Tingkatkan Rasio Elektrifikasi Nasional, Pemerintah Genjot Program Lisrik Desa

Oleh : Hariyanto | Senin, 28 Mei 2018 - 08:48 WIB

Pengangkutan tiang-tiang listrik
Pengangkutan tiang-tiang listrik

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah terus menggenjot Program Listrik Desa (LISSA) sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan rasio elektrifikasi nasional. 

Hal ini sebagai upaya mewujudkan energi yang berkeadilan di seluruh wilayah Indonesia, terutama untuk menerangi desa-desa di nusantara yang selama ini belum berlistrik. Target Pemerintah, rasio elektrifikasi nasional akan lebih dari 99% pada 2019. 

Program LISSA masih terus dilakukan, termasuk di wilayah pedalaman Kalimantan. Saat inj, 100% desa atau sebanyak 1.502 desa di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, sudah berlistrik.

Hadirnya listrik menjadi semangat baru bagi masyarakat Desa Beringin Agung, Kecamatan Samboja, Kalimantan Timur. Pasalnya, sekarang listrik sudah bisa menyala 24 jam di desa tersebut.

"Sebelum ada listrik PLN, warga di sini menggunakan genset, hanya sanggup menyala empat jam saja, karena biaya untuk genset mahal," ungkap Yuliani, salah seorang warga di Desa Beringin Agung.

Menurutnya, sebelumnya listrik di desanya hanya bisa dinikmati oleh warga yang memiliki genset saja. Itu pun tidak bisa lama, karena biaya genset yang cukup mahal. Mereka membayar biaya Rp.100 ribu - Rp.250 ribu per bulan untuk listrik yang hanya menyala paling lama empat jam dalam sehari.

Tantangan untuk melistriki pelosok negeri tidaklah sederhana. Salah satunya pengangkutan tiang-tiang listrik dengan berat 233 kg hingga 581 kg di lokasi yang minim transportasi, sehingga harus digotong dan diangkut menggunakan tenaga manusia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:44 WIB

BMKG: Gelombang Laut Laut Sawu NTT Diprediksi Capai 3,5 Meter

Badan Meteorologi, Klimatologi dan dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi yang terjadi pada beberapa wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini, akibat siklon tropis…

Kondisi Jalan Pasca Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:37 WIB

11.156 Orang Pengungsi Banjir Jayapura Papua

Jumlah pengungsi yang terdampak banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Kamis (21/3/2019) mencapai 11.156 orang.

Mbak Tutut (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:29 WIB

Mbak Tutut : Perbedaan Memperkaya Indonesia Kita

Siti Hardijanti Rukmana, putri sulung Presiden Soeharto yang akrab disapa Mbak Tutut mengatakan, perbedaan dan keanekaragam di berbagai aspek di nusantara tercinta, justru akan memperkaya Indonesia.

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…