Kenaikan Pajak Impor India Berpotensi Angkat Harga CPO Malaysia

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 06 Juni 2018 - 17:30 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia dibuka sebesar RM2.404 per ton pada perdagangan Rabu (06/06/2018) ini, atau naik 0,08% dibandingkan harga pada penutupan perdagangan Selasa (05/06/2018) sebesar RM2.402 per ton.

Pada perdagangan Selasa kemarin, harga komoditas strategis Malaysia tersebut bergerak pada kisaran RM2.382-2.410 per ton dibandingkan pada perdagangan hari ini di kisaran RM2.399-2.412 per ton.

“Harga CPO Malaysia saat ini sebesar RM2.405 per ton. Itu terlihat cenderung naik. Pasalnya, menjelang rilis data MPOB (Malaysian Palm Oil Board) pada 11 Juni 2018, berbagai survei persediaan CPO Malaysia yang dilakukan melalui jajak pendapat menunjukkan selama lima bulan berturut-turut antara 1.80-4.70%,” papar Arie Nurhadi, analis riset PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Rabu (06/06/2018).

Arie menjelaskan, ekspor dan produksi CPO terlihat turun. Laju penurunan ekspor terlihat lebih cepat ketimbang produksi. Di samping itu, pengiriman CPO ke India pada Mei 2018 lalu terlihat turun tajam.

India adalah konsumen CPO terbesar di dunia. Ekspor CPO Malaysia dan Indonesia ke India melambat sejak India menetapkan serangkaian tarif impor untuk minyak nabati mulai dari November 2017 hingga Maret 2018.

Sebagian penurunan harga CPO Malaysia juga diperkirakan karena kerugian dalam hari kerja setelah Bursa Malaysia ditutup selama tiga hari libur panjang menyusul pengumuman pemerintahan baru yang memenangkan Pemilihan Umum dan adanya jadwal tambahan hari libur umum pada 1 Mei 2018.

“Di samping itu, periode puasa pada Ramadhan tahun ini juga memperlambat kinerja panen karena banyak pekerja Muslim di Malaysia dan Indonesia menjalankan ibadah puasa,” tukas Arie.

Akan tetapi, demikian Arie, kabar mengenai rencana India untuk menaikkan pajak impor CPO menopang kenaikan harga komoditas tersebut pada hari ini atau tepat sehari setelah mencapai titik terendah dalam kurun waktu hampir sebulan.

“Harga kontrak CPO untuk pengiriman Agustus 2018 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik 0,12% menjadi RM2.405 per ton atau setara dengan US$605,41 per ton,” pungkas Arie.

India yang merupakan importir CPO terbesar dunia kini sedang mempertimbangkan untuk menaikkan pajak impor bagi komoditas tersebut. India saat ini mengenakan pajak impor sebesar 30% untuk kedelai dan 25% masing-masing untuk minyak rapeseed dan bunga matahari, serta pajak impor CPO sebesar 44%. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…