11 Kapal Pelni Layani Angkutan Lebaran KTI

Oleh : Herry Barus | Rabu, 23 Mei 2018 - 12:36 WIB

Pelni siapkan 26 armada kapal untuk mudik lebaran 2018
Pelni siapkan 26 armada kapal untuk mudik lebaran 2018

INDUSTRY.co.id - Ambon- Manajer Pelaksana Harian PT.Pelni Cabang Ambon Djasman mengatakan, ada 11 kapal milik PT.Pelni yang akan melayani angkutan lebaran 1439 Hijriah di kawasan timur Indonesia (KTI).

"Sebenarnya kapal Pelni yang selama berlayar di kawasan Timur Indonesia dan menyinggahi pelabuhan Ambon hanya delapan kapal, hanya saja dengan adanya angkutan lebaran dengan rekayasa trayek maka PT.Pelni Cabang Ambon mendapat tambahan tiga kapal lagi, masing-masing KM. Tatamailau, KM. Gunung Dempo, dan KM. Cerimai," ujarnya di Ambon, Selasa (22/5/2018)

Sedangkan delapan kapal yang selama ini menyinggahi pelabuhan Ambon yakni KM,Dorolonda, KM.Tidar, KM. Ngngapulu, KM.Dobonsolo, KM.Sirimau, KM, Leuser, KM.Sangiang, KM.Pangrango.

"Jadi untuk lebaran tahun 2018, PT.Pelni cabang Ambon mendapatkan tambahan tiga kapal, padahal ketiga kapal itu juga selama ini melayani rute yang lain," ujarnya.

Seperti KM. Gunung Dempo dalam pelayaran selama ini dari Makasar langsung Sorong (Papua Barat) tidak menyinggahi Ambon, begitu juga Cerimai biasanya dari Makasar-Bau-Bau langsung Sorong, begitu juga KM.Tatamailau rute pelayaran dari barat langsung Tual, dan dari Tual langsung Ternate (Maluku Utara) dan sebalinya, tidak pernah lagi menyinggahi pelabuhan Ambon.

Terkait dengan harga tiket masih tetap sama , tidak ada perubahan sesuai dengan yang sudah ditetapkan. hanya saja jadwal kapal sewaktu-waktu bisa berubah sebab sekarang ini situasi dan kondisi ekstrim, jadi kurang bersahabat.

Djasman mencontohkan kapal Perintis Sabut nusantara 48 yang hingga kini masih bersandar di pelabuhan Saumlaki selama empat hari dari tanggal 18 Mei 2018, dengan catatan karena ada peringatan dari BMKG, dengan perkiraan ombak yang terjadi sekarang ini dengan ketinggian berkisar antara dua hingga empat meter.

Dia menambahkan, pihaknya tetap mengacu pada putusan dari Departemen Perhubungan yakni waktu pelaksanaan angkutan lebaran ini mulai H-15 hingga H+15. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…