Daya Beli Masyarakat Meningkat, Produk TPT Bangkit di 2017

Oleh : Hariyanto | Jumat, 27 Januari 2017 - 13:59 WIB

Produksi Tekstil (Ilustrasi)
Produksi Tekstil (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Meningkatnya daya beli masyarakat terhadap produk tekstil menjadi momen kebangkitan bagi industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di pasar ekspor dan pasar domestik tahun ini.

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Ade Sudrajat mengatakan, penyerapan tenaga kerja di sektor padat karya, kenaikan daya beli masyarakat memberikan kenaikan pada konsumsi TPT dalam negeri.

"Berbagai kebijakan bea cukai dan Kementerian Perdagangan juga berperan meningkatkan konsumsi TPT nasional," kata Ade  di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Pangsa pasar dalam negeri, menurut Ade, bisa naik dari 30% menjadi 40%.

"Kalau tenaga kerja banyak terserap, berarti daya beli naik dan konsumsi naik. Tapi memang tidak terlalu tinggi, karena biasanya larinya ke kendaraan dulu," papar dia.

Sementra Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan insentif untuk mendongkrak pertumbuhan industri TPT nasional.

Beberapa kemungkinan insentif yang paling berpotensi mendongkrak nilai ekspor industri TPT, antara lain pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) bagi bahan baku industri TPT yang berorientasi ekspor, dan kebijakan harga gas yang berskala keekonomian.

"Pembebasan PPN bertujuan membuat produsen tekstil dan pakaian jadi beralih dari bahan baku impor ke bahan baku produksi dalam negeri. Sedangkan, gas dengan harga yang murah dapat mengurangi beban pengusaha dalam pengeluaran biaya energi karena tarif listrik yang cukup mahal," ujar Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 18:00 WIB

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura

Berdasarkan laporan masyarakat bahwa seorang Nenek atas nama Mama Friskila Wally (66 thn) masih tertahan di rumahnya sendirian di Kampung Asei Kecil Distrik Sentani Timur, Kab. Jayapura.

Menko Perekonomian Darmin Nasution buka pameran IndoBuildTech Expo 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:52 WIB

Pemerintah Dorong Pembentukan Lembaga Pelatihan Konstruksi

Pemerintah memastikan terus akan meningkatkan kapasitas SDM melalui sertifikasi profesi. Dan tahun ini sebanyak 3.000 orang mendapatkan sertifkasi sebagai ahli jasa konstruksi.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:09 WIB

Dua Gubernur Kalimantan Usulkan Dana Bagi Hasil Sawit

Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan mengusulkan pengaturan dana bagi hasil (DBH) bagi provinsi penghasil sawit. Aturan baru ini diperlukan untuk mewujudkan keadilan dan pemerataan…

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:01 WIB

Ratusan Mitra GOJEK Semarakkan Festival Olahraga Mitra Makassar

GOJEK, sebagai perusahaan penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terdepan di Indonesia, memahami bahwa mitra merupakan salah satu bagian penting dalam ekosistem GOJEK. Oleh karena itu,…

Pelepasan Ekspor Marlboro dan L&M ke pasar Duty Free Jepang

Kamis, 21 Maret 2019 - 16:40 WIB

Philip Morris Indonesia Ekspor Perdana Rokok Malboro dan L&M ke Duty Free Jepang

PT Philip Morris Indonesia (PMID) secara resmi melakukan ekspor perdana produk rokok premiumnya, Marlboro dan L&M ke pasar Duty Free Jepang.