Pertumbuhan Premi Tokio Marine Life Insurance Ditargetkan 25 Persen

Oleh : Kormensius Barus | Jumat, 08 Juni 2018 - 11:01 WIB

Chief Marketing Officer Tokio Marine Insurance, Sudyawi Sahlan, usai acara Media Gathering Tokio Life Insurance Indonesia dan YKAI di Kantorkuu, Agro Plaza, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018),
Chief Marketing Officer Tokio Marine Insurance, Sudyawi Sahlan, usai acara Media Gathering Tokio Life Insurance Indonesia dan YKAI di Kantorkuu, Agro Plaza, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018),

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Hingga kuartal 1-2018, Perusahaan asuransi jiwa, PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia (Tokio Marine Insurance) tercatat meraup premi bruto Rp 118 miliar. Angka tadi menunjukkan pertumbuhan sebesar 8,2% dibanding kuartal 1-2017 (year on year/yoy). Sementara hingga tahun ini Target  pertumbuhan premi sebesar 20%-25%.

“Ya, Tokio Marine Insurance tahun ini menarget pertumbuhan premi sebesar 20%-25%,”ujar Chief Marketing Officer Tokio Marine Insurance, Sudyawi Sahlan, usai acara Media Gathering Tokio Life Insurance Indonesia dan YKAI di Kantorkuu, Agro Plaza, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018),

Menurutnya, target premi yang dipatok lebih rendah dibanding capaian pertumbuhan premi pada periode 2016-2017 yang mengalami pertumbuhan lebih dari 30%. "Kami menilai pertumbuhan premi dikuartal 1-2018 agak melambat makanya kami patok target realistis," ujarnya.

Disampaikan Sudyawi, asumsi pelambatan tersebut kemungkinan akan berlanjut hingga akhir tahun ini. Hal itu dipicu oleh melemahnya daya beli masyarakat. Apalagi Menurut Sudyawi, asuransi jiwa itu sangat sensitif, bila ada masalah politik, kriminalitas akan langsung memengaruhi daya beli masyarakat membeli premi.

Meski begitu, Tokio Marine Insurance tak mau pasrah. Menurutnya agar tetap bertumbuh hingga 25% pihaknya akan melakukan sederet strategi yakni, fokus memperbanyak agen profesional atau yang bekerja secara full time. Saat ini menurutnya dari 1.500 agen yang dimiliki hanya 5%-8% yang bekerja secara full time, selebihnya part time.

"Kami akan mengejar sebayak 3.000 - 3.500 agan di tahun ini, " ujarnya. Hingga saat ini dikatakannya channel agensi berkontribusi sebesar 75% dari total premi perusahaan, sementara jalur bancassurance menyumbang 20%.Selebihnya merupakan kontribusi dari jalur korporasi.

Strategi kedua yang dilakukan adalah fokus mengejar pasar secara direct tanpa intervensi bank. Menurutnya pada masa datang tingkat kesadaran berasuransi masyarakat akan makin tinggi, sehingga secara langsung asuransi jiwa akan dicari baik melalui online maupun langsung ke perusahaan asuransi.

Strategi ketiga, dikatakan Sudyawi pihaknya akan memperkuat produk unggulan perusahaan yakni asuransi kesehatan dengan menawarkan paket - paket produk yang telah ada dengan cara memperluas coverage. Salah satunya produk pelengkap khusus penyakit kanker dan ginjal.

Terkait program penguatan produk tadi, Tokio Marine menggelar program corporate social responsibility (CSR) bertajuk Kita Siap Berkarya dan Berdaya Bagi Generasi Penerus Bangsa.

Program CSR ini mengajak partisipasi para karyawan serta tenaga pemasar Tokio Marine untuk mengajarkan anak-anak dengan kanker dari Yayasan Kanker Indonesia berbagai macam keterampilan kreatif seperti membuat karya kerajinan tangan, bernyanyi, mewarnai dan lainnya.

Karya anak anak tersebut lalu dipasarkan oleh Tokio Marine sebagai cendramata dan seluruh hasil penjualan akan diserahkan sepenuhnya kembali. "Ini akan membuat anak-anak kanker bahagia karena dapat berkarya dan berguna walaupun dalam kondisi sakit. Kegiatan ini juga dapat jadi sumber inspirasi positif bagi lingkungan serta masyarakat luas," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…