Pasar Papringan, Bakal Buka Kembali Bulan Juli Mendatang

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 25 Mei 2018 - 11:45 WIB

Pasar Papringan, Temanggung (Foto: azizatoen.wordpress.com)
Pasar Papringan, Temanggung (Foto: azizatoen.wordpress.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Desa sehat dan instagramable yang letaknya di Dusun Ngadiprono, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah yakni Pasar Papringan. Dulunya, pasar ini sebuah kebun pohon bambu yang kosong dan kotor namun, saat ini disulap menjadi sebuah destinasi wisata dan kuliner yang menghasilkan perekonomian untuk warga sekitar.

"Desa Ngadripono, dulu jadi tempat pembuangan sampah, ada kebun bambu yang ditinggalkan. Lalu, Kami menggarap kebun bambu menjadi Pasar Papringan. Tujuan kami memang untuk konservasi, lebih kemenyehatkan apa yang saat ini sedang sakit jadi, kita gausah bikin destinasi baru, tapi lebih kemenyehatkan kembali tempat tersebut," kata Fransisca Callista, Manajer Proyek Pasar Papringan, Temanggung saat dalam acara diskusi Deputi Bidang Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dengan Forum Wartawan Pariwisata dan buka puasa bersama di Bunga Rampai, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).

Menurut Fransisca Callista, Manajer Proyek Pasar Papringan, Temanggung yang bergerak di bidang lembaga sosial masyarakat dalam hal revitalisasi desa menjelaskan bahwa pembangunan Pasar Papringan ini dilatarbelakangi banyaknya masyarakat daerah setempat khususnya para pemuda yang berpindah ke kota untuk mencari pekerjaan yang lebih layak.

"Berpindahnya warga desa ke kota adalah masalah utama, Kami di sini meningkatkan dan menciptakan upaya kreatif, bagimana warga setempat bisa tinggal dan berkarya di desa," ujarnya.

Pasar Papringan ini dibuka setiap Minggu Wage dan Minggu Pon, atau dua kali selama 35 hari dan dibuka sejak pukul 06.00 hingga 12.00 siang. Jadwal buka ini pun berdasarkan filosofi penanggalan masyarakat Jawa.

 "Kalau mau datang, tetap harus bangun pagi. Di sini, makanannya sehat dan berkualitas baik, demi menjaga kualitas pedagang di sini 100 persen warga lokal, nanti Pasar Papringan akan buka kembali pada tanggal 8 Juli 2018 mendatang," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.