Kicak, Kuliner Khas Jogja yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Oleh : Anisa Triyuli | Rabu, 30 Mei 2018 - 14:15 WIB

Kicak (Foto : Jogjakota)
Kicak (Foto : Jogjakota)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta – Saat bulan Ramadan, banyak kuliner bermunculan untuk santapan di kala berbuka dan sahur. Di Jogja ada kuliner yang hanya muncul saat bulan ramadan. Kampung Kauman jogja merupakan kampung yang disulap menjadi pasar sore, yang tak pernah sepi pengunjung.

Ada beberapa jajanan khas yang ditawarkan di Kampung Kauman ini yang tidak boleh dilewatkan untuk berbuka puasa.

Salah satu kuliner yang paling khas dari pasar Kauman yaitu kicak. Panganan yang hanya muncul di saat Ramadhan ini selalu menjadi buruan pembeli.

Dikutip brilio, jajanan bernama Kicak pertama kali muncul di tahun 1970 saat pasar Ramadan Kauman dibuka. Kuliner yang satu ini terbuat dari jadah atau ketan gurih yang sudah ditumbuk halus, parutan kelapa, gula, pandan, nangka dan vanili. Dari semua bahan ini kemudian dicampur untuk dikukus.

Untuk rasanya, makanan khas Jogja yang langka ini sangat lembut dan cendrung manis, ditambah adanya parutan kelapa yang gurih, aroma nangka dan pandan khas membuat Kicak menjadi jajanan yang istimewa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Pegadaian (Persero)

Rabu, 21 November 2018 - 14:35 WIB

Perkembangan Kinerja Pegadaian Selama Lima Tahun Terakhir Positif

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk, Harianto Widodo mengatakan, perkembangan kinerja Pegadaian selama 5 tahun belakangan ini selalu menunjukkan hal yang positif.

Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

Rabu, 21 November 2018 - 14:16 WIB

Tumbuh Dengan Produk Inovatif, Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

PT Pegadaian (persero) menerima penghargaan sebagai Winner of The Best Marketing untuk Chief Marketing Officer pada acara BUMN Branding & Marketing Award 2018, yang di selenggarakan oleh Majalah…

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 13:52 WIB

Sial Intefood Dongkrak Kuliner Nusantara Tembus Pasar Internasional

Pameran Sial Interfood 2018 resmi dibuka hari ini. Pameran kuliner internasional ini diharapkan memperkenalkan dan semakin mempopulerkan kuliner khas Indonesia. Pameran yang berlangsung empat…

PIK Avenue hadirkan program Disneys Ralph Breaks The Internet: Wreck-It-Ralph 2

Rabu, 21 November 2018 - 13:30 WIB

Serunya Rangkaian Christmas Experience di PIK Avenue

Memeriahkan perayaan Natal dan Tahun Baru, PIK Avenue kembali menggelar rangkaian acara dan program belanja menarik untuk para pengunjung setianya mulai dari November 2018 hingga Januari 2019.

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 13:24 WIB

Kembali Digelar, Pameran Kuliner Internasional Sial Interfood 2018 Targetkan Transaksi Rp 2 Triliun

Kabar gembira bagi Anda pecinta kuliner atau bahkan yang ingin memulai bisnis kuliner, sebabnya kini kembali hadir pameran Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November…