Tol Serang-Panimbang Siapkan Tujuh Simpang Susun

Oleh : Herry Barus | Jumat, 08 Juni 2018 - 13:45 WIB

Pembangunan jalan tol (Ist)
Pembangunan jalan tol (Ist)

INDUSTRY.co.id - Serang- Pembangunan Tol Serang-Panimbang sepanjang 83 kilometer akan terkoneksi dengan jalan arteri di empat kabupaten/kota melalui tujuh simpang susun di sepanjang jalur tol tersebut.

Pimpinan Proyek jalan tol Serang-Panimbang Muhamad Ali di Serang, Kamis (6/6/2018)  mengatakan saat ini pihaknya sudah memulai pembangunan jalan penghubung dari Tol Jakarta-Merak atau di titik nol kilometer Serang-Panimbang yakni di Kecamatan Walantaka Kota Serang. Selanjutnya simpang susun pertama atau interchange di Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang.

"Kami masih melakukan koordinasi dengan PT Marga Mandala Sakti (MMS) untuk membuka jalur penghubung dari Tol Jakarta-Merak ke Tol Serang-Panimbang. Secara bertahap juga kami memulai pemadatan badan jalan dari mulai titik nol ini," kata Muhamad Ali didampingi Manager Bidang Human Capital dan Umum PT Wika Serang Panimbang, Bambang Yogaswara saat melakukan monitoring progres pengerjaan jalan tersebut di Kecamatan Walantaka.

Menurutnya, setelah dibuka jalur penghubung dari Tol Jakarta-Merak, selanjutnya pembangunan simpang susun pertama atau gerbang pertama di Kecamatan Ciekusal Kabupaten Serang di kilometer (KM) 8,9.

"Kami sudah jalan sekitar dua bulan ini untuk pengerjaan kontruksinya. Targetnya kan selesai pada November 2019 sudah bisa diujicobakan penggunaanya," kata Ali.

Ia mengatakan bahwa pengerjaan kontruksi  jalan tol tersebut dilakukan secara bertahap sesuai dengan lahan yang sudah dibebaskan, mengingat jika menunggu semua lahan selsai dibebaskan waktunya akan terhambat karena masih ada beberapa kendala terkait dengan pembebasan lahan, misalnya kepemilikan lahan yang belum jelas sehingga harus dititipkan di pengadilan (konsinyasi).

"Tahap pertama ini kita kerjakan 10 kilomter dulu. Yang sekarang sudah digarap untuk pemadatan sekitar 2,5 kilometer," kata dia.

Simpang susun berikutnya, kata Ali, di Kecamatan Petir Kabupaten Serang atau di sekitar Km 17,5 yang membutuhkan akses jalan penghubung ke jalan areteri dari jalan kolektor sepanjang 1,5 sampai 2 Km.

"Perlunya konektivitas jalan arteri dan jalan kolektor ini terkait simpang susun yang berada di trase tol Serang-Panimbang sebagi jalur distribusi logistik maupun kendaraan pribadi," kata Ali.

Ia mengatakan dalam pembangunan jalan tol tersebut, pihaknya tidak menghilangkan fungsi dari fasilitas lainnya yang sudah ada sebelumnya seperti saluran air, sungai, jalan desa dan fasilitas lainnya yang sebelumnya digunakan warga.

"Yang tadinya ada sungai atau saluran irigasi tetap kita fungsikan, malahan kita bagusin," katanya.

Kemudian gerbang tol selanjutnya atau simpang susun ke tiga berada di Rangkasbitung Kabupaten Lebak yang hanya membutuhkan sekitar 1 km pembangunan jalan dari tol ke jalan arteri di Rangkasbitung. Gerbang ke empat di Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak, selanjutnya di Cileles Lebak atau di sekitar Km 49,9.

"Simpang susun berikutnya di Kecamatan Bojong dan Pagelaran di Kabupaten Pandeglang. Terakhir exit di Kecamatan Panimbang di Km 83,6," kata Ali.

Ia mengatakan selain membangun kontruksinya, PT Wika Serang Panimbang juga nantinya sebagai operator jalan tol tersebut dengan kontrak selama 40 tahun sebelum nantinya diserahkan kepada pemerintah.

"Kalau kontraknya mulai 2020, maka kami PT Wika Serang Panimbang kontraknya akan berakhir 2060. Selanjutnya diserahkan kepada pemerintah," kata Ali.

Ia mengaku selama ini dalam pelaksanaan kontruksi jalan tersebut tidak menemukan kendala-kendala di lapangan kaitannya dengan masyarakat yang berada di sekitar pembangunan. Bahkan, pihaknya mendapat respons yang positif serta masyarakat menyambut keberadaan pembangunan jalan tol tersebut dengan antusias. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…