Iftar Budaya Upaya Pererat Tali Persaudaraan Antargolongan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 26 Mei 2018 - 13:09 WIB

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Iftar Budaya yang diselenggarakan di Masjid Istiqlal Jakarta pada 24-28 Mei 2018 merupakan upaya mempererat tali persaudaraan antargolongan di Indonesia.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid, di Jakarta, Kamis (24/5/2018)  mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memperlihatkan wajah Islam Indonesia yang damai dan toleran kepada dunia.

"Berita-berita yang selama ini ada itu hanya secuil saja, sementara arus besar Islam Indonesia yang sebenarnya ya seperti ini. Dalam kegiatan ini tidak hanya masyarakat Muslim yang datang tetapi juga warga dari berbagai latar agama," kata Hilmar saat ditemui di Masjid Istiqlal.

Dia mengatakan bukan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk melaksanakan Iftar Budaya untuk mempererat tali persaudaraan antargolongan yang belakangan ini mengalami guncangan.

Masjid Istiqlal dipilih tempat penyelenggaraan acara karena masjid ini karena masjid terbesar dan merupakan budaya Indonesia.

Menurut dia mempererat tali persaudaraan dapat dimulai dari masjid, karena di Indonesia mayoritas penduduknya adalah Muslim.

"Jangka panjangnya kerukunan Indonesia akan terjaga dan menjadikan Indonesia ramah bagi semua golongan," kata dia.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan tersebut seperti pentas seni, diskusi mengenai peradaban islam, diskusi tentang masjid bersejarah, dan ruang kreativitas untuk anak.

Dia berharap kegiatan ini bisa menjadi tempat untuk bertukar pikiran, ekspresi seni dan agama.

Acara ini merupakan kerja sama antara jajaran Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Badan Pengelola dan Pengurus Masjid Istiqlal, Museum Bayt al-Quran, serta komunitas. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.

Perkebunan pohon karet

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:31 WIB

Kementan Dorong Sarolangun Kembangkan Pertanian Berbasis Kawasan

Surolangun, Jambi--Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan daya saing daerah melalui peningkatan produktivitas komoditas unggulan daerah. Peningkatan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:23 WIB

BNI Syariah Siapkan Mobile Banking Untuk Pelunasan BPIH

Jakarta - BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui mobile banking. Ini setelah Kementerian Agama (Kemenag) mulai 2019 membuka opsi pelunasan haji…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:00 WIB

BUMN Gelar Pangan Murah hingga Sambung Listrik Gratis di Bekasi

Sejumlah BUMN kembali bersinergi menggelar berbagai rangkaian acara menyambut Hari Ulang Tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke- 21 di Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (26/03/2019).

TPA Regional Banjarbakula

Rabu, 27 Maret 2019 - 06:58 WIB

TPA Regional Banjarbakula Mampu Tampung 790 Ton/Hari Sampah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pengelolaan sampah di daerah dengan membangun Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah skala regional.