Presiden Jokowi Ingatkan Ulama Indonesia Negara Muslim Terbanyak

Oleh : Herry Barus | Rabu, 06 Juni 2018 - 18:30 WIB

Presiden Jokowi (Foto Setkab)
Presiden Jokowi (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Karawang- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kalangan ulama kalau Indonesia merupakan negara muslim terbanyak yang dikenal dengan persatuan dan kerukunannya.

"Indonesia ini memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Ini yang sering kita lupakan. Indonesia yang memiliki penduduk terbesar ini dihargai oleh dunia, karena persatuan dan kerukunannya," kata presiden disela silaturahmi bersama ulama dan tokoh masyarakat di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah III, Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jabar, Rabu (6/6/2018)

Ia mengaku merasa heran karena hampir setiap tahun momentum demokrasi pemilihan bupati/wali kota, pemilihan gubernur bahkan hingga pemilihan presiden, selalu menjadi momentum untuk memecah belah persatuan bangsa.

"Kita memiliki penduduk 263 juta jiwa, ada 17 ribu pulau, ada 714 suku. Ini potensi dan kekayaan bangsa Indonesia, anugerah dari Allah," kata dia.

Tetapi sangat disayangkan anugerah tersebut terpecah belah saat digelar Pemilihan Bupati/Wali Kota, Pemilihan Gubernur, bahkan Pemilihan Presiden.

Pentas demokrasi setiap tahun sering memecah belah, ada yang tidak saling sapa antarkampung, ada yang tidak sapa saudarannya, hanya gara-gara pilihan yang berbeda -beda. Itu dinilai merugikan, karena sebenarnya bangsa Indonesia menjunjung tinggi persatuan dan kerukunan.

Menurut dia, demokrasi itu harusnya tetap menjadi pemersatu negara, bukan pemecah.

"Silakan pilih siapa saja, pilih yang baik terbaik. Sudah itu tolong rukun lagi, setiap lima tahun itu ada terus (pesta demokrasi)," kata dia.

Menurut Jokowi, penghargaan kerukunan muslim Indonesia ini terbukti, ketika Presiden melakukan kunjungan dan kerjasama bilateral dengan negara Timur Tengah dan Asia Selatan.

Ia menceritakan, ketika itu Presiden melakukan kunjungan ke Arab Saudi. Ia merasa kaget ketika Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud langsung menjemputnya dipintu pesawat.

Menurut Jokowi, itu merupakan hal yang tak biasa. Raja Salman mengaku jika ia sangat menghargai Indonesia, karena negara yang memiliki umat muslim terbesar di dunia yang begitu memiliki persatuan.

Hal serupa juga ketika melakukan kunjungan ke Uni Emirat Arab. Saat itu presiden UEA, Sheikh Mohammed menjemputnya langsung dan menjadi sopir Jokowi menuju istananya.

"Jangan sampai bangsa kita ini begitu dihargai di luar, tetapi pecah di dalamnya. Negara muslim di dunia sangat begitu memberikan penghargaan kepada kita, " katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…