Tak Pakai Kecap, Begini Cara Membuat Ayam Kalasan Untuk Berbuka Puasa

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 23 Mei 2018 - 15:00 WIB

Ayam Kalasan (Istimewa)
Ayam Kalasan (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kudapan Ayam Goreng Kalasan boleh sekali Kamu coba untuk menjadi santapan untuk berbuka puasa. Kuliner  ini, merupakan masakan khas dari Sleman, Yogyakarta. Bahan dan cara pembuatannya pun cukup mudah. Yuk simak cara dam bahan-bahannya yang dibeberkan oleh Mohammad Idris, Executive Sous Chef di Hotel Golden Tulip Passer Baroe.

"Pada dasarnya, menggunakan bumbu putih yang teridir dari bawang putih, bawang merah dan kemiri. Kalau bumbu merah, tinggal tambahin cabai saja. Untuk tahap pertama, bumbu putih tersebut ditumis dalam bentuk utuh dengan minyak goreng. Lalu, sekitar 50 persen agak matang, lalu masukan air," katanya beberapa hari lalu saat ditemui Industry.co.id setelah berbuka puasa bersama di  Hotel Golden Tulip Passer Baroe, Jakarta.

Setelah itu, tambah Dia, tunggu sampai kemiri empuk, angkat dan blender halus tumisan bumbu putih. "Kemudian, tumis lagi dengan minyak sampai kelihatan berminyak setelah itu masukkan ayam," sambungnya.

Ia juga menjelaskan, tidak memasukan air ke dalam tumisan, karena nanti akan keluar sendiri airnya dari ayam tersebut. "Ayamnya itu diungkep dengan api kecil selama setengah jam, bisa juga ditambah dengan air kelapa tetapi tidak banyak. Karena membuat resapan dari ungkepan ayam menjadi kurang," bebernya.

Menurut Idris, warna kecokelatan yang biasa kita lihat di restoran waran tersebut berasal dari kemiri yang dimasak. "Kalau warna cokelat dari warna bumbu putih dari kemiri kalau digoreng pakai minyak panas digoreng bisa berubah warna. Ayam Kalasan tidak pakai kecap, paling cuma dikasih gula Jawa atau gula pasir yang jadi rasa manisnya, tapi tidak banyak," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?

MRT akan mulai proses uji coba operasi secara penuh mulai tanggal 26 Februari 2019.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:40 WIB

Mulai 26 Februari, Warga Jakarta Bisa Jajal MRT Jakarta Gratis

PT Moda raya terpadu (MRT) Jakarta segera beroperasi pada bulan Maret 2019 mendatang. Namun masyarakat sudah mulai bisa menjajal Ratangga, sebutan untuk kereta MRT, pada akhir Februari mendatang.

Direksi PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) berpose bersama I Gede Nyoman Yetna, Direktur Penilaian PT Bursa Efek Indonesia (BEI) usai Perdagangan Perdana saham di Gedung BEI Jakarta.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:28 WIB

Perdagangan Perdana di Bursa Efek Indonesia, Harga NATO Melesat 69,9%

Harga saham PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) langsung melesat 69,9% ke posisi Rp175 per unit pada perdagangan perdana di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (18/01/2019) dibandingkan…