BRI Syariah Salurkan Zakat Rp 1 Miliar ke BAZNAS

Oleh : Nina Karlita | Minggu, 27 Mei 2018 - 09:20 WIB

Ketua BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA, (fOTO Dok Industry.co.id)
Ketua BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA, (fOTO Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bank Rakat Indonesia Syariah (BRIS) menunaikan zakat perusahaan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Dana Rukun Islam ketiga sebesar Rp 1 miliar tersebut diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama BRIS, M Hadi Santoso kepada Ketua BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA didampingi Deputi BAZNAS, M. Arifin Purwakananta, di Jakarta, Jumat (25/5/2018).

“Langkah BRI Syariah ini sangat kami apresiasi. Dan kami berharap dapat menginspirasi perusahaan lain untuk menunaikan zakatnya melalui BAZNAS. Insya Allah dengan membayar zakat perusahaan, maka akan mendatangkan keberkahan bagi perusahaan dan pegawainya,” kata mantan Menteri Keuangan ini.

Turut hadir, sejumlah direksi, kepala cabang dan manajemen BRI Syariah seluruh Indonesia, Kepala Bagian Pelayanan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS, Mohan, dan amil senior Edwin.

Bambang memuji langkah BRIS yang selalu menunaikan zakat perusahaan setiap tahun melalui BAZNAS. Apa yang dilakukan BRIS diharapkan dapat memutar roda ekonomi nasional di kalangan mustahik hingga menyukseskan program pengentasan kemiskinan.

Menurut Bambang, bila mencontoh negeri jiran Malaysia, maka minat perusahaan yang tinggi dalam berzakat dipengarui kebijakan bahwa zakat adalah pengurang utang pajak.

Mantan Menteri Pendidikan Nasional ini menjelaskan, untuk bisa seperti Malaysia, maka lembaga zakat resmi harus berjihad agar betul-betul mendapat kepercayaan dan dukungan publik.

Hadi Santoso menyebutkan, perusahaan yang dipimpinnya memercayakan penyaluran zakat melalui BAZNAS karena menilai pengelolaannya sangat profesional.

“Kami lihat penyaluran zakat melalui BAZNAS ini sudah sesuai sasaran. Badan ini ialah amil resmi yang dibentuk negara dan mengelola secara profesional, sehingga zakat dapat tepat sasaran. Ini yang membuat kami sangat mendukung, dalam bentuk berzakat di BAZNAS. Tak hanya zakat perusahaan, zakat penghasilan karyawan kami juga kami salurkan ke BAZNAS,” kata Hadi.

Dia menambahkan, BRIS juga sering menggandeng BAZNAS dalam berbagai kegiatan sosial. Baik di bidang pendidikan, kesehatan maupun upaya peningkatan ekonomi masyarakat dhuafa. 

Sebagai contoh, BAZNAS dan BRIS telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama optimalisasi pengumpulan zakat, infak dan sedekah (ZIS), salah satunya pelayanan pembayaran zakat dalam jaringan laku pandai. Ini adalah pelayanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif.

MoU ditandatangani Ketua BAZNAS, Prof Dr Bambang Sudibyo, MBA, CA dan Direktur Utama BRI Syariah, Hadi Santoso sebelum acara Seminar “Prospek Laku Pandai Perbankan Dalam Pengembangan Zakat Indonesia” di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Bambang mengatakan, kerja sama ini makin mendekatkan BAZNAS dengan masyarakat karena jaringan laku pandai yang tersebar hingga pelosok, menjadikannya mudah dijangkau.

“Kami terus berinovasi dan menggandeng mitra strategis untuk melayani masyarakat menunaikan zakat. Kini melalui jaringan laku pandai, masyarakat makin punya banyak pilihan, tinggal dipilih mana yang paling memudahkan,” katanya.

Laku pandai merupakan program yang diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memungkinkan masyarakat membuka rekening tabungan, menabung dan menarik dana melalui perantara agen bank.

Selain menyepakati pelayanan baru pembayaran ZIS di laku pandai, dalam MoU tersebut, BAZNAS dan BRIS juga bekerja sama pembayaran zakat di Jaringan Payment Point Online Banking (PPOB) dan toko retail BRI Syariah.

Kedua pihak juga akan bekerja sama dalam layanan dan penjualan Tabungan Kurban serta co-branding Kartu Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) yang dikeluarkan BAZNAS dengan beberapa produk dari BRI Syariah. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…