SPIN: Prabowo Subianto Tokoh Nasional Paling Berpengaruh

Oleh : Herry Barus | Jumat, 25 Mei 2018 - 09:30 WIB

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktur Survey & Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menyatakan bahwa tokoh nasional yang paling berlengaruh pada saat ini, adalah Prabowo Subianto Djoyohadikusumo.

“Betapa tidak, peta politik pemilu 2019 sampai sekarang masih menunggu deklarasi resmi ketua umum Partai Gerindra ini untuk menjadi kandidat terkuat menghadapi incumbent Joko Widodo,” kata Igor di Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Seperti dirilis pusatsiaranpers.com menurut Igor, hanya dua tokoh inilah yang mempunyai elektabilitas diatas 20 persen dari semua lembaga survei.

Saat ini, publik juga berdebar-debar menunggu siapakah yang akan dipilih Prabowo sebagai pendamping mantan Danjen Kopassus ini, jika nanti resmi deklarasi sebagai Capres mendekati Agustus 2018.

“Banyak tokoh parpol yang ingin menjadi cawapres Prabowo, bahkan sampai memberi deadline segala. Ada juga yang memberi pernyataan bahwa Prabowo akan menang Pilpres 2019 jika hanya menggaet tokoh tertentu sebagai ketum parpol berbasis massa Islam.

“Semua tokoh penting, merasa harus dan ingin ketemu Prabowo sebagai manuver penjajakan koalisi. Itu sudah pasti,” katanya.

Padahal, skema kontestasi dan kompetisi Pilpres bisa berubah jika sosok yang dipilih oleh Prabowo Subianto adalah figur yang mampu meningkatkan elektabilitasnya karena memang memiliki kompetensi dan tingkat kesukaan publik yang tinggi.

“Dan sosok itu memang yang paling dikuatirkan oleh petahana saat ini jika berdampingan dengan Prabowo Subianto,” tambahnya.

Hal lain. masih kuatnya harapan dan isu di kalangan tokoh, elit politik dan masyarakat agar Prabowo Subianto urung maju dan menjadi King Maker saja. Bahkan usulan agar Prabowo mau menerima tawaran menjadi cawapres pun masih saja bergulir sebagai wacana publik jelang Pilpres 2019.

“Padahal sudah jelas mandat dari Partai Gerindra kepada Prabowo adalah menjadi Capres 2019. Hal ini menunjukan bahwa Prabowo lah sebenarnya tokoh kunci terpenting bagi Indonesia,” katanya.

Hampir semua keputusan Prabowo paling ditunggu semua pihak. Semua yang diucapkannya selalu menjadi headline dan menjadi trending topik, serta menjadi diskursus publik

Contohnya adalah soal Ghost Fleet beberapa waktu lalu yang ramai diperbincangkan di semua kalangan masyarakat dan media.

Prabowo adalah tokoh kuat yang punya pengaruh signifikan. Tingkat kesukaan dan pendukung loyalnya bisa mencapai 30 persen.

Partai Gerindra berpotensi meraup bonus elektoral atas kehadirannya di pentas politik nasional dan di pemilu serentak 2019.

Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu adalah bukti kuat solidnya pendukungnya yang memilih Anies Sandi menjadi pemenang.

Bahkan sebelumnya jelang aksi 212, Presiden Jokowi sampai mendatangi kediamanan Prabowo di Hambalang, lalu berkuda bersama, demi menciptakan suasana kesejukan bagi Indonesia.

“Prabowo Subianto memang tokoh yang berpengaruh saat ini. Indonesia masih menunggu keputusannya,” kata Igor.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BGR Logistics Jalin Kerjasama Dengan INKA

Jumat, 18 Januari 2019 - 15:58 WIB

BGR Logistics Jalin Kerjasama Dengan INKA Terkait Pemanfaatan Sumber Daya Perusahaan

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA tentang…

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…