100 Biksu Pindapata ke Pecinan Kota Magelang

Oleh : Herry Barus | Selasa, 29 Mei 2018 - 04:54 WIB

Biksu di candi Mendut Jawa Tengah (Foto Dok Industry.co.id)
Biksu di candi Mendut Jawa Tengah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Magelang- Sekitar 100 biksu sangha Perwakilan Umat Buddha Indonesia melakukan tradisi Pindapata di kawasan Pecinan Kota Magelang, Jawa Tengah, Senin pagi, dalam rangkaian perayaan Trisuci Waisak 2018 di Candi Borobudur dan Candi Mendut.
 

Prosesi itu dimulai dengan persembahyangan para biksu dipimpin Bante Kanit di Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang bersama-sama dengan umat Tridharma daerah setempat mulai pukul 07.30 WIB.

Mereka dengan masing-masing membawa wadah, kemudian berjalan kaki di sepanjang sekitar satu kilometer trotoar kanan dan kiri Jalan Pemuda di kawasan pertokoan Pecinan Kota Magelang untuk mengumpulkan derma dari umat Tridharma setempat.

Umat bersama keluarga masing-masing yang juga penghuni Pecinan Kota Magelang berdiri di tempat tinggal mereka untuk memberikan derma kepada para biksu yang melintasinya, antara lain dalam bentuk angpao, makanan, dan keperluan sehari-hari lainnya.

Sejumlah aparat kepolisian setempat mengatur dengan baik masyarakat umum yang sedang melintasi Jalan Pemuda Kota Magelang dengan berbagai kendaraan, baik roda dua maupun roda empat agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas dan prosesi Pindapata itu tetap lancar.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Walubi Provinsi Jawa Tengah David Hermanjaya mengatakan para biksu yang menjalani Pindapata di kota setempat berjumlah sekitar 100 orang dengan 40 di antara mereka datang dari Thailand. Para biksu itu dari Sangha Mahayana dan Theravada.

"Melalui Pindapata ini, umat berkesempatan memberikan derma dan bantuan kepada biksu karena kehidupan sehari-hari para biksu seperti keperluan makanan dan minuman dari derma yang diberikan umat. Kehidupan para biksu lepas dari hal-hal yang duniawi, seperti usaha dan dagang, namun dari pemberian atau derma dari umat," ujar David yang juga pengusaha di Magelang itu.

Ia mengatakan prosesi Pindapata dalam rangkaian perayaan Waisak sebagai simbol umat setempat melakukan perbuatan kebaikan melalui pemberian derma.

Hari Trisuci Waisak 2018 akan jatuh pada Selasa (29/5) dengan puncaknya pada pukul 21.19.13 WIB ditandai meditasi selama beberapa saat oleh umat Buddha dan para biksu sangha di pelataran Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Mereka juga akan melakukan kirab dengan berjalan kaki sejauh sekitar tiga kilometer dari Candi Mendut menuju pelataran Candi Borobudur dengan membawa berbagai sarana pujabakti.

Hari Trisuci Waisak dirayakan umat Buddha Indonesia dengan dipusatkan di Candi Borobudur untuk mengenang tiga peristiwa penting dalam ajaran Buddha, yakni kelahiran Sidharta Gautama, Buddha Gautama memperoleh penerangan sempurna, dan mangkat Sang Buddha. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…

 Achmad Zaki selaku CEO Bukalapak (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:58 WIB

Bukalapak Medan Rayakan Tiga Tahun Ngelapak Bersama Masyarakat

Komunitas Bukalapak Medan kemarin menggelar puncak perayaan ulang tahun yang ke-3 dengan meriah di Taman Hairos, Deli Serdang. Genap 3 tahun ngelapak bersama, pada perayaan ulang tahun kali…

Kerja sama BRI dan IDI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Garuda dan BRI Ajak Penumpang Berikan Donasi Terbangkan Relawan IDI

Maskapai Nasional Garuda Indonesia berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbangkan sedikitnya 23 tenaga medis yang berasal dari "Ikatan Dokter Indonesia" (IDI) dalam sinergi misi…

Ilustrasi Industri Baja

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:22 WIB

Pemerintah Ingin Mahasiswa Siap Hadapi Era Industri 4.0

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin menginginkan mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0 seperti yang telah…

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:12 WIB

Lebih Efesien, Kini Lazada Terapkan Cashless bagi UMKM

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada.