Momentum Waisak Perkuat Perdamaian Antar Umat

Oleh : Herry Barus | Selasa, 29 Mei 2018 - 14:43 WIB

Masyarakat Merayakan Tri Suci Waisak (Foto:Istimewa)
Masyarakat Merayakan Tri Suci Waisak (Foto:Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno mengharapkan masyarakat menjadikan momentum Hari Raya Waisak untuk memperkuat perdamaian antarumat.

"Semoga hari raya ini memberi inspirasi bagi kita semua untuk mengupayakan kedamaian, ketenteraman, dan kesejahteraan di negeri yang kaya raya dan memiliki banyak kebhinnekaan ini," ujarnya di sela kunjungannya di Malang, Selasa (29/5/2018)

Pada siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, cucu Presiden Pertama Bung Karno tersebut menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Waisak kepada seluruh umat Buddha.

"Selamat Hari Raya Waisak. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Semoga semua mahkluk berbahagia," ucap putri sulung Guntur Soekarnoputra tersebut.

Bagi umat Buddha, kata dia, Hari Raya Waisak mengandung tiga peristiwa suci, yakni kelahiran Pangeran Sidharta Gautama, tercapainya penerangan atau pencerahan sempurna oleh pertapa Gautama menjadi Sang Buddha, serta hari wafatnya Buddha Gautama.

Menurut dia, Sang Buddha telah mewariskan banyak ajaran luhur dan praktik-praktik kebajikan yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah, termasuk di Nusantara ini.

"Agama Buddha telah menjadi bagian penting dari kehidupan nenek-moyang di masa lalu. Banyak karya sastra yang dihasilkan oleh para pujangga, salah satunya yang termahsyur adalah Kakawin Sutasoma," kata mantan anggota DPR RI tersebut.

Ia juga mengisahkan bahwa Kakawin Sutasoma digubah oleh Mpu Tantular pada abad ke-14, di masa Kerajaan Majapahit, pada era Raja Hayamwuruk dan sang pujangga menceritakan kehidupan harmoni antara pemeluk agama Hindhu-Siwa dan agama Buddha pada masa itu.

"Kutipan terkenal dari Kakawin Sutasoma adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang oleh para pendiri bangsa, dijadikan motto bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Sementara itu, pasangan Gus Ipul dalam Pilkada Jatim 2018 tersebut mengatakan bahwa Jatim sebagai provinsi sangat penting karena menjadi sumber utama mengalirnya penyebaran agama-agama besar di masa lalu, seperti Hindhu, Buddha dan Islam.

Kitab-kitab utama, lanjut dia, peninggalan purbakala termasuk candi, arsitektur dan situs-situs lain banyak ditemui di Jatim sehingga menjadikan provinsi ini kaya dengan banyaknya warisan kebudayaan dari masa lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:38 WIB

Bank Mandiri Kucurkan Rp440 Miliar Kembangkan Layanan Pelabuhan

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyepakati pinjaman korporasi sebesar Rp440 miliar untuk belanja modal PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) guna mengembangkan fasilitas dan layanan non-tunai di…