Lima Menu Favorit Buka Puasa Warga India, Mau Coba?

Oleh : Dina Astria | Senin, 28 Mei 2018 - 17:15 WIB

Baklava, menu favorit buka puasa warga India. (Foto Ist)
Baklava, menu favorit buka puasa warga India. (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Sama halnya dengan masyarakat Indonesia, masyarakat India pun mempunyai menu favorit saat berbuka puasa. Menu-menu favorit ini mempunyai rasa yang manis, yang cocok untuk menjadi hidangan penutup, apa saja, ya?

1. Phirni

Hidangan penutup berbuka puasa ini terbuat dari susu dan tepung beras yang dibumbui kapulaga hijau, saffron dan air mawar. Kemudian diberi potongan buah kering dan kacang pistachio. Dengan bentuknya seperti bubur, Phirni ini ternyata menjadi salah satu menu yang wajib hadir di meja makan saat berbuka puasa.

 (Source: Cook7)

2. Shahi Tukda

Menu favorit ini terbuat dari potongan roti yang di goreng, lalu diberi topping susu kental dan buah-buahan kering. Shahi tukda mempunyai aroma khas tersendiri karena pemberian kapulaga.

 (Source: DNAIndia)

3. Baklava

Hidangan penutup asal Turki ini terbuat dari kulit pastry khas Turki yang diisi dengan simple syrup, madu dan kacang pistachio cincang.

 (Source: Delicious.com)

4. Khajla Pheni

Khajla pheni merupakan hidangan pencuci mulut tradisional warga India. Hidangan ini terbuat dari tepung dan digoreng dalam ghee. Ghee dalam bahasa India mempunyai arti lemak, lemak yang dimaksud ini terbuat dari susu yang dipanaskan kemudian uapnya diambil dan dipanaskan. Cara memakannya pun unik, harus meremukannya dan mencampurkannya ke dalam susu cair.

 (Source: Masala.tv)

5. Sheer Khurma

Mempunyai arti susu dengan kurma, hidangan ini seperti berbentuk pudding. Terbuat dari pudding bihun yang dimasak dengan susu, kurma dan buah-buahan kering. Selain bulan Ramadan, hidangan sheer kurma juga dijadikan sebagai hidangan saat Hari Raya Idul Fitri.

 (Source: Maps of India)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan 5G

Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan…

ACE Hardware

Senin, 21 Januari 2019 - 20:25 WIB

Tawarkan Solusi Kebutuhan Produk Harian, ACE Hadirkan Program Your Everyday Solutions

Terus manjakan konsumen dengan berbagai pilihan produk inovatif dan berkualitas, ACE tawarkan promo menarik untuk berbagai produk yang memudahkan kegiatan keseharian melalui program Your Everyday…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Senin, 21 Januari 2019 - 20:10 WIB

Menperin Pastikan Produksi Massal AMMDes Akan Dimulai pada 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus memacu peningkatan produktivitas dan daya saing alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) agar mampu kompetitif di pasar domestik hingga ekspor.…

Kemenperin serahkan AMMDes Pengolahan Air Jernih ke Sulteng (Foto: Kemenperin)

Senin, 21 Januari 2019 - 19:45 WIB

Kemenperin Salurkan Lima Unit AMMDes Pengolah Air Jernih ke Sulteng

Kementerian Perindustrian akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang berfungsi sebagai pengolah air jernih untuk tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi…

Ilustrasi buku bacaan

Senin, 21 Januari 2019 - 18:08 WIB

Dua Belas Penulis Indonesia Hadir di London Fair 2019

Jakarta - British Council dan Komite Nasional menyeleksi penulis yang akan ditampilkan di London Book Fair 2019 dalam sejumlah acara yang bertujuan memperkenalkan kekayaan literasi Indonesia.