Kawasan Afrika, Pasar Ekspor Komponen Otomotif GIAMM

Oleh : Herry Barus | Jumat, 27 Januari 2017 - 20:23 WIB

IKM Komponen Otomotif (Ist)
IKM Komponen Otomotif (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Gabungan Industri Alat Mobil dan Motor (GIAMM) siap memperluas pasar untuk merealisasikan target peningkatan ekspor tahun ini sebesar 5%.

"Ada dua perluasan yang dilakukan oleh eksportir, yaitu menambah destinasi atau negara tujuan ekspor dan menambah jenis produk yang di masukkan ke pasar global. Untuk varian produk, pelaku industri akan meningkatkan ekspor baterai," kata Ketua Umum GIAMM, Hamdani Dzulkarnaen Salim kepada Imq di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Hamdani optimistis, sejalan dengan perbaikan ekonomi global dan stabilitas nilai tukar rupiah, target tersebut akan mudah terealisasi.

"Kami yakin akan lebih baik kondisinya, setidaknya peningkatan dikisaran 5% untuk tahun ini. Destinasi baru yang menjadi sasaran ekspor di antaranya negara-negara di kawasan Afrika," papar dia.

Hamdani menambahkan, produk yang paling banyak diminati oleh pasar global diantaranya adalah fast moving parts seperti baterai, filter, dan barang sejenis lainnya.

"Tren peningkatan ekspor kendaraan bermotor baik secara terurai atau completely knocked down (CKD) maupun kendaraan utuh atau completely built up (CBU) juga turut menopang peningkatan ekspor komponen," ujar Hamdani.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:35 WIB

Bekraf Beri Komitmen untuk Naikkan Pasar Game Lokal

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berkomitmen untuk menaikkan pangsa pasar "game" pengembang lokal hingga menjadi 10 persen. Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari dalam siaran pers di Jakarta,…

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:20 WIB

IEA Beri Catatan Positif Reformasi Subsidi Energi

Direktur Eksekutif International Energy Agency (IEA) Fatih Birol menyampaikan hasil positif atas reformasi subsidi energi yang telah dilakukan Indonesia. Fatih di Kementerian Energi dan Sumber…

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:02 WIB

Kementerian ESDM Akan Kembali Gelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto 2018

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan kembali menggelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto Tahun 2018.

Presiden Jokowi dan PM Malaysia Mahathir Mohammad (Foto Setkab)

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:00 WIB

Mahathir Bersikukuh Akan Terapkan SST

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad bersikukuh akan menerapkan Service and Sales Tax (SST) atau Pajak Pelayanan dan Penjualan untuk menggantikan Goods and Service Tax (GST) atau Pajak…

Semarak Asian Games, Bank Mandiri Gelar Turnamen Bola Voli Antar Kampung

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:00 WIB

Semarak Asian Games, Bank Mandiri Gelar Turnamen Bola Voli Antar Kampung

Bersama dengan masyarakat wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Bank Mandiri menggelar turnamen Bola Voli antar kampung untuk menyemarakkan Asian Games 2018. Diikuti oleh 44 tim dari berbagai…