Tol Serang-Pandeglang Dukung KEK Tanjung Lesung dan Masyarakat

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 26 Mei 2018 - 12:54 WIB

Hj. Irna Narulita Bupati Pandeglang di Tanjung Lesung- Foto- Industry.co.id
Hj. Irna Narulita Bupati Pandeglang di Tanjung Lesung- Foto- Industry.co.id

INDUSTRY.co.id - Pandeglang- Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Irna Narulita menilai pembangunan jalan Tol Serang-Pandeglang akan mendorong tumbuhnya ekonomi masyarakat di daerahnya.

"Kami yakin jika pembangunan jalan tol sudah terealisasi, ekonomi masyarakat Pandeglang akan tumbuh," katanya di Pandeglang, Jumat (25/5/2018)

Karena itu, ia berharap pembangunan infrastruktur jalan untuk mendukung pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, itu bisa segera direalisasikan.

Bupati Pandeglang sudah melakukan pertemuan dengan piihak PT Wijaya Karya (Persero), sebagai pelaksana pembangunan jalan tol dan pengelola tol tersebut.

Pembangunan jalan tol dilaksanakan dalam tiga seksi, yakni pertama ruas Serang-Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak, sepanjang 26,5 km, seksi II Rangkas Bitung-Bojong, Kabupaten Pandeglang, sepanjang 33 km, dan seksi III Bojong-Panimbang sepanjang 24,41 km.

Jalan tol itu akan dibangun untuk mendukung pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Panimbang, dan diharapkan memberikan dampak positif pada perkembangan ekonomi Pandeglang.

Jalan tol itu, memiliki panjang sekitar 83 kilometer yang 23 kilometer di antaranya berada di wilayah Pandeglang dengan melewati delapan kecamatan.

Pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang membutuhkan investasi sekitar Rp5,3 triliun di luar pengadaan lahan.

Plt Direktur Wika Serang-Panimbang (WSP) Mulyana mengatakan selain sebagai perusahaan yang membangun konstruksi jalan tol tersebut, pihaknya juga akan menjadi operator atau pengelola jalan tol yang menghubungkan Banten Utara dan Banten Selatan dengan kontrak selama 40 tahun.

"Pembangunan kontruksi ditargetkan selesai 2019. Awal-awal mungkin belum begitu ramai, tapi tahun-tahun berikutnya harapan kami kendaraan yang melintas di Tol Serang-Panimbang bisa mencapai 12 sampai 14 ribu per hari. Itu yang sampai Rangkasbitung, ke selatannya mungkin akan menurun, karena aktivitas masyarakat belum begitu ramai," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…