Sinergi Enam Marketplace Besar Dorong UMKM Jualan Online

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 28 Mei 2018 - 14:36 WIB

Sinergi Enam Marketplace Besar dalam program Ramadhan Express Gerakan Ayo UMKM Jualan Online
Sinergi Enam Marketplace Besar dalam program Ramadhan Express Gerakan Ayo UMKM Jualan Online

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kominfo bersama Kemenkop meluncurkan program "Ramadhan Express Ayo UMKM Jualan online" untuk gerak cepat bantu pedagang mikro dan kecil yang belum bisa mendapat akses ke pasar online yang sangat besar di bulan Ramadhan ini.

Sebagai bagian dari Gerakan Ayo UMKM Jualan Online, untuk mengoptimalisasi upaya memfasilitasi UMKM mendapatkan pasar online, terutama di bulan ramadhan yang menjadi  puncak tingkat konsumsi dan transaksi pemesanan/pembelian tertinggi dalam satu tahun di masyarakat Indonesia, Kominfo bersama para Marketplace dan Kementrian Koperasi dan UKM menginisiasi kegiatan Ramadhan Express untuk menjaring UMKM yang memproduksi barang yang banyak dibqtuhkan masyarakat di bulan Ramadhan untuk berjualan online.

Kegiatan ini bertujuan untuk membuka kesempatan bisnis bagi para UMKM untuk meraih berkah Ramadhan yang melimpah.

Kegiatan Ramadhan Express memiliki target meng’online’kan UMKM yang berada di 14 sentra bisnis yang menjual. membuat "top 15 hal yang paling banyak dicarildigunakan di bulan Ramadhan" yang mengakomodir :l:18 ribu UMKM di 8 kota dalam rentang waktu 2 minggu (29 Mei 2018 12 Juni 2018). 1. Busana: Muslim Wanita‘ (gamish dll) , Pria dan Anak2, Peralatan lbadah, Peralatan Pembuatan Kue, Sepatu/Sandal, KueKering dan Kue daerah, dll.

Ramadhan Express mengambil pendekatan ‘menjemput bola’ dimana tim akan mendatangi tempat para UMKM melakukan kegiatan: usahanya. Di setiap tltik, kegiatan akan dimulai dengan acara berbagi pengalaman dan' artis atau pengusaha yang bisnis UMKM nya sukses karena berjualan online. Secara paralel, para sukarelawan akan melakukan ‘sweeping’ ke kios-kios untuk membantu para UMKM melakukan registrasi di market place dan mulai ben‘ualan online.

Pelaksanaan kegiatan Ramadhan Express bekerja sama dengan Kementerian Koperasi & UMKM dan mengikutsertakan 6 market place besar di Indonesia (Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Blanja, Shopee, dan GrabFood).

Kegiatan ini juga melibatkan para relawan TlK yang merupakan pelajar SMK dan mahasiswa di 8 kota tempat kegiatan akan dilaksanakan dan partner media untuk komunikasi dan sosialisasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…