Iftar Budaya Upaya Pererat Tali Persaudaraan Antargolongan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 26 Mei 2018 - 13:09 WIB

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Iftar Budaya yang diselenggarakan di Masjid Istiqlal Jakarta pada 24-28 Mei 2018 merupakan upaya mempererat tali persaudaraan antargolongan di Indonesia.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid, di Jakarta, Kamis (24/5/2018)  mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memperlihatkan wajah Islam Indonesia yang damai dan toleran kepada dunia.

"Berita-berita yang selama ini ada itu hanya secuil saja, sementara arus besar Islam Indonesia yang sebenarnya ya seperti ini. Dalam kegiatan ini tidak hanya masyarakat Muslim yang datang tetapi juga warga dari berbagai latar agama," kata Hilmar saat ditemui di Masjid Istiqlal.

Dia mengatakan bukan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk melaksanakan Iftar Budaya untuk mempererat tali persaudaraan antargolongan yang belakangan ini mengalami guncangan.

Masjid Istiqlal dipilih tempat penyelenggaraan acara karena masjid ini karena masjid terbesar dan merupakan budaya Indonesia.

Menurut dia mempererat tali persaudaraan dapat dimulai dari masjid, karena di Indonesia mayoritas penduduknya adalah Muslim.

"Jangka panjangnya kerukunan Indonesia akan terjaga dan menjadikan Indonesia ramah bagi semua golongan," kata dia.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan tersebut seperti pentas seni, diskusi mengenai peradaban islam, diskusi tentang masjid bersejarah, dan ruang kreativitas untuk anak.

Dia berharap kegiatan ini bisa menjadi tempat untuk bertukar pikiran, ekspresi seni dan agama.

Acara ini merupakan kerja sama antara jajaran Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Badan Pengelola dan Pengurus Masjid Istiqlal, Museum Bayt al-Quran, serta komunitas. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…

 Achmad Zaki selaku CEO Bukalapak (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:58 WIB

Bukalapak Medan Rayakan Tiga Tahun Ngelapak Bersama Masyarakat

Komunitas Bukalapak Medan kemarin menggelar puncak perayaan ulang tahun yang ke-3 dengan meriah di Taman Hairos, Deli Serdang. Genap 3 tahun ngelapak bersama, pada perayaan ulang tahun kali…

Kerja sama BRI dan IDI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Garuda dan BRI Ajak Penumpang Berikan Donasi Terbangkan Relawan IDI

Maskapai Nasional Garuda Indonesia berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbangkan sedikitnya 23 tenaga medis yang berasal dari "Ikatan Dokter Indonesia" (IDI) dalam sinergi misi…

Ilustrasi Industri Baja

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:22 WIB

Pemerintah Ingin Mahasiswa Siap Hadapi Era Industri 4.0

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin menginginkan mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0 seperti yang telah…

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:12 WIB

Lebih Efesien, Kini Lazada Terapkan Cashless bagi UMKM

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada.