BTN Luncurkan Tabungan Felas Incar Dana Asing

Oleh : Herry Barus | Selasa, 05 Juni 2018 - 10:40 WIB

Direktur BTN Budi Satria di Jakarta (Foto Rizki Meirino)
Direktur BTN Budi Satria di Jakarta (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meluncurkan "Felas", produk tabungan perdana bagi simpanan dana valuta asing dolar AS dan dolar Singapura dengan target 10 ribu nasabah setiap tahun.

Direktur BTN Budi Satria di Jakarta, Senin (4/6/2018)  mengatakan penerbitan produk tabungan valas untuk memperkaya portofolio dana pihak ketiga (DPK) sekaligus memenuhi permintaan nasabah yang gemar melancong ke luar negeri ataupun investor asing yang membutuhkan simpanan valas.

Bunga yang ditawarkan BTN untuk tabungan valas ini sekitar tiga persen.

"Nasabah populasi masyarakat kelas menengah di Indonesia terus meningkat dengan gaya hidup yang banyak menggunakan mata uang asing untuk 'travelling', bisnis, sekolah di luar negeri, investasi, dan berbagai aktivitas lainnya," ujarnya.

Tabungan valas BTN dinamai Tabungan Felas. Budi mengatakan BTN berupaya menggarap peluang melimpahnmya mata uang asing tersebut sekaligus melengkapi kebutuhan simpanan nasabahnya.

"Dengan produk ini, kami berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menabung, bertransaksi, dan berinvestasi dalam mata uang asing. Dalam lima tahun pertama, kami membidik hampir 50.000 nasabah baru Tabungan Felas," ujarnya.

Tabungan Felas tersebut diperuntukkan nahi Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA). Budi mengincar nasabah dari kalangan para profesional muda, wirausaha terutama di bidang ekspor impor, investor, nasabah prioritas, hingga ibu rumah tangga.

Budi menuturkan Tabungan Felas ini akan dilengkapi dengan fasilitas penarikan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan jaringan elektronik untuk bertransaksi nasabah. Selain meluncurkan Tabungan Felas, emiten bersandi saham BBTN ini juga menambah satu jenis mata uang dalam produk Deposito Valas perseroan yakni Dolar Singapura.

Adapun hingga April 2018, BTN mencatatkan pertumbuhan tabungan melesat di level 43,28 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Pada bulan ke empat tahun ini, posisi tabungan Bank BTN sekitar Rp43,04 triliun atau tumbuh dari Rp30,04 triliun pada bulan yang sama tahun lalu.

BTN membidik dana pihak ketiga (DPK) naik sebesar 23 persen (yoy) tahun ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…