SPIN: Prabowo Subianto Tokoh Nasional Paling Berpengaruh

Oleh : Herry Barus | Jumat, 25 Mei 2018 - 09:30 WIB

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktur Survey & Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menyatakan bahwa tokoh nasional yang paling berlengaruh pada saat ini, adalah Prabowo Subianto Djoyohadikusumo.

“Betapa tidak, peta politik pemilu 2019 sampai sekarang masih menunggu deklarasi resmi ketua umum Partai Gerindra ini untuk menjadi kandidat terkuat menghadapi incumbent Joko Widodo,” kata Igor di Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Seperti dirilis pusatsiaranpers.com menurut Igor, hanya dua tokoh inilah yang mempunyai elektabilitas diatas 20 persen dari semua lembaga survei.

Saat ini, publik juga berdebar-debar menunggu siapakah yang akan dipilih Prabowo sebagai pendamping mantan Danjen Kopassus ini, jika nanti resmi deklarasi sebagai Capres mendekati Agustus 2018.

“Banyak tokoh parpol yang ingin menjadi cawapres Prabowo, bahkan sampai memberi deadline segala. Ada juga yang memberi pernyataan bahwa Prabowo akan menang Pilpres 2019 jika hanya menggaet tokoh tertentu sebagai ketum parpol berbasis massa Islam.

“Semua tokoh penting, merasa harus dan ingin ketemu Prabowo sebagai manuver penjajakan koalisi. Itu sudah pasti,” katanya.

Padahal, skema kontestasi dan kompetisi Pilpres bisa berubah jika sosok yang dipilih oleh Prabowo Subianto adalah figur yang mampu meningkatkan elektabilitasnya karena memang memiliki kompetensi dan tingkat kesukaan publik yang tinggi.

“Dan sosok itu memang yang paling dikuatirkan oleh petahana saat ini jika berdampingan dengan Prabowo Subianto,” tambahnya.

Hal lain. masih kuatnya harapan dan isu di kalangan tokoh, elit politik dan masyarakat agar Prabowo Subianto urung maju dan menjadi King Maker saja. Bahkan usulan agar Prabowo mau menerima tawaran menjadi cawapres pun masih saja bergulir sebagai wacana publik jelang Pilpres 2019.

“Padahal sudah jelas mandat dari Partai Gerindra kepada Prabowo adalah menjadi Capres 2019. Hal ini menunjukan bahwa Prabowo lah sebenarnya tokoh kunci terpenting bagi Indonesia,” katanya.

Hampir semua keputusan Prabowo paling ditunggu semua pihak. Semua yang diucapkannya selalu menjadi headline dan menjadi trending topik, serta menjadi diskursus publik

Contohnya adalah soal Ghost Fleet beberapa waktu lalu yang ramai diperbincangkan di semua kalangan masyarakat dan media.

Prabowo adalah tokoh kuat yang punya pengaruh signifikan. Tingkat kesukaan dan pendukung loyalnya bisa mencapai 30 persen.

Partai Gerindra berpotensi meraup bonus elektoral atas kehadirannya di pentas politik nasional dan di pemilu serentak 2019.

Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu adalah bukti kuat solidnya pendukungnya yang memilih Anies Sandi menjadi pemenang.

Bahkan sebelumnya jelang aksi 212, Presiden Jokowi sampai mendatangi kediamanan Prabowo di Hambalang, lalu berkuda bersama, demi menciptakan suasana kesejukan bagi Indonesia.

“Prabowo Subianto memang tokoh yang berpengaruh saat ini. Indonesia masih menunggu keputusannya,” kata Igor.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acha Septriasa dan Jajang C Noer dalam film "Jaga Pocong"

Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:25 WIB

Film Jaga Pocong Ramaikan Tren Film Horor Indonesia

Dunia perfilman Indonesia saat ini memang tengah dilanda demam film horor. Hampir tiap minggu, terutama hari Kamis sebagai hari edar perdana film baru, selalu saja ada film bergenre horor yang…

Tim BIGETRON dinobatkan sebagai The Strongest Squad Indonesia

Selasa, 23 Oktober 2018 - 09:50 WIB

Tim BIGETRON dinobatkan sebagai The Strongest Squad Indonesia di Grand Final PUBG Mobile Indonesia National Championship 2018

Tencent Games, Developer Game ternama di dunia, menghadirkan Grand Final PUBG mobile Indonesia National Championship (PINC) 2018. Grand Final yang diikuti oleh 16 tim yang terdiri dari pemenang…

Rusun Ponpes Cipasung, Tasikmalaya

Selasa, 23 Oktober 2018 - 09:39 WIB

Kementerian PUPR Bangun 27 Rusun Ponpes di Jawa Barat Tahun 2018

Dengan adanya Rusun diharapkan mendukung Ponpes dalam menghasilkan santri yang religius, nasionalis dan berakhlakul karimah

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:30 WIB

BPR Terlu Waspadai Marak Tumbuhnya Fintech

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mewaspadai gempuran "financial technology" atau teknologi finansial yang saat ini mulai merambah di pedesaan.

Asuransi Ilustrasi

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:15 WIB

Masyarakat Tak Perlu Ragukan Asuransi Syariah

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis meminta masyarakat muslim tidak ragu menggunakan produk asuransi syariah.