Daya Beli Masyarakat Meningkat, Produk TPT Bangkit di 2017

Oleh : Hariyanto | Jumat, 27 Januari 2017 - 13:59 WIB

Produksi Tekstil (Ilustrasi)
Produksi Tekstil (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Meningkatnya daya beli masyarakat terhadap produk tekstil menjadi momen kebangkitan bagi industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di pasar ekspor dan pasar domestik tahun ini.

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Ade Sudrajat mengatakan, penyerapan tenaga kerja di sektor padat karya, kenaikan daya beli masyarakat memberikan kenaikan pada konsumsi TPT dalam negeri.

"Berbagai kebijakan bea cukai dan Kementerian Perdagangan juga berperan meningkatkan konsumsi TPT nasional," kata Ade  di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Pangsa pasar dalam negeri, menurut Ade, bisa naik dari 30% menjadi 40%.

"Kalau tenaga kerja banyak terserap, berarti daya beli naik dan konsumsi naik. Tapi memang tidak terlalu tinggi, karena biasanya larinya ke kendaraan dulu," papar dia.

Sementra Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan insentif untuk mendongkrak pertumbuhan industri TPT nasional.

Beberapa kemungkinan insentif yang paling berpotensi mendongkrak nilai ekspor industri TPT, antara lain pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) bagi bahan baku industri TPT yang berorientasi ekspor, dan kebijakan harga gas yang berskala keekonomian.

"Pembebasan PPN bertujuan membuat produsen tekstil dan pakaian jadi beralih dari bahan baku impor ke bahan baku produksi dalam negeri. Sedangkan, gas dengan harga yang murah dapat mengurangi beban pengusaha dalam pengeluaran biaya energi karena tarif listrik yang cukup mahal," ujar Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman di atas alat mesin pertanian

Rabu, 21 November 2018 - 08:26 WIB

Jalankan Amanat Presiden, Kementan Genjot Investasi Pertanian

INDUSTRY.co.id -

INDUSTRY.co.id -

Jakarta

Berkaitan dengan investasi, Kementerian Pertanian telah melakukan deregulasi terhadap peraturan…

Ilustrasi Perumahan

Rabu, 21 November 2018 - 08:03 WIB

Dafam Property Indonesia Bangun Hunian di Madiun dan Magetan

PT Dafam Property Indonesia Tbk bekerja sama dengan PT Tiga Putra Rahma Perkasa (TPRP) dalam membangun hunian atau komersial di kabupaten Madiun dan Magetan beserta sarana dan prasarananya.

Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)

Rabu, 21 November 2018 - 07:59 WIB

Wisman Amerika ke Bali Capai 193,3 Ribu

PT Angkasa Pura I mencatat kedatangan wisatawan Amerika Serikat di Bali mencapai 193,3 ribu atau tumbuh signifikan sebesar 50,8 persen selama Januari-Oktober 2018 dibandingkan periode sama tahun…

PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) (ist)

Rabu, 21 November 2018 - 07:58 WIB

Cermati Tujuh Saham, IHSG Diperkirakan Melemah

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Diperkirakan IHSG diperkirakan melemah dengan support 5950-6035. Saham-saham yang masih dapat dicermati diantaranya LSIP, WSBP, WTON, CPIN,…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 07:55 WIB

Sawah Baru di Sumba Timur NTT Siap Ditanami

Lahan sawah baru seluas 60 hektare di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), siap ditanami pada musim tanam 2018/2019 ini.