Mirip Roti Jala Khas India, Begini Gurihnya Ragit, Kuliner Ramadan Warga Palembang

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 31 Mei 2018 - 17:30 WIB

Ragit, Kuliner Ramadan Khas Palembang (Foto:resepgw.blogspot.com)
Ragit, Kuliner Ramadan Khas Palembang (Foto:resepgw.blogspot.com)

INDUSTRY.co.id, Palembang - Kuliner saat Ramadan, memang sudah menjadi buruan menjelang untuk berbuka puasa. Salah satunya yakni Ragit yakni kuliner khas warga Palembang yang bakal Kamu jumpai saat bulan puasa. Kuliner ini hampir mirip dengan makanan khas India, Roti Jala namanya.

Ragit terdiri dari dua jenis yaitu Ragit Gulung yang berbentuk segita, lalu ada Ragit Rajut yang berbentuk seperti dadar gulung. Ragit ini, biasanya disantap dengan kuah daging kari. Kuliner Ramadan ini juga agak mirip dengan martabak Tambi atau martabak HAR yang terkenal di Palembang.

Untuk bahannya, Ragit terdiei dari terigu, telur dan garam. Sedangkan, untuk kuahnya terdiri dari kentang, daging sapi, santan kelapa dan bumbu kari.  Lantas bagaimana cara pembuatannya? Ragit biasanya dibuat dengan didadar terlebih dahulu. Sedangkan, kuahnya dibuat belakangan seperti menggulai kari.

Saat mau dimakan, roti Ragit dadar disiram dengan kuah kari, biasanya ditaburi bawang goreng dan cabai hijau panjang dipotong-potong kecil.

Makanan ini sering disajikan saat berbuka puasa. Karena lebih gurih, biasanya makanan ini ditandem dengan makanan khas Palembang lainnya, seperti pempek yang pedas.  Jika Kamu ingin mencicipi Ragit selain di bulan Ramadan, Kamu bisa menemukannya yang dijual pedagang komunitas Arab, seperti di Kota Batu, Pasar Kuto, atau daerah Sayangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?