Pertumbuhan Premi Tokio Marine Life Insurance Ditargetkan 25 Persen

Oleh : Kormensius Barus | Jumat, 08 Juni 2018 - 11:01 WIB

Chief Marketing Officer Tokio Marine Insurance, Sudyawi Sahlan, usai acara Media Gathering Tokio Life Insurance Indonesia dan YKAI di Kantorkuu, Agro Plaza, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018),
Chief Marketing Officer Tokio Marine Insurance, Sudyawi Sahlan, usai acara Media Gathering Tokio Life Insurance Indonesia dan YKAI di Kantorkuu, Agro Plaza, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018),

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Hingga kuartal 1-2018, Perusahaan asuransi jiwa, PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia (Tokio Marine Insurance) tercatat meraup premi bruto Rp 118 miliar. Angka tadi menunjukkan pertumbuhan sebesar 8,2% dibanding kuartal 1-2017 (year on year/yoy). Sementara hingga tahun ini Target  pertumbuhan premi sebesar 20%-25%.

“Ya, Tokio Marine Insurance tahun ini menarget pertumbuhan premi sebesar 20%-25%,”ujar Chief Marketing Officer Tokio Marine Insurance, Sudyawi Sahlan, usai acara Media Gathering Tokio Life Insurance Indonesia dan YKAI di Kantorkuu, Agro Plaza, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018),

Menurutnya, target premi yang dipatok lebih rendah dibanding capaian pertumbuhan premi pada periode 2016-2017 yang mengalami pertumbuhan lebih dari 30%. "Kami menilai pertumbuhan premi dikuartal 1-2018 agak melambat makanya kami patok target realistis," ujarnya.

Disampaikan Sudyawi, asumsi pelambatan tersebut kemungkinan akan berlanjut hingga akhir tahun ini. Hal itu dipicu oleh melemahnya daya beli masyarakat. Apalagi Menurut Sudyawi, asuransi jiwa itu sangat sensitif, bila ada masalah politik, kriminalitas akan langsung memengaruhi daya beli masyarakat membeli premi.

Meski begitu, Tokio Marine Insurance tak mau pasrah. Menurutnya agar tetap bertumbuh hingga 25% pihaknya akan melakukan sederet strategi yakni, fokus memperbanyak agen profesional atau yang bekerja secara full time. Saat ini menurutnya dari 1.500 agen yang dimiliki hanya 5%-8% yang bekerja secara full time, selebihnya part time.

"Kami akan mengejar sebayak 3.000 - 3.500 agan di tahun ini, " ujarnya. Hingga saat ini dikatakannya channel agensi berkontribusi sebesar 75% dari total premi perusahaan, sementara jalur bancassurance menyumbang 20%.Selebihnya merupakan kontribusi dari jalur korporasi.

Strategi kedua yang dilakukan adalah fokus mengejar pasar secara direct tanpa intervensi bank. Menurutnya pada masa datang tingkat kesadaran berasuransi masyarakat akan makin tinggi, sehingga secara langsung asuransi jiwa akan dicari baik melalui online maupun langsung ke perusahaan asuransi.

Strategi ketiga, dikatakan Sudyawi pihaknya akan memperkuat produk unggulan perusahaan yakni asuransi kesehatan dengan menawarkan paket - paket produk yang telah ada dengan cara memperluas coverage. Salah satunya produk pelengkap khusus penyakit kanker dan ginjal.

Terkait program penguatan produk tadi, Tokio Marine menggelar program corporate social responsibility (CSR) bertajuk Kita Siap Berkarya dan Berdaya Bagi Generasi Penerus Bangsa.

Program CSR ini mengajak partisipasi para karyawan serta tenaga pemasar Tokio Marine untuk mengajarkan anak-anak dengan kanker dari Yayasan Kanker Indonesia berbagai macam keterampilan kreatif seperti membuat karya kerajinan tangan, bernyanyi, mewarnai dan lainnya.

Karya anak anak tersebut lalu dipasarkan oleh Tokio Marine sebagai cendramata dan seluruh hasil penjualan akan diserahkan sepenuhnya kembali. "Ini akan membuat anak-anak kanker bahagia karena dapat berkarya dan berguna walaupun dalam kondisi sakit. Kegiatan ini juga dapat jadi sumber inspirasi positif bagi lingkungan serta masyarakat luas," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…