BI Lampung Siapkan Rp3,1 Triliun Uang Kartal

Oleh : Herry Barus | Rabu, 23 Mei 2018 - 11:44 WIB

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)
Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandarlampung- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyiapkan Rp3,1 triliun uang kartal untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Penukaran uang sudah bisa dilakukan hari ini hingga mendekati lebaran," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung, Budiharto Setyawan di Bandarlampung, Rabu (23/5/2018)

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, lanjutnya, menjamin ketersediaan uang kartal tersebut dan masih akan bertambah secara bertahap disesuaikan dengan kondisi atau perkembangan yang ada.

Menurutnya, jumlah tersebut sedikit meningkat dibandingkan tahun 2017 yang sebesar Rp3,054 triliun.

Ia menjelaskan BI menyiapkan uang kartal tersebut mengingat meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat menjelang bulan puasa dan Lebaran 2018.

Sehingga, lanjutnya, kebutuhan uang pada periode tersebut juga ikut meningkat.

"Bank Indonesia menjamin ketersediaan dan kecukupan uang kartal untuk kebutuhan masyarakat Provinsi Lampung selama periode tersebut sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir," ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, ia memastikan kecukupan uang kertas dan logam akan terjaga baik secara nominal maupun pecahan.

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan perbankan di daerah juga terus diperkuat sehingga masyarakat tidak akan mengalami kesulitan mendapatkan uang tunai.

"Untuk kegiatan penukaran, kami mengimbau masyarakat agar melakukan penukaran uang pecahan kecil melalui layanan penukaran uang rupiah oleh BI dan perbankan yang beroperasi di Provinsi Lampung. Penukaran dapat dilakukan tanpa dipungut biaya alias gratis," ujarnya.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia dan perbankan daerah berupaya secara optimal baik dari sisi jangkauan maupun frekuensinya akan melakukan layanan penukaran uang pecahan kecil di beberapa titik di Provinsi Lampung.

"Mulai 23 Mei 2018 hingga 6 Juni 2018 utamanya di pusat-pusat keramaian. Khusus pada 5 dan 6 Juni 2018, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung dan perbankan daerah secara bersama-sama akan melakukan layanan penukaran uang di Lapangan Saburai," jelasnya.

Dalam melakukan pelayanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat, piahlnya akan menugaskan pegawai yang beridentitas jelas dilengkapi petugas dari satuan pengamanan untuk menjaga agar kegiatan pelayanan dapat dilakukan dengan tertib dan aman.

Budi menambahkan untuk pemerataan dan kelancaran dalam proses penukaran bersama di Lapangan Saburai, BI dan perbankan menyediakan paket penukaran senilai Rp6 juta per orang yang terdiri atas pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…