Semangat Jakarta Fair Bangun Ekonomi Nasional

Oleh : Dina Astria | Sabtu, 26 Mei 2018 - 13:25 WIB

Pekan Raya Jakarta 2018. (Foto: Colours.id)
Pekan Raya Jakarta 2018. (Foto: Colours.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perhelatan akbar Jakarta Fair Kemayoran 2018 resmi bergulir pada Rabu (23/5) lalu. Adapun Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikannya secara langsung dalam acara Opening Ceremony yang dihelat di area panggung utama, Jakarta Fair Kemayoran. Pembukaan ini pun juga ditandai dengan pesta kembang api spektakuler yang menghiasi langit Kemayoran.

Dalam kesempatan ini, Anies Baswedan pun menyampaikan sejumlah  pandangannya terkait Jakarta Fair Kemayoran yang dianggapnya memiliki semangat yang sama dengan tema HUT DKI. Adapun kesamaan tersebut diakuinya terletak pada semangat dalam mewujudkan Kota Jakarta sebagai kota yang adil, kota yang maju dan warganya yang merasakan bahagia.

Tak hanya itu, dirinya pun mengatakan bahwa tema besar yang diusung Jakarta Fair untuk mensukseskan industri Meetings, Incentives, Conference, Exhibitions (MICE) dalam membangun ekonomi nasional. Melalui Jakarta Fair, diharapkan ajang ini dapat menjadi pemantik industri MICE yang dapat memberikan efek ke seluruh Indonesia.

“Sekarang dengan adanya fasilitas di Kemayoran ini, dengan Jakarta Fair, Insya Allah tempat ini benar-benar menjadi salah satu titik utama pembangunan eksibisi di Indonesia yang Insya Allah efeknya akan punya efek untuk seluruh Indonesia,” jelasnya.

Tak hanya mengapresiasi, Anies Baswedan pun turut menyoroti perkembangan usaha-usaha mikro dan kecil yang turut berpartisipasi dalam pameran terbesar se-Asia Tenggara ini. Dirinya berharap dengan keikutsertaan para pelaku usaha mikro dan kecil tersebut di Jakarta Fair, mereka pun dapat ikut berkembang bersama para pengusaha yang telah lebih dulu besar.

Menurutnya, Jakarta Fair Kemayoran memiliki efek multiplier yang sangat besar, yang dapat membantu para pelaku usaha mikro dan kecil untuk berkembang, bahkan setalah event ini selesai digelar. Kesempatan ini dapat dijadikan bagi mereka untuk dapat menunjukkan karya-karyanya ke seluruh masyarakat. Mengingat, para pengunjung Jakarta Fair pun tidak hanya dihadiri oleh warga Ibukota saja.

“Bukan saja selama Jakarta Fair, tapi sesudah ini akan muncul transaksi-transaksi baru, utamanya kepada mereka yang hari ini ukurannya mikro dan kecil. Kita ingin sekali agar kesetaraan turut berkembang pada semua skala. Yang besar makin besar. Yang kecil ikut makin besar. Dengan begitu, Jakarta terasa milik semuanya,” tutur Anies.

Dalam akhir paparannya, Anies pun menegaskan bahwa penyelenggaraan Jakarta Fair menunjukan Ibukota Jakarta, bukan saja penting untuk wilayah Indonesia melainkan juga untuk Asia Tenggara.

“Jakarta Fair di Kemayoran kondisinya aman dan stabil. Datanglah ke tempat ini, dan kita tunjukkan bahwa Jakarta aman dan stabil,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.