Resmi Beroperasi, Bandara Kertajati Siap Layani Mudik Lebaran 2018

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 24 Mei 2018 - 21:51 WIB

Kehadiran Presiden Joko Widodo dengan pesawat kepresidenan, Kamis (24/5), menandai beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Bandara yang berada Majelengka ini siap melayani arus mudik Lebaran 2018.
Kehadiran Presiden Joko Widodo dengan pesawat kepresidenan, Kamis (24/5), menandai beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Bandara yang berada Majelengka ini siap melayani arus mudik Lebaran 2018.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kehadiran Presiden Joko Widodo dengan pesawat kepresidenan, Kamis (24/5), menandai beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Bandara yang berada Majelengka ini siap melayani arus mudik Lebaran 2018.

Proyeksi BIJB Kertajati untuk melayani arus mudik, disampaikan langsung Presiden Joko Widodo. Menurutnya, dalam waktu dekat penerbangan komersial akan beroperasi di bandara yang memiliki luas lahan 1.800 hektare itu.

"Menteri Perhubungan telah menyampaikan kepada saya Insya Allah bisa (digunakan saat Lebaran). Dan kurang lebih nanti, tanggal 8 Juni, juga sudah ada penerbangan komersial yang masuk," ucap Presiden Jokowi di Bandara Kertajati.

Presiden Jokowi  juga memastikan bandara-bandara lain saat ini sedang dibangun pemerintah, akan terus dikejar penyelesaiannya. Dengan begitu, akan semakin banyak bandara besar yang siap beroperasi di Indonesia.

"Semua kita kejar. Setelah ini akan selesai Bandara Ahmad Yani di Semarang akhir tahun nanti. Kemudian yang di Samarinda juga sama. Semuanya dalam proses konstruksi dan pembangunan. Yang di Yogya, Kulon Progo, kita harapkan akhir tahun depan Insya Allah selesai," tuturnya.

Pernyataan Presiden Jokowi tadi langsung disambut baik Citilink Indonesia. Maskapai berbiaya hemat (LCC) itu, merupakan maskapai pertama yang mendapat izin dari pemerintah untuk menerbangi Bandara BIJB.

''Bandara Kertajati di Majalengka merupakan bandara komersial kedua di Jawa Barat setelah Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Kehadiran Citilink Indonesia untuk rute penerbangan Surabaya – Kertajati. Selama musim mudik lebaran ini, Citilink diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan transportasi masyarakat yang tinggal di daerah Cirebon dan sekitarnya,'' ujar Vice President Corporate Secretary and CSR Citilink Indonesia, Ranty Astari Rachman di Cengkareng.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:14 WIB

Terkait Produk JS Saving Plan, Pemegang Polis Jiwasraya Berharap Solusi dari OJK

Para pemegang polis Jiwasraya berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membuat keputusan maupun solusi terhadap penundaan pembayaran produk JS Saving Plan. Pasalnya, OJK yang memberikan izin…

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:11 WIB

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth Dengan FiturRobo Advisory

Bank Commonwealth meluncurkan CommBank SmartWealth, aplikasiwealth managementkomprehensifpertama di Indonesiadengan fiturrobo-advisoryyang dapat membantu nasabah mengoptimalkan investasi mereka…

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:04 WIB

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 799 Miliar Bangun Jargas di 17 Kabupaten

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan gas (jargas) sambungan rumah tangga di 17 kabupaten dan kota untuk tahun anggaran 2019. Total estimasi biaya…

TIBCO dan XL Axiata

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:46 WIB

TIBCO Gandeng XL Axiata Dukung Proyek Data Science

TIBCO Software Inc., pemimpin global di bidang integrasi, manajemen API, dan analitik, bersama dengan XL Axiata, operator layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia mengumumkan aliansi…

Menkominfo Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:20 WIB

Menkominfo dan Menkeu Akan Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah untuk Layanan Pajak dan Kesehatan

Menkominfo Rudiantara dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati akan melakukan uji coba jaringan Palapa Ring Paket Tengah untuk layanan pajak dan kesehatan.