Kicak, Kuliner Khas Jogja yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Oleh : Anisa Triyuli | Rabu, 30 Mei 2018 - 14:15 WIB

Kicak (Foto : Jogjakota)
Kicak (Foto : Jogjakota)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta – Saat bulan Ramadan, banyak kuliner bermunculan untuk santapan di kala berbuka dan sahur. Di Jogja ada kuliner yang hanya muncul saat bulan ramadan. Kampung Kauman jogja merupakan kampung yang disulap menjadi pasar sore, yang tak pernah sepi pengunjung.

Ada beberapa jajanan khas yang ditawarkan di Kampung Kauman ini yang tidak boleh dilewatkan untuk berbuka puasa.

Salah satu kuliner yang paling khas dari pasar Kauman yaitu kicak. Panganan yang hanya muncul di saat Ramadhan ini selalu menjadi buruan pembeli.

Dikutip brilio, jajanan bernama Kicak pertama kali muncul di tahun 1970 saat pasar Ramadan Kauman dibuka. Kuliner yang satu ini terbuat dari jadah atau ketan gurih yang sudah ditumbuk halus, parutan kelapa, gula, pandan, nangka dan vanili. Dari semua bahan ini kemudian dicampur untuk dikukus.

Untuk rasanya, makanan khas Jogja yang langka ini sangat lembut dan cendrung manis, ditambah adanya parutan kelapa yang gurih, aroma nangka dan pandan khas membuat Kicak menjadi jajanan yang istimewa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…