DPR Harap KASAL Tingkatkan Profesionalisme Prajurit

Oleh : Herry Barus | Rabu, 23 Mei 2018 - 19:45 WIB

Presiden Jokowi melantik Siwi Sukma Adji sebagai KSAL, dan menaikkan pangkat jadi Laksamana, di Istana Negara (Foto: Rahmat/Humas)
Presiden Jokowi melantik Siwi Sukma Adji sebagai KSAL, dan menaikkan pangkat jadi Laksamana, di Istana Negara (Foto: Rahmat/Humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan berharap Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji mampu meningkatkan profesionalisme para prajuritnya agar mampu menghadapi tantangan di masa depan.

"TNI Angkatan Laut harus siap menghadapi tantangan masa kini. Profesionalisme dan kesiapan anggota, menjadi hal yang harus terus ditingkatkan," kata Taufik di Jakarta, Rabu (23/5/2018)

Dia berharap TNI AL di bawah kepemimpinan Laksamana Madya TNI Siwi semakin profesional dan semakin sigap dalam menjaga wilayah perairan Indonesia.

Taufik menilai kasus penyelundupan narkoba masih menjadi tantangan TNI AL ke depan agar ikut berperan dalam memutus rantai peredaran maupun masuknya narkoba.

"Berkaca pada kasus upaya penyelundupan narkoba di Kepulauan Riau sebanyak 1 ton beberapa waktu lalu, TNI AL turut bersinergi dalam upaya penggagalan penyelundupan itu," ujarnya.

Dia mengapresiasi TNI AL yang telah berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba itu namun tantangan bukan hanya itu, masih ada tantangan berikutnya.

Hal itu, menurut dia, terkait wilayah Indonesia yang sangat luas, dan banyaknya pelabuhan "tikus" sehingga TNI AL didorong lebih sigap menjaga wilayah kedaulatan Indonesia khususnya wilayah laut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) untuk menggantikan Laksamana TNI Ade Supandi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5).

Presiden pun telah menerbitkan Keppres Nomor 43 TNI Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Marsma TNI Trisno Hendradi di Istana Negara, Jakarta.

Melalui Keppres Nomor 44 TNI Tahun 2018 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi TNI, Presiden Jokowi menaikkan pangkat Siwi menjadi Laksamana. Kepala Negara juga telah mengambil sumpah jabatan untuk Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Pergantian pucuk pimpinan di TNI AL itu karena Laksamana Ade Supandi akan memasuki masa pensiun sebagai KSAL pada Juni 2018.

Penunjukan Siwi itu setelah sebelumnya ada empat orang calon kuat pengganti perwira tinggi TNI AL bintang empat alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) 1985 tersebut, yakni, Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman, Kepala Staf Umum TNI Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan Ashaf, Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya TNI Arie Soedewo, Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Letnan jenderal TNI (Mar) RM Trusono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ruas tol yang akan beroperasi

Rabu, 20 Juni 2018 - 22:19 WIB

Waskita Karya Akan Mengkaji Ulang 200 Km Ruas Jalan Tol

PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyatakan hanya mampu mengoperasikan sekitar 1.100 kilometer ruas jalan tol pada tahun ini dari target 1.315 km

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:45 WIB

Dwi Guna Laksana Ditargetkan Pasok Lima Juta Ton Batu Bara ke PLN

PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara, ditargetkan dapat memasok 5 juta ton batu bara ke PT Perusahaan…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:00 WIB

Buana Lintas Lautan Incar Dana Segar Sekitar Rp351 Miliar Lewat Rights Issue

PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang angkutan minyak, gas dan kimia untuk pasar domestik dan internasional, akan melakukan penerbitan…

Ilustrasi Irigasi (ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:50 WIB

Pola Tanam Secara Tepat dan Akurat dengan MAPDAS

INDUSTRY.co.id - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian kini telah menghasilkan lagi aplikasi teknologi Model Aliran Permukaan Daerah Aliran Sungai (MAPDAS).

Indosat

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:32 WIB

Libur Lebaran, Layanan Internet Indosat Alami Kenaikan 73 Persen

PT Indosat Tbk (ISAT) pada masa libur panjang mengalami kenaikan trafik yang signifikan. Indosat Ooredoo mampu menjaga kualitas jaringannya demi kenyamanan pelanggan menikmati perjalanan mudik…