Kopi Produk Petani Pasirwangi Garut Diminati Mancanegara

Oleh : Herry Barus | Minggu, 27 Mei 2018 - 16:30 WIB

Kopi Indonesia (Foto Ist)
Kopi Indonesia (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Garut- Kopi yang diproduksi petani merek D'Arffi di Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, banyak diminati penikmat kopi dari mancangara, selain mampu memenuhi kebutuhan pasar nasional.

"Kopi bubuk siap seduh yang kami jual sudah banyak yang ke luar (mancanegara)," kata Aries Sontani petani kopi asal Kecamatan Pasirwangi, Garut, Minggu (27/5/2018)

Ia menuturkan, kopi yang diproduksinya diberi merek D'Arffi itu sementara baru memenuhi pesanan secara individu dari penikmat kopi asal Amerika, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Pengiriman kopi ke luar negeri itu, kata dia, berlangsung selama satu tahun atau sudah terkirim sebanyak 50 kilogram dengan cara dipaket menggunakan jasa pengiriman.

"Sementara yang pesan ini baru individu, untuk konsumsi sendiri, bukan perusahaan atau kafe," katanya.

Ia berharap, ke depannya pengiriman kopi dari petani Garut ke luar negeri itu dapat dilakukan secara besar-besaran melalui lembaga eksportir di Indonesia.

Selama ini, kata dia, berdasarkan peraturan yang ada hanya dapat ekspor bahan mentah kopi, termasuk kopi dari Garut pengirimannya digabung dengan kopi dari berbagai daerah di Aceh.

"Sekarang ini kopi dari Garut digabung di Medan, di Aceh baru ke luar negeri, untuk kopi dari Jawa Barat ini katanya untuk penambah rasa nikmat kopi," katanya.

Ia menyampaikan, kopi produksi petani di Pasirwangi, Garut, salah satu daerah yang memenuhi kebutuhan pasar nasional yang setiap bulannya mengirim sebanyak 100 kilogram kopi.

Kopi jenis arabika tersebut, kata dia, banyak dijual di kafe-kafe, restoran atau kedai kopi di berbagai daerah di Indonesia.

"Hampir semua daerah dikirim kopi produk kami, kebanyakan untuk di kafe-kafe," katanya.

Sementara itu, Aries telah menekuni usaha kopi sejak tahun 2000, kemudian mulai melakukan pembenihan dan penanggulangan produktivitas kopi sejak 2005.

Selama ini Aries telah mampu mengelola lahan kopi seluas 500 hektare di Kecamatan Pasirwangi dengan jumlah orang yang saat ini terlibat dalam pengelolaan kopi sebanyak dua ribuan orang.

"Saya juga akan terus berupaya agar masyarakat di daerah saya dapat konsisten menanam kopi, karena saat ini bisnis kopi sangat menguntungkan bagi petani," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…