BTN Ditargetkan Bangun 10 Ribu Unit Homestay Hingga 2019

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 28 Mei 2018 - 06:57 WIB

Homestay di Tanjung Lesung (Ist)
Homestay di Tanjung Lesung (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Untuk mendorong pertumbuhan wisatawan, Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) mengenjot pembangunan 10 ribu homestay, melalui program Renovasi Arsitektur Nusantara dengan Kredit Kemitraan BUMN.

“Kemenpar menargetkan pengembangan dan pembangunan 10 ribu unit kamar homestay desa wisata ini terealisasi di 2019,” kata Ketua Tim Percepatan Pembangunan Homestay Kementerian Pariwisata, Anneke Prasyanti di akhir pekan.

Program Renovasi Melalui Kemitraan BUMN tersebut dinilai sangat strategis. Karena menjadi salah satu solusi dalam permasalahan pembiayaan renovasi, maupun pembangunan homestay.

Menurut Anneke, biaya untuk merenovasi rumah yang akan dijadikan homestay, tidak sedikit. Dan hal tersebut selalu menjadi kendala bagi masyarakat.

Namun, masalah tersebut terselesaikan dengan digandengnya BTN. Nantinya, masyarakat yang ingin mendapatkan kredit dari program Kemitraan BUMN, dapat mengajukannya ke kantor cabang BTN terdekat.

"Pembiayaan renovasi homestay dilakukan dengan penyaluran kredit bunga rendah. Lebih tepatnya melalui program Kemitraan BUMN (non-bankable). Program ini sudah kita jalankan bersama BTN. Salah satunya di Desa Wisata Kemiren, Banyuwangi. BTN telah menyalurkan kredit Program Kemitraan BUMN sebesar Rp 399.000.000 kepada 12 pemilik homestay untuk melakukan renovasi," terang Anneke.

Anneke menambahkan, keberhasilan pengajuan kredit kemitraan BUMN di Desa Kemiren, diikuti oleh desa-desa wisata lainnya. Seperti Desa Dieng Kulon Banjarnegara dengan 26 unit homestay, Desa Tabanan, Bali, sebanyak 10 unit homestay, dan Desa Samiran, Boyolali, sebanyak 5 unit homestay.

Performa positif juga dibukukan Tim Percepatan Pembangunan Homestay Kemenpar. Tercatat 1.504 kamar homestay di seluruh Indonesia telah tersedia. Terdiri dari 1.315 kamar hasil program konversi, 178 kamar hasil dari program renovasi, serta 11 kamar hasil program bangunan baru.

"Tugas kami tidak hanya membangun. Namun juga merenovasi, mengembangkan. Untuk tahun 2017 kami telah mendampingi pembenahan dan pembangunan 1.504 kamar homestay. Tahun ini kita ingin agar Kredit Kemitraan juga bisa dinikmati oleh pelaku homestay di seluruh desa wisata khususnya di 10 destinasi pariwisata prioritas," ucapnya.

Tim Percepatan Pembangunan Homestay sendiri optimis target ketersediaan 10 ribu kamar di desa wisata pada 2019 bisa terealisasi. Pembagiannya, pada 2017 target ketersediaan kamar adalah 2.000 unit. Kemudian 2018 sebanyak 3.000 kamar, dan 2019 dengan 5.000 kamar.

Direktur Utama BTN, Maryono mengatakan pihaknya mendukung penuh renovasi dan pengembangan homestay Kemenpar. Menurutnya, program itu sangat strategis. Sehingga masuk juga sebagai program nasional BTN.

Untuk itu pihaknya akan segera melakukan sosialisasi kepada seluruh cabang BTN di Indonesia. Tujuannya agar Program Renovasi Arsitektur Nusantara dengan kredit Kemitraan BUMN bisa di-cover. Sehingga, renovasi dan pembangunan homestay dapat berjalan lebih optimal.

"Saya kira akan kami sosialisasikan kembali keseluruh cabang BTN, sehingga program ini akan berjalan lebih optimal karena ini merupakan salah satu program nasional BTN. Sehingga hambatan yang ada dilapangan dapat terselesaikan. Perbaikan sistem program tentunya juga akan kami lakukan" ujar Maryono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…