Iftar Budaya Upaya Pererat Tali Persaudaraan Antargolongan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 26 Mei 2018 - 13:09 WIB

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Iftar Budaya yang diselenggarakan di Masjid Istiqlal Jakarta pada 24-28 Mei 2018 merupakan upaya mempererat tali persaudaraan antargolongan di Indonesia.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid, di Jakarta, Kamis (24/5/2018)  mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memperlihatkan wajah Islam Indonesia yang damai dan toleran kepada dunia.

"Berita-berita yang selama ini ada itu hanya secuil saja, sementara arus besar Islam Indonesia yang sebenarnya ya seperti ini. Dalam kegiatan ini tidak hanya masyarakat Muslim yang datang tetapi juga warga dari berbagai latar agama," kata Hilmar saat ditemui di Masjid Istiqlal.

Dia mengatakan bukan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk melaksanakan Iftar Budaya untuk mempererat tali persaudaraan antargolongan yang belakangan ini mengalami guncangan.

Masjid Istiqlal dipilih tempat penyelenggaraan acara karena masjid ini karena masjid terbesar dan merupakan budaya Indonesia.

Menurut dia mempererat tali persaudaraan dapat dimulai dari masjid, karena di Indonesia mayoritas penduduknya adalah Muslim.

"Jangka panjangnya kerukunan Indonesia akan terjaga dan menjadikan Indonesia ramah bagi semua golongan," kata dia.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan tersebut seperti pentas seni, diskusi mengenai peradaban islam, diskusi tentang masjid bersejarah, dan ruang kreativitas untuk anak.

Dia berharap kegiatan ini bisa menjadi tempat untuk bertukar pikiran, ekspresi seni dan agama.

Acara ini merupakan kerja sama antara jajaran Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Badan Pengelola dan Pengurus Masjid Istiqlal, Museum Bayt al-Quran, serta komunitas. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…