Kemenhub Kucurkan Dana Sebesar Rp 29 Miliar Bangun Terminal Penumpang Bandara Trunojoyo

Oleh : Hariyanto | Senin, 28 Mei 2018 - 10:10 WIB

Bandar Udara Trunojoyo (Ist)
Bandar Udara Trunojoyo (Ist)

INDUSTRY.co.id - SumenepPemerintah terus menggenjot pembangunan berbagai fasilitas transportasi, diantaranya adalah pembangunan Bandara Trunojoyo. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengucurkan dana Rp 29 milyar untuk pembangunan terminal penumpang di Bandara Trunojoyo.

"Anggaran pembangunan terminal penumpang itu sekarang masuk dalam tahap lelang. Nilai anggarannya Rp 29 milyar untuk tahun 2018," kata  kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, Minggu (27/05/2018).

Indra menjelaskan, anggaran pembangunan terminal baru untuk penumpang di Bandara Trunojoyo sempat diblokir dalam APBN, sehingga pihaknya pun mengajukan pembukaan blokir tersebut agar anggaran bisa dimanfaatkan.

"Pekan lalu blokirnya sudah dibuka. Jadi kalau lelang berjalan lancar, Juni pembangunannya sudah mulai dikerjakan. Diperkirakan memakan waktu 6 bulan untuk menyelesaikan pengerjaan di tahap pertama," ungkap Indra.

Terminal penumpang yang ada di Bandara Trunojoyo saat ini masih menggunakan salah satu bangunan yang sebelumnya merupakan bagian dari kantor bandara.

Karena itulah, Kemenhub memprogramkan pembangunan terminal baru tahun ini. Sesuai 'master plan', posisi terminal penumpang yang akan dibangun itu berada di sisi utara 'apron' (pelataran parkir pesawat).

"Pembangunan terminal itu dibagi dua tahap. Tahun ini berupa strukturnya, dan tahun depan penyediaan fasilitasnya," terang Indra.

Terminal penumpang dua lantai yang akan dibangun tersebut mempunyai luas 3500 meter persegi. Lantai bawah direncanakan untuk kedatangan penumpang, dan lantai 2 untuk keberangkatan penumpang. "Sedangkan untuk lahannya disiapkan oleh pemerintah daerah. Dari Kemenhub sebatas pembangunannya," ucapnya. (bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…