Bandara Adisutjipto Tambah Penerbangan Sambut Lebaran

Oleh : Dina Astria | Selasa, 29 Mei 2018 - 13:30 WIB

Angkasa Pura I
Angkasa Pura I

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta menambah frekuensi penerbangan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

"Kami siapkan 'extra flight' (tambahan penerbangan) untuk mengantisipasi lonjakan penumpang," kata General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama di sela acara pertemuan media di Yogyakarta, Senin.

Ia mengatakan mengingat pada 11 hingga 24 Juni 2018 tidak ada penerbangan pesawat latih TNI AU Adisutjipto karena mengikuti jadwal libur nasional, maka pada periode itu PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) Bandara Adisutjipto membuka 80 slot penerbangan tambahan yang dapat diisi oleh maskapai.

Menurut Agus, terdapat tujuh maskapai yang telah siap menambah penerbangan mulai 1 hingga 30 Juni 2018 yaitu Citilink, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Ekspress Air, Air Asia dengan tujuan Jakarta, Makassar, Banjarmasin, Lampung, Pangkalpinang, Pontianak, dan Pekanbaru.

Dari 44 penerbangan tambahan yang diajukan oleh maskapai, menurut dia, baru 33 penerbangan tambahan yang telah mendapatkan persetujuan untuk melengkapi fasilitas layanan penerbangan pada saat Lebaran.

Selain itu untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, PT AP I Bandara Adisutjipto juga menambah area ruang tunggu di Terminal A yang siap digunakan sebelum puncak arus Lebaran 2018.

Penambahan luas ruang area tunggu baru di bandara itu, menurut dia, mencapai 220 meter persegi dengan kapasitas 250 tempat duduk tambahan serta dilengkapi dengan satu "boarding gate" tambahan serta toilet dan musholla. Sedangkan untuk ruang tunggu eksisting di Terminal A dilakukan perluasan musholla dengan tambahan luas 140 meter persegi, menjadi 690 meter persegi.

"Saya sudah ultimatum teman-teman pokoknya tanggal 10 (Juni) harus sudah operasional," kata dia.

Agus memprediksikan lonjakan penumpang di Bandara Adisujipto pada puncak arus mudik Lebaran 2018 mencapai 28.000 penumpang per hari atau naik 11 persen dari jumlah penumpang pada lebaran tahun lalu. "Sedangkan untuk arus balik, lonjakan penumpang diprediksikan lebih tinggi yaitu mencapai 30.000 penumpang per hari," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talk Show bertajuk Mempererat Ikatan Ibu dan Anak dengan MetodeRead-Aloud yang diselenggarakan Lotte Choco Pie (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 19:30 WIB

Sambut Hari Ibu, Lotte Choco Pie Ajak Para Ibu Tingkatkan Kualitas Mendidik Sang Buah Hati

Menyambut Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2018, Lotte Choco Pie mengajak para ibu Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dalam hal mendidik sang buah hati.

PT. Indodev Niaga Internet meresmikan GreatDay HR sebagai brand baru untuk solusi HR mobile SunFish Go.

Rabu, 12 Desember 2018 - 19:05 WIB

GreatDay, Aplikasi Digital Manajemen Sumber Daya Manusia

PT. Indodev Niaga Internet meresmikan GreatDay HR sebagai brand baru untuk solusi HR mobile SunFish Go. Dengan perubahan brand ini, telah didirikan PT. People Intelligence Indonesia ("P11"),…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan pada acara Penganugerahan Industri Hijau (Foto: Kemenperin)

Rabu, 12 Desember 2018 - 18:10 WIB

143 Perusahaan Raih Penghargaan Industri Hijau dari Kemenperin

Menperin Airlangga Hartarto menyerahkan Penghargaan Industri Hijau Tahun 2018 kepada 143 perusahaan yang terdiri dari 87 perusahaan mendapat level 5 dan 56 perusahaan dengan level 4.

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 17:13 WIB

Menperin: Target Roadmap 4.0 di Sektor Mamin Adalah Indonesia Jadi Pemain Utama Industri Mamin Dunia

Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk membangun industri manufaktur yang berdaya saing global melalui percepatan implementasi Industri 4.0.

Kementerian PUPR Terima Medali Emas Simpul Jaringan Geospasial dari Badan Informasi Geospasial

Rabu, 12 Desember 2018 - 16:37 WIB

Kementerian PUPR Terima Medali Emas Simpul Jaringan Geospasial dari Badan Informasi Geospasial

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima penghargaan Bhumandala Kanaka Tahun 2018 atau Medali Emas untuk Kategori Simpul Jaringan Geospasial Terbaik Tingkat Kementerian/Lembaga…