BI Jember Siapkan Rp7,2 Triliun untuk Lebaran 2018

Oleh : Herry Barus | Rabu, 23 Mei 2018 - 11:48 WIB

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)
Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jember- Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jember menyediakan uang pecahan baru untuk penukaran uang sebesar Rp7,2 triliun dalam memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Lebaran 2018.

"Kebutuhan masyarakat untuk menukarkan uang pecahan baru setiap tahun meningkat dan tahun ini diprediksi meningkat 61 persen dibandingkan tahun lalu, sehingga ketersediaan uang pecahan juga ditambah menjadi Rp7,2 triliun," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember Hestu Wibowo, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (22/5/2018)

Menurutnya, Bank Indonesia memastikan ketersediaan uang rupiah selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran dipastikan cukup, baik dari sisi jumlah maupun denominasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kami menyiapkan Rp7,2 trilun uang pecahan baru untuk wilayah kerja BI Jember yang meliputi Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Lumajang atau wilayah eks Keresidenan Besuki dan Lumajang (Sekarkijang)," katanya.

Ia menjelaskan peningkatan jumlah uang pecahan baru tersebut, karena panjang hari libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah berkisar 10-12 hari, sehingga masyarakat diprediksi membutuhkan uang yang lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

"Bank Indonesia sebagai otoritas sistem pembayaran akan menjamin ketersediaan uang rupiah dalam jumlah dan denominasi yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menjaga kelancaran sistem pembayaran," katanya pula.

BI Jember akan melakukan kegiatan kas keliling yang dilaksanakan bersama tujuh perbankan dalam menyediakan jasa penukaran uang pecahan di alun-alun Kabupaten Jember, dan pihak perbankan di 93 titik kantor cabang juga melayani jasa penukaran uang.

"Ada berbagai kegiatan layanan penukaran uang yang dilaksanakan BI Jember, baik melalui kas keliling maupun penukaran ke perbankan setempat," katanya seperti dilansir Antara.

Hestu menjelaskan, BI Jember melakukan sinergi penukaran uang rupiah bersama Pemerintah Kabupaten Jember melalui kegiatan pasar murah yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) di seluruh kantor kecamatan di Jember mulai 28 Mei hingga 7 Juni 2018.

"Selain itu, sinergi penukaran uang rupiah bersama perbankan melalui penukaran 'mobile branch bank' dan mobil kas keliling BI Jember di alun-alun Kota Jember mulai 28 Mei hingga 8 Juni 2018," ujarnya pula.

BI Jember juga melakukan sinergi bersama perbankan untuk melayani penukaran uang melalui loket penukaran bank setempat di lima kabupaten yang berada di eks Keresidenan Besuki dan Lumajang mulai 21 Mei hingga 8 Juni 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

Kamis, 25 April 2024 - 11:17 WIB

Tawarkan Keseimbangan Hunian Berkelanjutan dan Kenyamanan Ekosistem Terpadu, AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

AMMAIA Ecoforest, dikembangkan oleh Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan sebuah kawasan perumahan eksklusif…