Momentum Waisak Perkuat Perdamaian Antar Umat

Oleh : Herry Barus | Selasa, 29 Mei 2018 - 14:43 WIB

Masyarakat Merayakan Tri Suci Waisak (Foto:Istimewa)
Masyarakat Merayakan Tri Suci Waisak (Foto:Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno mengharapkan masyarakat menjadikan momentum Hari Raya Waisak untuk memperkuat perdamaian antarumat.

"Semoga hari raya ini memberi inspirasi bagi kita semua untuk mengupayakan kedamaian, ketenteraman, dan kesejahteraan di negeri yang kaya raya dan memiliki banyak kebhinnekaan ini," ujarnya di sela kunjungannya di Malang, Selasa (29/5/2018)

Pada siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, cucu Presiden Pertama Bung Karno tersebut menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Waisak kepada seluruh umat Buddha.

"Selamat Hari Raya Waisak. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Semoga semua mahkluk berbahagia," ucap putri sulung Guntur Soekarnoputra tersebut.

Bagi umat Buddha, kata dia, Hari Raya Waisak mengandung tiga peristiwa suci, yakni kelahiran Pangeran Sidharta Gautama, tercapainya penerangan atau pencerahan sempurna oleh pertapa Gautama menjadi Sang Buddha, serta hari wafatnya Buddha Gautama.

Menurut dia, Sang Buddha telah mewariskan banyak ajaran luhur dan praktik-praktik kebajikan yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah, termasuk di Nusantara ini.

"Agama Buddha telah menjadi bagian penting dari kehidupan nenek-moyang di masa lalu. Banyak karya sastra yang dihasilkan oleh para pujangga, salah satunya yang termahsyur adalah Kakawin Sutasoma," kata mantan anggota DPR RI tersebut.

Ia juga mengisahkan bahwa Kakawin Sutasoma digubah oleh Mpu Tantular pada abad ke-14, di masa Kerajaan Majapahit, pada era Raja Hayamwuruk dan sang pujangga menceritakan kehidupan harmoni antara pemeluk agama Hindhu-Siwa dan agama Buddha pada masa itu.

"Kutipan terkenal dari Kakawin Sutasoma adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang oleh para pendiri bangsa, dijadikan motto bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Sementara itu, pasangan Gus Ipul dalam Pilkada Jatim 2018 tersebut mengatakan bahwa Jatim sebagai provinsi sangat penting karena menjadi sumber utama mengalirnya penyebaran agama-agama besar di masa lalu, seperti Hindhu, Buddha dan Islam.

Kitab-kitab utama, lanjut dia, peninggalan purbakala termasuk candi, arsitektur dan situs-situs lain banyak ditemui di Jatim sehingga menjadikan provinsi ini kaya dengan banyaknya warisan kebudayaan dari masa lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…