Daya Beli Masyarakat Meningkat, Produk TPT Bangkit di 2017

Oleh : Hariyanto | Jumat, 27 Januari 2017 - 13:59 WIB

Produksi Tekstil (Ilustrasi)
Produksi Tekstil (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Meningkatnya daya beli masyarakat terhadap produk tekstil menjadi momen kebangkitan bagi industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di pasar ekspor dan pasar domestik tahun ini.

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Ade Sudrajat mengatakan, penyerapan tenaga kerja di sektor padat karya, kenaikan daya beli masyarakat memberikan kenaikan pada konsumsi TPT dalam negeri.

"Berbagai kebijakan bea cukai dan Kementerian Perdagangan juga berperan meningkatkan konsumsi TPT nasional," kata Ade  di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Pangsa pasar dalam negeri, menurut Ade, bisa naik dari 30% menjadi 40%.

"Kalau tenaga kerja banyak terserap, berarti daya beli naik dan konsumsi naik. Tapi memang tidak terlalu tinggi, karena biasanya larinya ke kendaraan dulu," papar dia.

Sementra Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan insentif untuk mendongkrak pertumbuhan industri TPT nasional.

Beberapa kemungkinan insentif yang paling berpotensi mendongkrak nilai ekspor industri TPT, antara lain pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) bagi bahan baku industri TPT yang berorientasi ekspor, dan kebijakan harga gas yang berskala keekonomian.

"Pembebasan PPN bertujuan membuat produsen tekstil dan pakaian jadi beralih dari bahan baku impor ke bahan baku produksi dalam negeri. Sedangkan, gas dengan harga yang murah dapat mengurangi beban pengusaha dalam pengeluaran biaya energi karena tarif listrik yang cukup mahal," ujar Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asosiasi Wartawan Korea (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:37 WIB

Wartawan Negeri K-Pop Kunjungi Pulau Bali

Presiden Asosiasi Wartawan Korea Jung Kyu Sung disertai sembilan orang wartawan Korea Selatan saat ini tengah berada di Pulau Dewata. Selama tujuh hari, 24-31 Mei, para wartawan negeri K-Pop…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto

Sabtu, 26 Mei 2018 - 21:27 WIB

Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Pemudik yang melalui tol fungsional nantinya tidak dikenakan tarif. Kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 km merupakan lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang

Sabtu, 26 Mei 2018 - 20:36 WIB

Kementerian PUPR Pastikan Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Dalam Kondisi Mantap Untuk Mudik 2018

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur- Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur

Garis Polisi (Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:53 WIB

Terlalu, Curi Jengkol Dua Pemuda Aceh Dihakimi Massa

Dua pemuda babak belur dihakimi massa, karena ketangkap tangan mencuri buah jengkol di kebun milik warga di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (25/5/2018) malam.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:47 WIB

BUMN Diminta Bersinergi Benahi Perumahan Karyawan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk bersinergi untuk membenahi rumah-rumah dinas maupun milik karyawan yang sudah tidak layak huni.