118 BUMN Bersinergi Bangun Pariwisata di Lombok

Oleh : Hariyanto | Minggu, 29 Januari 2017 - 08:20 WIB

Sebanyak 118 BUMN Bangun Pariwisata di Lombok
Sebanyak 118 BUMN Bangun Pariwisata di Lombok

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam upaya mempercepat pengembangan pariwisata Indonesia, Kementerian BUMN menghadirkan sebanyak 118 BUMN dan beberapa anak perusahaan BUMN lainnya di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Salah satu BUMN yang ikut serta dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilaksanakan di empat lokasi, yakni di Tanjung Aan, Bukit Meresek, Desa Ende dan Desa Sembalun, Rinjani adalah Perum Jamkrindo.

Dalam keterangan tertulis yang diterima INDUSTRY.co.id, Sabtu (28/1/2017), program tersebut dirangkai dengan berbagai kegiatan, antara lain kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR - Corporate Social Responsibility) di bidang pariwisata, pendidikan, lingkungan dan infrastruktur.

Kehadiran BUMN di Mandalika tersebut adalah untuk bersama-sama dan bersinergi melaksanakan program pengembangan pariwisata dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) setempat melalui inisiasi program BUMN Hadir Untuk Negeri", yaitu program percepatan pembangunan infrastuktur dan pengabdian masyarakat lokal yang dilakukan pada tanggal 26 28 Januari 2017.

BUMN terus tumbuh dan berkembang memberikan sumbangan bagi perekonomian nasional, utamanya melalui penyediaan barang dan jasa yang bermutu tinggi dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup masyarakat. BUMN juga menjadi perintis berbagai kegiatan usaha yang belum tersentuh oleh sektor swasta, serta turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat.

Dalam upaya mengantisipasi perkembangan zaman, Kementerian BUMN melalui BUMN-BUMN sebagai bagian dari masyarakat terus berupaya untuk hadir di tengah-tengah publik. Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian BUMN dan BUMN untuk merealisasikan hal tersebut adalah dengan kiprah nyata melalui kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri. Selama dua tahun terakhir, Kementerian BUMN telah menginisiasi pelaksanaan kegaitan BUMN Hadir Untuk Negeri dengan fasilitasi oleh perusahaan BUMN yang memiliki wilayah kerja di seluruh Indonesia.

Sepanjang tahun 2016 lalu, Kementerian BUMN telah melaksanakan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di antaranya di Parapat, Sumatera Utara; Garut, Jawa Barat; Wonosobo, Jawa Tengah; Labuan Bajo, NTT; dan Cilacap, Jawa Tengah.

Perhatian BUMN terhadap masyarakat tersebut dicurahkan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Melalui PKBL, BUMN aktif memberikan bantuan baik di bidang pariwisata, pendidikan, infrastruktur dan lain sebagainya, yang semua bertujuan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat. *

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aktris Lee Se Young dalam drama Hwayugi. (Dok Allkpop)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:15 WIB

Ingin Tampil Sempurna di "Hwayugi", Lee Se Young Sering Ikut Diskusi Bareng Sutradara

Aktris cantik asal Korea Selatan, Lee Se Young memang tengah disibukkan membintangi drama Korea "Hwayugi". Didalam drama ini, Lee Se Young dari awal sudah diminta untuk memerankan dua karakter…

Press Confrence Malam Juara GO-FOOD pada Jumat (23/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:50 WIB

Apresiasi UMKM Kuliner, GO-JEK Adakan Malam Juara GO-FOOD Untuk Seluruh Merchant

GO-JEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi kembali menegaskan komitmennya dalam membantu pengusaha mikro, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam layanan GO-FOOD. GO-JEK…

Oprah Winfrey berpidato saat di acara Golden Globe 2018. (Dok FOX)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:30 WIB

Kunjungan Oprah Winfrey Buat Marah Donald Trump

Beberapa waktu lalu pada acara penghargaan Golden Globe 2018, pidato Oprah Winrey menarik banyak perhatian publik di Amerika Serikat, termasuk Presiden Amerika Serikat yang saat ini menjabat,…

Wakil Ketua BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, melakukan tendangan pertama (kick off) menandai dimulainya pertandingan turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional, di Grand Futsal Kuningan, Jakarta, Sabtu (24/2/2018). (Foto:Ist)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:53 WIB

BAZNAS dan BNIS Gelar Turnamen Futsal Bersama LAZ

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan BNI Syariah (BNIS) menggelar turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional.

Boyband Korea Selatan, Infinite. (Dok Soompi)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:15 WIB

Boyband VIXX dan Infinite Susul BTS Masuk Nominasi Spanyol Music Awards 2018

Boyband Bangtan Boys atau BTS belum lama ini dikabarkan menjadi artis K-Pop pertama yang masuk nominasi di Spanyol Music Awards 2018. Ternyata, tak hanya boyband BTS saja yang masuk nominasi…