Wisata Sembari Mencicipi Kuliner Sehat di Pasar Papringan, Temanggung

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 24 Mei 2018 - 14:30 WIB

Pasar Papringan, Temanggung (Foto: azizatoen.wordpress.com)
Pasar Papringan, Temanggung (Foto: azizatoen.wordpress.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Sebuah destinasi unik dan instagramable yang terletak di Dusun Ngadiprono, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah Tengah populer di kalangan para wisatawan dan pecinta kuliner, namanya yakni Pasar Papringan.

Menurut Fransisca Callista, Manajer Proyek Pasar Papringan, Temanggung yang bergerak di bidang lembaga sosial masyarakat dalam hal revitalisasi desa menjelaskan bahwa pembangunan Pasar Papringan ini dilatarbelakangi banyaknya masyarakat daerah setempat khususnya para pemuda yang berpindah ke kota untuk mencari pekerjaan yang lebih layak.

"Berpindahnya warga desa ke kota adalah masalah utama, Kami di sini meningkatkan dan menciptakan upaya kreatif, bagimana warga setempat bisa tinggal dan berkarya di desa," katanya saat dalam acara diskusi Deputi Bidang Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dengan Forum Wartawan Pariwisata dan buka puasa bersama di Bunga Rampai, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).

Ia bercerita, dahulu Pasar Papringan ini adalah tempat yang rimbun karena banyak pohon bambu, tetapi sayang tempat ini dijadikan pembuangan sampah . Lalu, Ia berinisiatif untuk menyehatkan kembali desa Ngadiprono.

"Desa Ngadripono, dulu jadi tempat pembuangan sampah, ada kebun bambu yang ditinggalkan. Lalu, Kami menggarap kebun bambu menjadi Pasar Papringan. Tujuan kami memang untuk konservasi, lebih kemenyehatkan apa yang saat ini sedang sakit jadi, kita gausah bikin destinasi baru, tapi lebih kemenyehatkan kembali tempat tersebut," jelasnya.

Fransisca mengungkapkan bahwa kehadiran pasar ini berdampak positif bagi masyarakat. "Desa ini tuh keren, bisa membalik masalah menjadi potensi yang tadinya kebun bambu yang kotor, sekarang menjadi pasar di bawah kebun bambu. Pasar ini juga menginsipirasi dan menjadi pelopor pasar-pasar lainnya juga," cerita dia.

Tambah dia, yang menarik di Pasar Papringan, Kita mengadakan pelatihan kelingkungan, kebersihan serta mengedukasi para pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan atau meninggalkan sampah di area pasar. "Jadi, kita mau kasih lihat kalau pariwisata bisa juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa," imbuhnya.

Pasar Papringan ini dibuka setiap Minggu Wage dan Minggu Pon, atau dua kali selama 35 hari dan dibuka sejak pukul 06.00 hingga 12.00 siang. Jadwal buka ini pun berdasarkan filosofi penanggalan masyarakat Jawa.

 "Kalau mau datang, tetap harus bangun pagi. Di sini, makanannya sehat dan berkualitas baik, demi menjaga kualitas pedagang di sini 100 persen warga lokal," pungkasnya.

Karena pedagangnya 100 persen warga lokal, Ia menjelaskan di Pasar Papringan menjual berbagai  kuliner yang menyehatkan,  seperti  tidak pakai pewarna dan pemanis buatan, daging ayam yang digunakan pun ayam kampung, bukan ayam negeri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…