Lima Pabrik di Mukomuko Beli Sawit Murah

Oleh : Hariyanto | Rabu, 30 Mei 2018 - 13:43 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Mukomuko- Sebanyak lima pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini membeli tandan buah segar kelapa sawit petani setempat dengan harga lebih murah dibandingkan sebelumnya.

"Lima pabrik CPO yang membeli sawit petani setempat dengan harga murah, yakni PT SSJA, PT S3, PT USM, PT MMIL, dan PT BMK," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Selasa (29/5/2018)

Ia menjelaskan, lima pabrik CPO ini membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga murah diduga karena pengaruh penurunan harga minyak mentah dunia.

Ia menyebutkan, pabrik CPO PT SSJA membeli sawit petani setempat dengan harga sebesar Rp1.230 per kilogram, turun dibandingkan sebelumnya sebesar Rp1.250 per kg.

Kemudian harga sawit di pabrik CPO PT S3 membeli tandan buah segar kelapa sawit petani dengan harga sebesar 1.290 per kg, turun dibandingkan sebelumnya sebesar Rp1.310 per kg.

Lalu pabrik CPO PT BMK membeli sawit petani dengan harga Rp1.380 per kg, menurun dibandingkan harga sebelumnya sebesar Rp1.400 per kg, pabrik PT USM sebesar Rp1.420 per kg, PT MMIL sebesar Rp1.290 per kg.

Harga sawit di empat pabrik CPO di daerah itu sejak tiga pekan terakhir masih bertahan, yakni Pabrik CPO PT. KSM membeli TBS kelapa sawit sebesar Rp1.290 per kg.

Kemudian harga sawit di pabrik PT SAP sebesar Rp1.310 per kg, harga sawit di PT AMK sebesar Rp1.295 per kg, harga sawit di pabrik PT DDP di Kecamatan Ipuh dan di Desa Lubuk Bento masing-masing sebesar Rp1.300 per kg.

Ia menyatakan, harga sawit di pabrik CPO di daerah itu lebih rendah dibandingkan dengan harga sawit yang ditetapkan oleh tim perumus harga komoditi perkebunan sebesar Rp1.328 per kilogram.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…