11 Kapal Pelni Layani Angkutan Lebaran KTI

Oleh : Herry Barus | Rabu, 23 Mei 2018 - 12:36 WIB

Pelni siapkan 26 armada kapal untuk mudik lebaran 2018
Pelni siapkan 26 armada kapal untuk mudik lebaran 2018

INDUSTRY.co.id - Ambon- Manajer Pelaksana Harian PT.Pelni Cabang Ambon Djasman mengatakan, ada 11 kapal milik PT.Pelni yang akan melayani angkutan lebaran 1439 Hijriah di kawasan timur Indonesia (KTI).

"Sebenarnya kapal Pelni yang selama berlayar di kawasan Timur Indonesia dan menyinggahi pelabuhan Ambon hanya delapan kapal, hanya saja dengan adanya angkutan lebaran dengan rekayasa trayek maka PT.Pelni Cabang Ambon mendapat tambahan tiga kapal lagi, masing-masing KM. Tatamailau, KM. Gunung Dempo, dan KM. Cerimai," ujarnya di Ambon, Selasa (22/5/2018)

Sedangkan delapan kapal yang selama ini menyinggahi pelabuhan Ambon yakni KM,Dorolonda, KM.Tidar, KM. Ngngapulu, KM.Dobonsolo, KM.Sirimau, KM, Leuser, KM.Sangiang, KM.Pangrango.

"Jadi untuk lebaran tahun 2018, PT.Pelni cabang Ambon mendapatkan tambahan tiga kapal, padahal ketiga kapal itu juga selama ini melayani rute yang lain," ujarnya.

Seperti KM. Gunung Dempo dalam pelayaran selama ini dari Makasar langsung Sorong (Papua Barat) tidak menyinggahi Ambon, begitu juga Cerimai biasanya dari Makasar-Bau-Bau langsung Sorong, begitu juga KM.Tatamailau rute pelayaran dari barat langsung Tual, dan dari Tual langsung Ternate (Maluku Utara) dan sebalinya, tidak pernah lagi menyinggahi pelabuhan Ambon.

Terkait dengan harga tiket masih tetap sama , tidak ada perubahan sesuai dengan yang sudah ditetapkan. hanya saja jadwal kapal sewaktu-waktu bisa berubah sebab sekarang ini situasi dan kondisi ekstrim, jadi kurang bersahabat.

Djasman mencontohkan kapal Perintis Sabut nusantara 48 yang hingga kini masih bersandar di pelabuhan Saumlaki selama empat hari dari tanggal 18 Mei 2018, dengan catatan karena ada peringatan dari BMKG, dengan perkiraan ombak yang terjadi sekarang ini dengan ketinggian berkisar antara dua hingga empat meter.

Dia menambahkan, pihaknya tetap mengacu pada putusan dari Departemen Perhubungan yakni waktu pelaksanaan angkutan lebaran ini mulai H-15 hingga H+15. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ruas tol yang akan beroperasi

Rabu, 20 Juni 2018 - 22:19 WIB

Waskita Karya Akan Mengkaji Ulang 200 Km Ruas Jalan Tol

PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyatakan hanya mampu mengoperasikan sekitar 1.100 kilometer ruas jalan tol pada tahun ini dari target 1.315 km

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:45 WIB

Dwi Guna Laksana Ditargetkan Pasok Lima Juta Ton Batu Bara ke PLN

PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara, ditargetkan dapat memasok 5 juta ton batu bara ke PT Perusahaan…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:00 WIB

Buana Lintas Lautan Incar Dana Segar Sekitar Rp351 Miliar Lewat Rights Issue

PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang angkutan minyak, gas dan kimia untuk pasar domestik dan internasional, akan melakukan penerbitan…

Ilustrasi Irigasi (ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:50 WIB

Pola Tanam Secara Tepat dan Akurat dengan MAPDAS

INDUSTRY.co.id - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian kini telah menghasilkan lagi aplikasi teknologi Model Aliran Permukaan Daerah Aliran Sungai (MAPDAS).

Indosat

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:32 WIB

Libur Lebaran, Layanan Internet Indosat Alami Kenaikan 73 Persen

PT Indosat Tbk (ISAT) pada masa libur panjang mengalami kenaikan trafik yang signifikan. Indosat Ooredoo mampu menjaga kualitas jaringannya demi kenyamanan pelanggan menikmati perjalanan mudik…