Resmi Beroperasi, Bandara Kertajati Siap Layani Mudik Lebaran 2018

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 24 Mei 2018 - 21:51 WIB

Kehadiran Presiden Joko Widodo dengan pesawat kepresidenan, Kamis (24/5), menandai beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Bandara yang berada Majelengka ini siap melayani arus mudik Lebaran 2018.
Kehadiran Presiden Joko Widodo dengan pesawat kepresidenan, Kamis (24/5), menandai beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Bandara yang berada Majelengka ini siap melayani arus mudik Lebaran 2018.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kehadiran Presiden Joko Widodo dengan pesawat kepresidenan, Kamis (24/5), menandai beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Bandara yang berada Majelengka ini siap melayani arus mudik Lebaran 2018.

Proyeksi BIJB Kertajati untuk melayani arus mudik, disampaikan langsung Presiden Joko Widodo. Menurutnya, dalam waktu dekat penerbangan komersial akan beroperasi di bandara yang memiliki luas lahan 1.800 hektare itu.

"Menteri Perhubungan telah menyampaikan kepada saya Insya Allah bisa (digunakan saat Lebaran). Dan kurang lebih nanti, tanggal 8 Juni, juga sudah ada penerbangan komersial yang masuk," ucap Presiden Jokowi di Bandara Kertajati.

Presiden Jokowi  juga memastikan bandara-bandara lain saat ini sedang dibangun pemerintah, akan terus dikejar penyelesaiannya. Dengan begitu, akan semakin banyak bandara besar yang siap beroperasi di Indonesia.

"Semua kita kejar. Setelah ini akan selesai Bandara Ahmad Yani di Semarang akhir tahun nanti. Kemudian yang di Samarinda juga sama. Semuanya dalam proses konstruksi dan pembangunan. Yang di Yogya, Kulon Progo, kita harapkan akhir tahun depan Insya Allah selesai," tuturnya.

Pernyataan Presiden Jokowi tadi langsung disambut baik Citilink Indonesia. Maskapai berbiaya hemat (LCC) itu, merupakan maskapai pertama yang mendapat izin dari pemerintah untuk menerbangi Bandara BIJB.

''Bandara Kertajati di Majalengka merupakan bandara komersial kedua di Jawa Barat setelah Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Kehadiran Citilink Indonesia untuk rute penerbangan Surabaya – Kertajati. Selama musim mudik lebaran ini, Citilink diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan transportasi masyarakat yang tinggal di daerah Cirebon dan sekitarnya,'' ujar Vice President Corporate Secretary and CSR Citilink Indonesia, Ranty Astari Rachman di Cengkareng.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KKP Dorong Industri Mutiara Nasional Bersaing di Kancah Dunia

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Investor Tiongkok akan Berinvestasi Budi Daya Mutiara di Flores Timur

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Flores Timur Yohanes Kopong mengatakan sebanyak lima perusahaan berminat menamamkan modalnya atau berinvestasi…

Presiden Jokowi hUT Kadin (Foto Herlambang)

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Bergabungnya Rosan ke TKN Tak Pengaruhi Netralitas Pengusaha

Bergabungnya Ketua Umum Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf tidak memengaruhi netralitas pengusaha, kata Ketua Bidang Organisasi…

Triawan Munaf, kepala Badan Ekonomi Kreatif (Foto: Hitsss)

Selasa, 25 September 2018 - 17:40 WIB

Ekonomi Kreatif Masa Depan Dunia

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan ekonomi kreatif merupakan sektor andalan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat baik di Indonesia maupun dunia.

Ilustrasi Migas

Selasa, 25 September 2018 - 17:20 WIB

SKK Migas Nilai Lapangan Sukowati Potensial Produktif

Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jaffee Arizon Suardin menilai unit Asset 4 Sukowati Field merupakan salah satu blok migas…

Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso

Selasa, 25 September 2018 - 17:01 WIB

Proses Akuisisi 51 Persen Saham Pertagas Selesai September

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus melaksanakan komitmennya untuk menyelesaikan proses akuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai tahap lanjutan usai induk BUMN Migas (Holding BUMN Migas)…