Pertama Kalinya, Bekraf Perkenalkan Industri Musik Indonesia di MIDEM Cannes Prancis

Oleh : Anisa Triyuli | Jumat, 01 Juni 2018 - 07:00 WIB

Bekraf Perkenalkan Industri Musik Indonesia di MIDEM 2018 (Foto : Anisa Triyuli)
Bekraf Perkenalkan Industri Musik Indonesia di MIDEM 2018 (Foto : Anisa Triyuli)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia untuk pertama kalinya, lewat dukungan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), akan mengirim sejumlah delegasi pelaku industri musik ke pameran musik Internasional du Disque et de I’Edition Musicale (MIDEM) di Cannes, Prancis, yang akan berlangsung pada 5-8 Juni 2018.

Direktur Pemasaran Luar Negeri Bekraf Boni Pudjianto mengatakan, ini adalah pertama kalinya bagi bekraf untuk mendukung Industri musik Indonesia ikut serta dalam Midem 2018.

"Midem 2018 akan menjadi platform menarik, karena musik adalah salah satu subsektor yang diprioritaskan oleh Bekraf guna membangun ekosistem perekonomian kreatif di Indonesia," kata Boni dalam acara jumpa pers di Djakarta Theatere, Menteng, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

MIDEM, merupakan pameran musik internasional dengan format business to business (B2B). Pameran ini nantinya akan mempertemukan para pihak label, penerbit musik, distributor, musisi, produser, film-makers, perusahaan teknologi dan start-up, hingga game developers dan animators dari seluruh dunia.

Kehadiran Indonesia untuk MIDEM 2018 merupakan hasil kerja sama Bekraf dan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI). Nantinya selama empat hari pameran, Bekraf akan melakukan beberpa kegiatan seperti pembangunan paviliun Indonesia, Indonesia Panel, dan Speedmeeting.

“Paviliun Indonesia akan mendisplay dan mempromosikan pelaku kreatif subsektor musik Indonesia yang sudah pernah mengikuti pameran-pameran internasional seperti Kuassa, Anymo Guitar, dan Seruni Audio,” katanya.

Selain itu, Indonesia panel akan diisi oleh narasumber dari berbagai bidang industri musik Indonesia. Wakil Kepala Bekraf Ricky Persik juga akan berkesempatan untuk menjadi salah satu speaker yang akan menjadi pembicara dan mengenalkan perkembangan musik di Indonesia.

Lalu pada sesi speed business meeting, akan diikuti oleh sembilan pelaku kreatif bidang musik. Ada ASIRI, label musik Trinity dan Musica, Asosiasi Penerbit Musik Indonesia (Apmindo), promotor Berlian Entertainment, perusahaan lisensi musik Selmi, Seruni Audio dan Kuassa.

Sementara itu, Ketua ASIRI Gumilang Ramadhan mengatakan, musik Indonesia harus bisa dikenal di luar Indonesia dan bisa berkolaborasi dengan negara mana pun.

"Musik Indonesia harus bisa terekspos. Semoga dengan MIDEM 2018 kita bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini, karena kita punya musik yang bagus-bagus yang tidak kalah dengan musik di luar negeri," kata Gumilang di kesempatan yang sama.

Melalui keikutsertaan Indonesia di pameran musik internasional, Ia berharap mereka yang berada di industri musik internasional bisa melihat, industri musik di Indonesia yang menurutnya potensial untuk berbisnis musik.

"Enggak muluk-muluk harapannya, Semoga bisa memperkenalkan musik Indonesia di level internasional seperti apa sekarang. Supaya orang tahu di Indonesia peta musiknya seperti  apa,” ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.