Pertama Kalinya, Bekraf Perkenalkan Industri Musik Indonesia di MIDEM Cannes Prancis

Oleh : Anisa Triyuli | Jumat, 01 Juni 2018 - 07:00 WIB

Bekraf Perkenalkan Industri Musik Indonesia di MIDEM 2018 (Foto : Anisa Triyuli)
Bekraf Perkenalkan Industri Musik Indonesia di MIDEM 2018 (Foto : Anisa Triyuli)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia untuk pertama kalinya, lewat dukungan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), akan mengirim sejumlah delegasi pelaku industri musik ke pameran musik Internasional du Disque et de I’Edition Musicale (MIDEM) di Cannes, Prancis, yang akan berlangsung pada 5-8 Juni 2018.

Direktur Pemasaran Luar Negeri Bekraf Boni Pudjianto mengatakan, ini adalah pertama kalinya bagi bekraf untuk mendukung Industri musik Indonesia ikut serta dalam Midem 2018.

"Midem 2018 akan menjadi platform menarik, karena musik adalah salah satu subsektor yang diprioritaskan oleh Bekraf guna membangun ekosistem perekonomian kreatif di Indonesia," kata Boni dalam acara jumpa pers di Djakarta Theatere, Menteng, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

MIDEM, merupakan pameran musik internasional dengan format business to business (B2B). Pameran ini nantinya akan mempertemukan para pihak label, penerbit musik, distributor, musisi, produser, film-makers, perusahaan teknologi dan start-up, hingga game developers dan animators dari seluruh dunia.

Kehadiran Indonesia untuk MIDEM 2018 merupakan hasil kerja sama Bekraf dan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI). Nantinya selama empat hari pameran, Bekraf akan melakukan beberpa kegiatan seperti pembangunan paviliun Indonesia, Indonesia Panel, dan Speedmeeting.

“Paviliun Indonesia akan mendisplay dan mempromosikan pelaku kreatif subsektor musik Indonesia yang sudah pernah mengikuti pameran-pameran internasional seperti Kuassa, Anymo Guitar, dan Seruni Audio,” katanya.

Selain itu, Indonesia panel akan diisi oleh narasumber dari berbagai bidang industri musik Indonesia. Wakil Kepala Bekraf Ricky Persik juga akan berkesempatan untuk menjadi salah satu speaker yang akan menjadi pembicara dan mengenalkan perkembangan musik di Indonesia.

Lalu pada sesi speed business meeting, akan diikuti oleh sembilan pelaku kreatif bidang musik. Ada ASIRI, label musik Trinity dan Musica, Asosiasi Penerbit Musik Indonesia (Apmindo), promotor Berlian Entertainment, perusahaan lisensi musik Selmi, Seruni Audio dan Kuassa.

Sementara itu, Ketua ASIRI Gumilang Ramadhan mengatakan, musik Indonesia harus bisa dikenal di luar Indonesia dan bisa berkolaborasi dengan negara mana pun.

"Musik Indonesia harus bisa terekspos. Semoga dengan MIDEM 2018 kita bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini, karena kita punya musik yang bagus-bagus yang tidak kalah dengan musik di luar negeri," kata Gumilang di kesempatan yang sama.

Melalui keikutsertaan Indonesia di pameran musik internasional, Ia berharap mereka yang berada di industri musik internasional bisa melihat, industri musik di Indonesia yang menurutnya potensial untuk berbisnis musik.

"Enggak muluk-muluk harapannya, Semoga bisa memperkenalkan musik Indonesia di level internasional seperti apa sekarang. Supaya orang tahu di Indonesia peta musiknya seperti  apa,” ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementan dan teknologi iradiator

Sabtu, 22 September 2018 - 17:46 WIB

Kementan Manfaatkan Teknologi Iradiator Gamma Untuk Dorong Ekspor Buah Segar

INDUSTRY.co.id -

Tangerang Selatan - Indonesia sebagai negara tropis mempunyai varian buah cukup tinggi. Setiap daerah di tanah air memiliki produk unggulan dan sudah…

Indonesia Properti Expo 2018

Sabtu, 22 September 2018 - 17:15 WIB

Resmi Dibuka, BTN Tawarkan KPR Zero di Ajang IPEX 2018

PT Bank Tabungan Negara Tbk kembali menyelenggarakan Indonesia Property Expo (IPEX) 2018. Dalam event tersebut, BTN memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan tingkat bunga flat 6,5% selama…

Mentan Amran

Sabtu, 22 September 2018 - 14:46 WIB

Mentan Optimistis Indonesia Bisa Miliki Balai Pelatihan Terbaik di Dunia

INDUSTRY.co.id -

Lembang - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, pada Kamis (21/9) kemarin.…

Mentan Andi Amran Sulaiman, Menteri BUUMN Rini Soemarno, Menteri Desa PDT (Foto Humas)

Sabtu, 22 September 2018 - 14:37 WIB

Jaga Baik Produksi Pertanian, Kinerja Mentan Amran Diminta Jangan Diganggu

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah menunjukkan kerja maksimal dalam menjaga stok ketersediaan pangan. Produksi di sektor…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 22 September 2018 - 14:32 WIB

Kementan Tegaskan Komitmen Sejahterakan Petani di Rembug Utama Kelompok KTNA

INDUSTRY.co.id -

Pangkal Pinang - Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya untuk mendorong produktivitas pangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan petani.…