co.id -

Lembang - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, pada Kamis (21/9) kemarin.…

Mentan Andi Amran Sulaiman, Menteri BUUMN Rini Soemarno, Menteri Desa PDT (Foto Humas)

Sabtu, 22 September 2018 - 14:37 WIB

Jaga Baik Produksi Pertanian, Kinerja Mentan Amran Diminta Jangan Diganggu

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah menunjukkan kerja maksimal dalam menjaga stok ketersediaan pangan. Produksi di sektor…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 22 September 2018 - 14:32 WIB

Kementan Tegaskan Komitmen Sejahterakan Petani di Rembug Utama Kelompok KTNA

INDUSTRY.co.id -

Pangkal Pinang - Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya untuk mendorong produktivitas pangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan petani.…