Bandara Adisutjipto Tambah Penerbangan Sambut Lebaran

Oleh : Dina Astria | Selasa, 29 Mei 2018 - 13:30 WIB

Angkasa Pura I
Angkasa Pura I

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta menambah frekuensi penerbangan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

"Kami siapkan 'extra flight' (tambahan penerbangan) untuk mengantisipasi lonjakan penumpang," kata General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama di sela acara pertemuan media di Yogyakarta, Senin.

Ia mengatakan mengingat pada 11 hingga 24 Juni 2018 tidak ada penerbangan pesawat latih TNI AU Adisutjipto karena mengikuti jadwal libur nasional, maka pada periode itu PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) Bandara Adisutjipto membuka 80 slot penerbangan tambahan yang dapat diisi oleh maskapai.

Menurut Agus, terdapat tujuh maskapai yang telah siap menambah penerbangan mulai 1 hingga 30 Juni 2018 yaitu Citilink, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Ekspress Air, Air Asia dengan tujuan Jakarta, Makassar, Banjarmasin, Lampung, Pangkalpinang, Pontianak, dan Pekanbaru.

Dari 44 penerbangan tambahan yang diajukan oleh maskapai, menurut dia, baru 33 penerbangan tambahan yang telah mendapatkan persetujuan untuk melengkapi fasilitas layanan penerbangan pada saat Lebaran.

Selain itu untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, PT AP I Bandara Adisutjipto juga menambah area ruang tunggu di Terminal A yang siap digunakan sebelum puncak arus Lebaran 2018.

Penambahan luas ruang area tunggu baru di bandara itu, menurut dia, mencapai 220 meter persegi dengan kapasitas 250 tempat duduk tambahan serta dilengkapi dengan satu "boarding gate" tambahan serta toilet dan musholla. Sedangkan untuk ruang tunggu eksisting di Terminal A dilakukan perluasan musholla dengan tambahan luas 140 meter persegi, menjadi 690 meter persegi.

"Saya sudah ultimatum teman-teman pokoknya tanggal 10 (Juni) harus sudah operasional," kata dia.

Agus memprediksikan lonjakan penumpang di Bandara Adisujipto pada puncak arus mudik Lebaran 2018 mencapai 28.000 penumpang per hari atau naik 11 persen dari jumlah penumpang pada lebaran tahun lalu. "Sedangkan untuk arus balik, lonjakan penumpang diprediksikan lebih tinggi yaitu mencapai 30.000 penumpang per hari," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…

 Achmad Zaki selaku CEO Bukalapak (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:58 WIB

Bukalapak Medan Rayakan Tiga Tahun Ngelapak Bersama Masyarakat

Komunitas Bukalapak Medan kemarin menggelar puncak perayaan ulang tahun yang ke-3 dengan meriah di Taman Hairos, Deli Serdang. Genap 3 tahun ngelapak bersama, pada perayaan ulang tahun kali…

Kerja sama BRI dan IDI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Garuda dan BRI Ajak Penumpang Berikan Donasi Terbangkan Relawan IDI

Maskapai Nasional Garuda Indonesia berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbangkan sedikitnya 23 tenaga medis yang berasal dari "Ikatan Dokter Indonesia" (IDI) dalam sinergi misi…

Ilustrasi Industri Baja

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:22 WIB

Pemerintah Ingin Mahasiswa Siap Hadapi Era Industri 4.0

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin menginginkan mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0 seperti yang telah…

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:12 WIB

Lebih Efesien, Kini Lazada Terapkan Cashless bagi UMKM

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada.