Kawasan Afrika, Pasar Ekspor Komponen Otomotif GIAMM

Oleh : Herry Barus | Jumat, 27 Januari 2017 - 20:23 WIB

IKM Komponen Otomotif (Ist)
IKM Komponen Otomotif (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Gabungan Industri Alat Mobil dan Motor (GIAMM) siap memperluas pasar untuk merealisasikan target peningkatan ekspor tahun ini sebesar 5%.

"Ada dua perluasan yang dilakukan oleh eksportir, yaitu menambah destinasi atau negara tujuan ekspor dan menambah jenis produk yang di masukkan ke pasar global. Untuk varian produk, pelaku industri akan meningkatkan ekspor baterai," kata Ketua Umum GIAMM, Hamdani Dzulkarnaen Salim kepada Imq di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Hamdani optimistis, sejalan dengan perbaikan ekonomi global dan stabilitas nilai tukar rupiah, target tersebut akan mudah terealisasi.

"Kami yakin akan lebih baik kondisinya, setidaknya peningkatan dikisaran 5% untuk tahun ini. Destinasi baru yang menjadi sasaran ekspor di antaranya negara-negara di kawasan Afrika," papar dia.

Hamdani menambahkan, produk yang paling banyak diminati oleh pasar global diantaranya adalah fast moving parts seperti baterai, filter, dan barang sejenis lainnya.

"Tren peningkatan ekspor kendaraan bermotor baik secara terurai atau completely knocked down (CKD) maupun kendaraan utuh atau completely built up (CBU) juga turut menopang peningkatan ekspor komponen," ujar Hamdani.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seolhyun dan Jimin, Personel Girlband AOA. (Source: Kpopchart)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:50 WIB

Seolhyun dan Jimin Beri Kode Comeback Girlband AOA

Baru-baru ini Jimin dan Seolhyun AOA memberi sebuah petunjuk akan rencana dan persiapan comeback girlband mereka, AOA. Saat mempromosikan lagu solonya yang berjudul 'Hey', Jimin mengadakan live…

Wamen ESDM Arcandra Tahar

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:30 WIB

Arcandra Tahar Harapkan BLU Ubah Human Resources Jadi Human Capital

Arcandra mengungkapkan paradigma manajemen sumber daya manusia saat ini telah berubah dari human resouces menjadi human capital, manusia itu tidak lagi menjadi pekerja pasif, tetapi secara aktif…

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih bersama Ketua Kadin Provinsi DKI Jakarta, Eddy Kuntadi, serta Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum (Foto: Biro Humas)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Kemenperin Targetkan 18 Pondok Pesantren Akan Jadi Percontohan Program Santripreneur pada 2018

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan 18 pondok pesantren yang akan menjadi percontohan dalam pelaksanaan program Santripreneur pada tahun 2018. Pondok pesantren tersebut meliputi…

Kendall Jenner (Foto Ist)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Intip Koleksi Fashion dari Kendall Jenner, Ada yang Seharga DP Mobil!

Siapa yang tidak mengenal model cantik mancanegara, Kendall Jenner. Postur tubuh yang sempurna dan paras yang cantik, menjadikan Kendall Jenner sebagai kiblat fashion untuk kalangan millenial.

Presiden Jokowi dan Jalan tol (Foto : Biro Pers Setpres)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:04 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar segmen Pelabuhan Bakauheni - Simpang Susun Bakauheni dan segmen Lematang-Kotabaru di Bakauheni Lampung…