Panglima Harapkan TNI-Al Berperan Dalam Pembangunan Nasional

Oleh : Herry Barus | Senin, 28 Mei 2018 - 12:44 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto PuspenTNI)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto PuspenTNI)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengharapkan peran yang lebih menonjol dari TNI Angkatan Laut dalam mewarnai pembangunan nasional, khususnya pembangunan TNI dalam bidang pertahanan keamanan.

"TNI AL selain memiliki tugas membina kekuatan yang diwujudkan dalam sistem kesenjataan SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu), juga sekaligus merupakan operator atau pelaksana operasi-operasi TNI," kata Panglima TNI dalam amanatnya saat Sertijab Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) dari Laksamana TNI Ade Supandi kepada Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (28/5/2018)

Peran universal Angkatan Laut sebagai kekuatan militer, kekuatan diplomasi, dan kekuatan polisionil atau konstabulari merupakan formasi tugas lengkap yang harus diperankan oleh TNI AL secara maksimal.

Oleh karena itu, lanjut dia, diperlukan kepemimpinan yang kuat "strong leadership", yang didukung oleh staf dan prajurit TNI AL yang loyal, militan, dan profesional serta dilandasi jiwa kesatria, untuk dapat menjalankan tugas-tugas TNI AL saat ini dan di masa mendatang.

Dalam kesempatan itu, Hadi mengucapkan terimakasih yang tulus kepada Laksamana TNI Ade Supandi yang telah memimpin TNI AL dengan berbagai kesuksesan dan keberhasilan, serta memberikan pondasi yang kuat bagi generasi selanjutnya.

Pengabdian dan kerja keras Laksamana Ade Supandi dan Ibu Endah Ade Supandi merupakan teladan bagi kita semua, yang memberikan inspirasi serta kesan mendalam pada seluruh prajurit TNI AL, katanya.

Ia juga mengucapkan selamat dan sukses kepada Laksamana TNI Siwi Sukma Adji atas kepercayaan yang diberikan oleh Negara untuk menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Laut yang baru.

"Dipundak Laksamana-lah, tugas, tanggung jawab dan wewenang sebagai Kepala Staf Angkatan laut diberikan. Bila itu dianggap sebagai beban maka akan terasa berat, namun bila itu dianggap sebagai kewajiban maka itu adalah tantangan. Saya yakin dan percaya akan kualitas diri pribadi, kemampuan dan profesionalitas, serta kepemimpinan Laksamana, akan dapat membawa organisasi TNI AL ke arah yang lebih baik," tutur Panglima TNI.

Ia juga berharap agar KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mampu melaksanakan proram-program TNI AL yang sudah di canangkan oleh Panglima TNI yaitu 11 prioritas yang beberapa sudah terealisasi agar menjadi TNI yang profesional dan modern.

Sementara itu, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menambahkan apa yang disampaikan oleh Panglima TNI tentang program kegiatan yang fokus TNI AL ke depan akan diteruskan.

"Saya akan wujudkan sesuai dengan apa yang dilaksanakan oleh Laksamana Ade Supandi. Hal ini penting sekali saya sampaikan karena kita tahu tuntutan dan dinamika ke depan yang begitu cepat perubahannya, sehingga kita harus mengimbangi dan menciptakan stabilitas, politik, serta keamanan di negeri ini," kata Siwi.

Hadir dalam acara itu, KSAD Jenderal TNI Mulyono KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, mantan Panglima TNI Laksamana (Purn) Agus Suhartono, mantan KSAL Laksamana TNI Marsetio dan para sesepuh TNI lainnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…