Doa Imlek Warga Tionghoa Mohon Kedamaian

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 28 Januari 2017 - 19:22 WIB

Malam Parade Tahun Baru Imlek 2017: Pesta Dunia Penuh Keberuntungan
Malam Parade Tahun Baru Imlek 2017: Pesta Dunia Penuh Keberuntungan

INDUSTRY.co.id - Bandung- Sejumlah warga keturunan Tionghoa yang  merayakan Hari Raya Imlek 2017 atau Tahun Baru China ke 2568, di Vihara Samudra Bhakti Jalan Kelenteng Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu, memanjatkan doa khusus yakni kedamaian untuk negeri ini.
      

"Tadi berdoa, selain untuk diri sendiri sama keluarga. Saya juga mendoakan agar negeri ini semakin damai. Segala perbedaan yang ada jangan sampai memecah belah negeri ini," kata Fredi Setiawan, usai bersembahyang di vihara tersebut, Sabtu (28/1/2017)
        
Fredi yang datang bersama orang tua dan dua orang kakaknya menuturkan dirinya sengaja berdoa di Vihara Samudra Bhakti Kota Bandung saat merayakan Hari Raya Imlek 2017.
        
"Khusus Imlek saja kita ke berdoa di sini, biasanya kalau tidak Imlek saya sama keluarga berdoa di vihara yang ada di kawasan Dago (Kota Bandung)," kata dia.
        
Selain memanjatkan doa untuk kedamaian negeri, ia juga berdoa mengharapkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi Kota Bandung, khususnya dan Indonesia, secara umum.
        
Sementara itu seperti dilansir Antara, ribuan warga keturunan Tionghoa memadati tempat ibadah Wihara Thay Hin Bio Bandarlampung untuk melaksanakan ibadah dalam rangka Tahun Baru Imlek 2568.

Suasana di kawasan Wihara Thay Hin Bio, Bandarlampung, Sabtu, menunjukkan warga keturunan Tionghoa itu mendatangi kelenteng tertua di Provinsi Lampung itu sejak pagi hari untuk sembahyang dan berdoa bagi keselamatan dan kesejahteraan mereka.

Warga yang merayakan imlek itu secara bergelombang mendatangi wihara dengan penuh suka cita.

Beberapa di antara mereka usai melaksanakan ibadah sembahyang memohon doa kebaikan dan kedamaian, kemudian membeli beberapa ekor burung untuk selanjutnya diterbangkan ke alam bebas.

Dari Ternate diinformasikan, umat Konghucu di Ternate, Maluku Utara (Malut) mengikuti ibadah di Klenteng Ibu Suri Agung, Sabtu dalam rangkaian perayaan tahun baru Imlek 2568.

"Hari ini, umat Konghucu di Ternate selain melakukan persembahyangan juga dirangkaikan dengan hajatan silaturahmi untuk pererat persaudaraan," kata Sekretaris Majelis Konghucu Indonesia (Makin) Ternate, Boy Ang di Ternate, Sabtu.

Umat Konghucu di Ternate pada Jumat Malam juga menggelar dua kali ibadah. Pertama untuk syukur tutup tahun 2567 pada pukul 23.00 WIT, dan kedua untuk memasuki tahun 2568.

Memeriahkan pergantian tahun dari 2567 ke 2568 pada Jumat malam, diadakan pesta kembang api yang dipusatkan di Klenteng Ibu Suri Agung. Pesta kembang api itu menarik perhatian ratusan warga Ternate.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan Imlek di Ternate tahun ini tidak dimeriahkan atraksi barongsai. "Penampilan barongsai memang setiap perayaan Imlek selalu ditampilkan di depan Klenteng Ibu Suri Agung, tetapi ada kendala teknis sehingga untuk tahun ini belum dimeriahkan dengan barongsai," ujar Boy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…