Tri Suci Waisak ke 2562 di Ambon Berlangsung Aman

Oleh : Herry Barus | Selasa, 29 Mei 2018 - 14:39 WIB

Masyarakat Merayakan Tri Suci Waisak (Foto:Istimewa)
Masyarakat Merayakan Tri Suci Waisak (Foto:Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Ambon- Pelaksanaan kebaktian Tri Suci Waisak ke 2562 tahun 2018 yang berlangsung di gedung Vihara Swarna Giri Tirta, Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, berlangsung aman dan mendapat pengawalan ketat pihak Kepolisian dari Polres Pulau Ambon.

Kebaktian tri suci Waisak dengan thema Transformasikan Kesadaran Delusi Menjadi Kesadaran Murni dan sub thema Marilah Kita Bersama-sama Berjuang Mengalahkan Sang Ego berlangsung dalam situasi hujan lebat yang turun sejak malam hari di Kota Ambon tidak mengurangi semangat kaum budha untuk datang mengikuti kebaktian.

Ketua Walubi Maluku Welhelmus Jaurissa seusai mengikuti kebaktian mengatakan, sebagai umat kita menyadari bahwa situasi alampun yang terjadi saat ini merupakan pemberian yang maha kuasa.

"Entah itu hujan yang saat ini lagi turun sangat lebat di Kota Ambon atau entah itu panas, angin atau kondisi apapun yang terjadi sekarang ini kita tetap bersyukur," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, kita hari ini diberikan hujan lebat yang turun sejak malam hingga pagi hari ini, tetapi kita tetap bersykur karena dibalik itu ada hikmat dari yang maha kuasa.

"Apalagi hari ini kita dapat melaksanakan kebaktian dengan aman tentram tidak ada gangguan apapun sebab dikawal oleh pihak Kepolisian dan karena itu kami juga menyampaikan terimah kasih kepada pihak Kepolisian terutama Kapolda Maluku, Kapolres Pulau Ambon dan seluruh jajarannya yang telah memberikan pengamanan yang begitu baik dan rasa aman bagi kami melaksanakan kebaktian," katanya.

Karena itu, lanjutnya, tidak ada kata lain yaitu syukur dan terima kasih, sesuai dengan thema waisak tahun 2018 yakni transformasikan kesadaran delusi menjadi kesadaran murni, itu artinya alam memberi waktu dan kesempatan untuk kita menikmati kebaktian.

Sedangkan makna dari Su Thema yakni mentransformasi hal-hal atau informasi atau mempelajari apapun perlu pembelajaran dan waktu yang cukup panjang.

Karena itu dengan semangat thema waisak tahun ini kita juga memberikan himbauan kepada seluruh elemen agar tetap menjaga keharmonisan dan kedamaian yang adalah inti dari hidup, tanpa keharmonisan dan kedamaian akan sia-sia dalam kehidupan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan.