Menkoinfo Rudiantara Ingatkan Jurnalis Tegakkan Kode Etik

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 Mei 2018 - 06:40 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengingatkan jurnalis agar menegakkan kode etik selama menjalankan tugas karena profesi tersebut selain dibatasi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, hanya dibatasi kode etik.

"Kita harus menghargai, harus menegakkan yang namanya etika dalam profesi. Wartawan adalah profesi yang tidak diatur melalui aturan sebagaimana peraturan pemerintah, peraturan menteri, tetapi dibatasi oleh etika," ujar dia di Jakarta, Rabu (23/5/2018)

Ia menilai telah terjadi perubahan besar selama 20 tahun reformasi dalam kebebasan pers, seperti sekarang media tidak perlu meminta izin kepada departemen penerangan yang sekarang menjadi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Selain itu, ujar Rudiantara, satu-satunya undang-undang yang tidak disertai PP dan permen adalah Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

"Itu menunjukkan independensi pers di Indonesia. Kalau ada PP atau permen berarti pemerintah ikut-ikutan," tutur Menkominfo.

Pemerintah menyerahkan hal-hal berkaitan dengan pers kepada Dewan Pers serta kontituennya dari asosiasi jurnalis untuk menjaga independensi tersebut.

Sejumlah negara, ujar dia, bahkan belajar mengenai kebebasan pers di Indonesia yang merupakan negara demokrasi terbesar ke-3 ini.

Dalam kebebasan pers, ia mengingatkan media agar terverifikasi oleh Dewan Pers dan hanya mendukung jurnalis yang menerapkan profesionalitas dalam menjalankan tugas.

"Media harus terverifikasi, kalau yang abal-abal tidak usah didengarkan. Yang saya dukung yang terverifikasi," kata Rudiantara. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…