Kapal Ramadhan Tiba di Pulau Alor

Oleh : Wiyanto | Senin, 04 Juni 2018 - 07:46 WIB

Penduduk Pulau Alor Nusa Tenggara Timur menerima bantuan Ramadhan
Penduduk Pulau Alor Nusa Tenggara Timur menerima bantuan Ramadhan

INDUSTRY.co.id -NTT - Adalah Edy Susanto dari Forum Jurnalis Muslim (Forjim) yang turut menjadi bagian dari tim media yang mengikuti perjalanan panjang kapal yang berlayar dalam mengemban sebuah misi kemanusiaan itu. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 25 jam dari Makasar ke Labuan Bajo dilanjutkan kemudian perjalanan lagi sekitar 30 jam dari Bajo ke Pelabuhan Kalabahi, maka Kapal Ramadhan ACT itu pun sampai di Pulau Alor NTT pada hari Sabtu (2/6) pada pukul 23.00 WIT

Kapal Ramadhan ACT yang merupakan kapal bantuan yang membawa bahan pangan untuk warga masyarakat di Indonesia Bagian Timur yang sangat membutuhkan bantuan selain membawa serta tim kesehatan juga mengikutsertakan tim media selama perjalanan panjang kapal berlayar dari Makasar, SulSel sampai dengan Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Titik pertama yang didatangi oleh tim adalah daerah kampung Timo Abang, Desa Marru, Pulau Pura, Kabupaten Alor. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan perahu kecil nelayan dengan kapasitas 15 orang menuju kesana dari titik berangkat desa Dalolong. Tempat dimana ACT memiliki gudang logistik kemanusiaan di dekat pelabuhan Kalabahi, Alor NTT.

Di Pulau Pura tersebut penduduknya mayoritas beragama Islam. Tim ACT mendapat sambutan yang hangat dan bersahaja ala masyarakat desa. Sesaat ketika bantuan diturunkan dari perahu kecil nelayan yang ditumpangi untuk mengangkut bantuan. Maka mulai dari anak-anak, orang tua sampai ibu ibu pun turut membantu dan bergotong royong membawa paket bantuan yang sudah dipersiapkan oleh ACT. Di sebuah ruangan kelas di Madrasah Islam Swasta (MIS) Darussalam Timo Abang, menjadi lokasi paket bantuan diturunkan di pulau yang memiliki keindahan alam tersebut.

"Kami di sini walau bertetangga dengan pulau disebelah yang beragam non muslim tapi kami tetap bersaudara dan tetap menjaga toleransi yang tinggi diantara pemeluk agama yang ada. Untuk bantuan dari ACT atas nama warga disini, kami mengucapkan terima kasih. Semoga bisa berguna dan bermanfaat," ujar Ahmad selaku Ketua RW di pulau Pura.

Desa tersebut termasuk daerah di tepian negeri. Dimana lokasinya berada di pulau pulau yang banyak jumlahnya di Kabupaten Alor, NTT. Selama berpuluh puluh tahun daerah tersebut tidak pernah tersentuh oleh akses listrik. Sehingga mereka disana jika malam hari tiba daerahnya menjadi gelap gulita.

Kalau pun ada cahaya penerangan itu datangnya dari lampu pelita yang dibuat dari sumbu dengan menggunakan bahan minyak tanah yang dibuat masyarakat. Sungguh sebuah kontradiksi dimana daerahnya sangat indah dan mempesona akan keindahan alam pulaunya, namun jauh dari kata sejahtera untuk kehidupan warga masyarakatnya.

Maka ACT dengan segenap daya dan upaya yang ada berusaha menghadirkan program Kapal Ramadhan. Sebagai bentuk cinta kepada negeri dan rasa kepedulian kepada sesama guna meraih kebahagiaan sebagai saudara.

Program filantropi ini sekaligus mengusik kepedulian kita bersama bahwa ada tanggung jawab kita bersama untuk saling membantu mengentaskan persoalan kemiskinan yang saat ini masih menjadi salah satu persoalan umat di sebagian wilayah Indonesia bagian Timur khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Attachments

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…