Dari 1212 Pencipta, Inilah 5 Finalis Lomba Cipta Lagu Anak 2018

Oleh : Amazon Dalimunthe | Sabtu, 26 Mei 2018 - 10:53 WIB

Produser, sutradara, penulis dan para pemain film "Kulari Ke Pantai"
Produser, sutradara, penulis dan para pemain film "Kulari Ke Pantai"

INDUSTRY.co.id - JAKARTA--  Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) secara resmi mengumumkan 5 finalis Lomba Cipta Lagu Anak 2018. Ke Lima finalis Lomba Cipta Lagu Anak 2018 adalah : 1. Era Patigo Judul Lagu: Menjelajahi Dunia. 2. Ghalifa Al Baladi (Teman) 3. Ikbar Haskara Damarjati (Jika Hatimu Gundah Gulana), 4. Pika Iskandar (Senyum Untuk Dunia), dan 5. Stephen Irianto Wally (This Is My Holiday).

Lomba yang dimulai sejak April lalu merupakan kerja sama Bekraf dengan Miles Films dan International Design School (IDS) telah ditutup pada 15 Mei 2018 pukul 23.59 WIB. Panitia menerima 1.865 lagu dari 1.212 peserta yang mengikuti program Lomba Cipta Lagu Anak 2018.

“Ini sangat luar biasa. Ini menandakan bahwa kebutuhan akan lagu anak juga dirasakan oleh masyarakat luas, sehingga ketika Lomba Cipta Lagu Anak ini dibuka, begitu banyak respon yang kami terima. Tidak hanya banyak secara jumlah, tapi juga banyak yang berkualitas baik. Mereka datang dari berbagai kalangan, baik awam maupun pelaku profesional,” demikian Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf.

Triawan meyakini Lomba Cipta Lagu Anak 2018 mampu menjadi momentum untuk membangkitkan popularitas lagu anak-anak dengan lagu-lagu yang berkualitas. Rencananya program ini akan dijadikan salah satu program tahunan.

Pada kesempatan yang sama, Miles Films meluncurkan official trailer dari film produksinya yaitu film Kulari Ke Pantai. Trailer tersebut banyak menampilkan potongan cerita Sam (10 tahun), Happy (12 tahun) dan Uci, ibu Sam, selama perjalanan liburan yang mereka tempuh sepanjang 1.025 km, dari Jakarta ke Banyuwangi dan di Rote, Nusa Tenggara Timur. Penonton juga diperkenalkan dengan beragam karakter yang mereka temui di perjalanan, sambil disuguhi keindahan alam Indonesia.

“Meskipun sedikit kaget dan kewalahan, jelas saya pun senang sekali dengan besarnya respon masyarakat terhadap Lomba Cipta Lagu Anak. Karena artinya masyarakat pun merasakan kekhawatiran yang sama dan bersedia untuk melakukan sesuatu untuk membangkitkan lagi lagu untuk anak,” ujar Produser Film Kulari Ke Pantai, Mira Lesmana.

Mira berharap, sama halnya dengan Lomba Cipta Lagu Anak 2018, film Kulari Ke Pantai akan disambut baik oleh masyarakat sebagai upaya untuk kembali memeriahkan dunia hiburan yang berkualitas untuk anak-anak, khususnya film dan lagu. Film Kulari Ke Pantai saat ini dalam proses penyelesaian dan akan mulai tayang di bioskop nasional pada 28 Juni 2018.

Direktur International Design School, Roy Adimulyo menambahkan dengan besarnya jumlah lagu peserta yang masuk dalam jangka waktu yang singkat sudah mampu mengukur bagaimana besarnya respon masyarakat terhadap ajang Lomba Cipta Lagu Anak 2018. Dia juga berharap moment ini bisa menjadi turning point kejayaan lagu-lagu anak Indonesia, yang tentunya selaras dengan napas dan semangat kekinian.

 

 

Lagu dari ke-5 finalis akan masuk dalam album kompilasi film Kulari Ke Pantai dan dinyanyikan oleh para pemeran anak-anak dari film tersebut. Selanjutnya, lima finalis akan masuk dalam tahap voting publik yang diadakan pada 2-17 Juni 2018 melalui website www.kularikepantai.com.  Dari hasil dari voting tersebut akan dipilih satu lagu pemenang pilihan publik yang akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp25 juta.

Selain itu, Dewan Juri akan memilih satu lagu pemenang utama yang akan meraih hadiah uang tunai sebesar Rp75 juta dan akan dibuatkan video klip. Dua lagu tersebut akan dibawakan secara live pada acara Gala Premiere Film Kulari Ke Pantai pada Juni 2018. (AMZ)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:05 WIB

2019, JNE Bidik 1 Juta Pengiriman Per Hari

PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menargetkan bisa menangani 1 juta paket kiriman per hari pada 2019 seiring dengan tren perdagangan digital di Indonesia.

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:03 WIB

Kemenhub Kembangkan Konsep Integrasi Tol Laut

Dtjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengembangkan konsep tol laut yang terintregasi dan terkoneksi "end to end" yang menghubungkan antarwilayah di Indonesia serta dapat menjangkau…

Willy Aviantara Beraksi Bersama Jane Callista Dalam World Of Bambini di Ice Palace. Minggu (9/12)

Senin, 10 Desember 2018 - 14:09 WIB

WAV Entertainment Sukses Gelar Rerun The World of Bambini

Rayakan sembilan tahun berkarya, WAV Entertainment kembali gelar konser musikal bertajuk The World of Bambini di Ice palace, Mal Lotte Shopping Avenue, Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12/2018)…

APP Sinar Mas

Senin, 10 Desember 2018 - 14:08 WIB

APP Sinar Mas Kembangkan Inovasi Wujudkan Komitmen Tercapainya SDG

Pemerintah terus mengembangkan riset dan inovasi yang bisa menggerakkan dunia usaha untuk berkolaborasi dengan masyarakat guna mencapai agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 10 Desember 2018 - 14:07 WIB

Akhir Tahun Penerapan Tanda Bagi Saham Bermasalah

Jakarta - Saham-saham yang bermasalah pada sistem perdagangan elektronik akan diterapkan I - Suite atau tanda tertentu. Akhir tahun ini akan diterapkan secara sukarela dan berkala oleh lima…