HIPMI Jakarta Timur Dukung Pemkot Kembangkan Industri Kreatif Jakarta

Oleh : Kormensius Barus | Kamis, 24 Mei 2018 - 08:29 WIB

Ketua Umum HIPMI Jakarta Timur Andre Tirtoadji disela sela acara Rakercab yang diadakan di Hotel Santika TMII Jakarta, Rabu (23/5/2018)
Ketua Umum HIPMI Jakarta Timur Andre Tirtoadji disela sela acara Rakercab yang diadakan di Hotel Santika TMII Jakarta, Rabu (23/5/2018)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Timur melihat,  potensi-potensi yang dimiliki oleh Jakarta Timur, banyak yang bisa kita kembangkan menjadi produk unggulan Jakarta Timur. Bila pemerintah, pengusaha, dan segenap pemangku kepentingan bersatu dalam mengembangkan industri kreatif, niscaya kita akan akan maju dan bisa bersaing di pasar global.

Ketua Umum HIPMI Jakarta Timur Andre Tirtoadji disela sela acara Rakercab yang diadakan di Hotel Santika TMII Jakarta, Rabu (23/5/2018), mengatakan, industri kreatif yang merupakan industri anak muda, sekarang telah menjadi trend di kalangan para pengusaha muda khususnya HIPMI.

“Kita  berharap Pemkot Jakarta Timur dapat membantu mengembangkan potensi Ekonomi Kreatif di DKI Jakarta Khususnya Jakarta Timur saat ini, karena banyak pengusaha muda di Jakarta yang bekerja di bidang ini,” ujar Andre Tirtoadji disela sela acara Rakercab.

Menurutnya, Kawasan Potensial Kota Administrasi Jakarta Timur adalah Kawasan Jatinegara, Kawasan Sentra Primer Timur, Kawasan Meubel Klender, Kawasan PIK Pulogadung, Kawasan Cililitan, RPU Rawa Kepiting,  Kanal Banjir Timur, Pasar Induk Kramat Jati dll.

Andre melihat Jakarta Timur sebagai Kota Administrasi yang memiliki wilayah paling luas serta

memiliki keunikan baik dari sisi historis maupun obyektif diantara Kota Administrasi lainnya di DKI Jakarta. Dengan luasnya Kota Administrasi Jakarta Timur, maka sangat mungkin untuk dikembangkan, sehingga ke depannya Kota Administrasi Jakarta Timur dapat bersaing dengan kota-kota lain di Indonesia.

Jadi, kata dia, Kota Administrasi Jakarta Timur memiliki sejumlah kawasan-kawasan potensial atau unggulan untuk dapat dikembangkan. Kawasan unggulan merupakan kawasan yang diperuntukan bagi kegiatan sektor strategis, seperti industri, pariwisata, perdagangan, pertanian, permukiman dan lain-lain.

Sektor strategis merupakan sektor yang menempati prioritas utama karena tingkat peranannya dalam pembangunan. Kawasan strategis kota adalah kawasan yang penataan ruangnya diprioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting dalam lingkup kota terhadap pembangunan ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan, serta pendayagunaan sumber daya alam dan teknologi tinggi untuk mengembangkan, dan melestarikan serta mengkoordinasikan pembangunan nilai strategis kawasan yang bersangkutan dalam mendukung penataan ruang wilayah.

Jadi sebagai pengusaha pejuang – pejuang pengusaha yang kental dengan semangat mudanya, HIPMI Jakarta Timur, lanjut Andre, harus mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun. Terobosan-terobosan baru dengan tidak mengesampingkan profesionalisme merupakan langkah yang perlu diambil sehingga mampu bertahan dan menciptakan peluang usaha.

“Semangat kebersamaan untuk maju bersama perlu kita pupuk dan kita tanamkan pada setiap anggota HIPMI, Karena dengan potensi serta jejaring serta kemauan untuk bermitra seharusnya sudah merupakan peluang usaha bagi masing-masing anggota,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengarah Rakercab BPC HIPMI Jakarta Timur, Faratodi menjelaskan, dalam rangka menjawab permasalahan diatas Rakercab HIPMI Jakarta Timur Masa Bakti 2017-2020, yang mengambil tema “Kolaborasi Pengusaha Muda dan Pemerintah Kota Sebagai Katalisator Ekonomi Kreatif.”

Selain akan membahas pola serta program kerja organisasi juga akan mengundang tokoh dunia usaha, organisasi profesi dan pemerintah sebagai pemegang regulasi serta mendukung program pemerintah kota dalam mengupayakan lahirnya pengusaha-pengusaha yang tangguh dalam menghadapi tantangan global.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Rakercab BPC HIPMI Jakarta Timur, Harizah Persiana Mangkunegara yang biasa dipanggil Riris menerangkan, “Rakercab ini adalah agenda wajib  yang harus dilaksanakan oleh setiap Badan Pengurus Cabang dalam rangka menyusun program kerja tiga tahun kepengurusan”.

Riris juga berharap pada kesempatan Rakercab ini seluruh anggota HIPMI Jakarta Timur dan peserta lainnya menunjukkan partisipasi pemikiran, dukungan, saran dan pandangan dalam menyikapi program kerja kedepan sebagai suatu kesepakatan yang dituangkan dalam Keputusan Rakercab yang merupakan pegangan/pedoman BPC HIPMI Jakarta Timur dalam melaksanakan program kerja kedepan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…