Puncak Perayaan Waisak Diharapkan Dongkrak Popularitas Borobudur

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 29 Mei 2018 - 21:30 WIB

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto Dije)
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Puncak perayaan Hari Trisuci Waisak 2562 BE yang dipusatkan di kompleks Candi Borobudur diharapkan mampu mendongkrak popularitas candi Budha terbesar di dunia itu.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (29/5/2018) mengatakan pihaknya menyambut gembira kegiatan umat Budha Indonesia dan seluruh dunia yang sedang merayakan puncak Hari Trisuci Waisak 2562 BE.

"Pada momentum ini diselenggarakan Famtrip Waisak 2018 bagi pemuka agama Budha atau monk dan jurnalis dari Thailand dan Vietnam," katanya.

Pihaknya menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata pengenalan (famtrip) obyek wisata di kawasan Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah dan Yogyakarta tersebut, mengajak sebanyak 16 orang, terdiri 7 orang monk dari Thailand, 2 orang monk dari Vietnam serta 3 jurnalis stasiun TV Budha Thailand, 2 jurnalis stasiun TV Vietnam, 1 jurnalis media cetak Vietnam, serta didampingi 1 staf KBRI Hanoi, Vietnam.

Famtrip berlangsung 6 hari, dimulai pada 27 Mei hingga 1 Juni 2018.

Selain itu pada kesempatan ini juga, rombongan asal Laos berjumlah 19 orang yang terdiri dari 5 Bhante (Monk) dan 14 komunitas umat Budhha juga turut hadir dalam perayaan Waisak.

"Sebagian dari mereka merupakan peserta Fam Trip Trail of Civilization Vesak Day 2561 BE pada tahun sebelumnya. Mereka menyatakan sangat terkesan dengan perayaan Hari Raya Waisak tahun lalu di Candi Borobudur, sehingga mereka memutuskan untuk kembali mengikuti prosesi Waisak di Indonesia di tahun ini," katanya.

Ia mengatakan, wisata candi akan menjadi pengalaman luar biasa bagi wisatawan.

Sebagai Mahakarya Budaya Dunia yang menjadi ikon destinasi prioritas di Jawa Tengah, Borobudur diyakini bisa menjadi inspirasi pembawa pesan perdamaian dan keharmonisan umat ke seluruh dunia.

"Komposisinya lengkap karena wisatawan juga bisa mendapatkan nilai historis yang lengkap. Inilah wajah cantik dari Indonesia, belum lagi Keraton beserta Taman Sari Yogyakarta terus eksis sebagai pusat peradaban Jawa. Sebagai warisan budaya dunia dengan logo UNESCO, nilai Borobudur sangat luar biasa, “kata Menpar.

Sementara menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, I Gde Pitana, kegiatan famtrip yang diselenggarakan saat perayaan Hari Waisak 2562 BE merupakan upaya untuk mempromosikan Candi Borobudur dan sekitarnya kepada para monk dan pengikutnya.

"Termasuk juga komunitas umat Buddha, dan para jurnalis dari Thailand dan Vietnam guna meningkatkan kunjungan umat Budha sebagai wisman (wisatawan mancanegara) agar datang ke Indonesia,”katanya.

Rombongan Famtrip tiba di Yogyakarta pada Minggu (27/5) dan langsung menuju Magelang.

Rangkaian Famtrip dalam rangka perayaan Hari Trisuci Waisak 2562 BE dimulai pada Senin (28/5) di Candi Borobudur untuk melakukan persembahyangan/berdoa  Sunrise Prayer  di Rupadhatu Candi Borobudur dan melaksanakan ritual "Pradakshina" (mengelilingi Rupadhatu).

Rombongan diajak ke Desa Wisata Candirejo dengan aktivitas berkeliling menggunakan andong, melihat pembuatan kerupuk (industri rumahan), bermain musik tradisonal gamelan, dan melihat keunikan pertemuan dua sungai yaitu sungai Elo dan sungai Progo.

Selanjutnya, peserta Famtrip diajak ke Candi Mendut untuk melaksanakan doa-doa.

Aktivitas di Candi Mendut terbagi dalam tiga tahapan. Pertama, pengambilan air berkat dari mata air (umbul) Jumprit di Kabupaten Temanggung dan penyalaan obor menggunakan sumber api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan.

Kedua, ritual Pindapatta, yaitu pemberian dana makanan kepada para bhiksu oleh masyarakat (umat) untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan kebajikan.

Ketiga, ritual Samadhi pada detik-detik puncak bulan purnama yang penentuannya berdasarkan perhitungan falak sehingga puncak purnama bisa terjadi pada siang hari.

Famtrip selama 6 hari mengenalkan sejumlah obyek wisata di antaranya, Candi Borobudur, Prambanan, Sewu, dan Ratu Boko, Desa Wisata Candirejo, Omah Kecebong Tourism Village, Keraton Yogyakarta, Taman Sari Yogyakarta, serta Malioboro.

Promosi terhadap destinasi pariwisata dilaksanakan untuk meningkatkan citra sepuluh destinasi pariwisata prioritas (DPP) yang akan dikembangkan sebagai Bali Baru, salah satunya Borobudur.

Borobudur juga telah diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk fokus dalam rangka pengembangan dan promosi, berdampingan dengan Danau Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Sebagai tindak lanjutnya, Kemenpar telah membentuk Badan Otorita Borobudur yang diharapkan akan berkembang menjadi destinasi kelas dunia.

Candi Borobudur yang telah diakui sebagai mahakarya budaya dunia oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tersebut, ditargetkan mampu mendatangkan 2 juta wisman ke Indonesia pada 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

THR Emas Pegadaian

Kamis, 18 April 2024 - 16:51 WIB

Pegadaian Catat Transaksi Tabungan Emas Naik Sebesar 8,33% Pada Maret 2024

PT Pegadaian mencatat penjualan Tabungan Emas pada momen lebaran tahun 2024 mengalami peningkatan signifikan. Pada Maret 2024 atau menjelang lebaran, transaksi Tabungan Emas naik sebesar 8,33%…

BRI insurance siap melesat

Kamis, 18 April 2024 - 16:22 WIB

BRI Insurance Siap Melesat Dahsyat di HUT ke 35

PT. BRI Asuransi Indonesia yang dikenal BRI Insurance merayakan hari ulang tahunnya yang ke 35 dengan mengusung tema "Melesat Dasyat".

KoinWorks Group Melaporkan Profitabilitas Untuk Dua Lisensi Bisnis

Kamis, 18 April 2024 - 15:09 WIB

Top! KoinWorks Group Melaporkan Profitabilitas Untuk Dua Lisensi Bisnis

Jakarta- KoinWorks Group mengumumkan status profitabilitas untuk dua lisensi legalnya, yaitu BPR KoinWorks Sejahtera Annua (KoinWorks Bank) dan Lunaria Annua Teknologi (LAT).

KOLTIVA

Kamis, 18 April 2024 - 14:31 WIB

KOLTIVA Luncurkan Teknologi EUDR Untuk Bisnis Berkelanjutan Siap Hadapi Peraturan Global Bebas-Deforestasi Uni Eropa

KOLTIVA, perusahaan teknologi global rintisan terkemuka dengan lebih dari 11 tahun pengalaman di bidang pertanian berkelanjutan dan ketertelusuran rantai pasok di 61 negara, meluncurkan Solusi…

Pupuk Indonesia

Kamis, 18 April 2024 - 13:42 WIB

Pupuk Indonesia Gunakan Snowflake Data Cloud untuk Transformasi Produksi Pertanian Nasional

Pupuk Indonesia memilih Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur data yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani…