Traveler, Ini Tips Hemat Menukar Uang Asing Selama Berlibur ke Luar Negeri

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 23 Mei 2018 - 12:00 WIB

Kota Paris, Prancis (Foto:en.parisinfo.com)
Kota Paris, Prancis (Foto:en.parisinfo.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Libur panjang menjadi salah satu tujuan utama bagi wisatawan untuk berpergian ke berbagai negara. Tentunya perlu banyak persiapan yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalan ke luar negeri, salah satunya yaitu tentang pembayaran selama hidup di sana.

Untuk mempermudah para traveler, Mastercard hadir untuk berbagi tips penukaran mata uang terbaik perjalanan Kamu ke luar negeri. Mastercard dalam rilisnya yang diterima Industry.co.id, Selasa (22/5/2018), melakukan sebuah riset untuk membandingkan beberapa metode pembayaran selama bepergian ke luar negeri.

Meskipun kartu kredit dan debit menawarkan cara paling aman dan dapat diandalkan untuk bertransaksi selama bepergian, beberapa orang lebih memilih membawa mata uang asing dalam bentuk tunai untuk digunakan di merchant-merchant yang hanya menerima uang tunai.

Oleh karena itu, untuk membantu Kamu mendapat nilai tukar mata uang asing terbaik, Mastercard berbagi beberapa temuan yakni, dengan cara yang lebih murah untuk mendapat mata uang asing adalah dengan melakukan penarikan tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan kartu debit di negara tujuan dan menukar uang dengan mata uang lokal di bandara negara tujuan merupakan cara yang paling mahal.

Ketika melakukan transaksi di toko, pembayaran elektronik merupakan metode pembayaran terbaik karena dapat diterima secara global serta aman dan nyaman. Apabila Kamu tidak nyaman untuk meninggalkan negara Kamu tanpa membawa mata uang asing, solusi lainnya dapat membawa sejumlah kecil uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dari bandara ke penginapan, kemudian menggunakan kartu debit untuk melakukan penarikan tunai di negara tujuan. Dengan metode ini, Anda akan dapat memperoleh nilai tukar terbaik.

Rata-rata biaya mark-up di ATM lebih baik dibandingkan dengan rata-rata biaya mark-up di tempat penukaran mata uang asing di bandara negara tujuan. Selain itu, menggunakan ATM selama bepergian merupakan cara yang lebih aman dibandingkan membawa uang tunai dalam jumlah besar. ATM biasanya terletak di pintu-pintu keluar bandara, destinasi-destinasi utama para turis, serta lokasi lainnya di negara tujuan, sehingga memudahkan Kamu untuk menarik uang tunai ketika dibutuhkan.

“Kami berharap melalui temuan ini para traveler Indonesia tidak akan bingung lagi dalam memilih metode penukaran uang yang terbaik dan dapat merasa lebih nyaman saat bepergian ke luar negeri, karena kini mereka tahu bahwa pilihan terbaik adalah dengan menggunakan kartu debit mereka,” kata Tommy Singgih, Director, Mastercard Indonesia.

Studi ini menganalisa biaya konversi mata uang di tempat penukaran mata uang asing lokal dan bandara dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan pada saat menarik uang tunai dan melakukan pembelian dengan kartu debit sehingga dapat membantu para traveler untuk mengambil keputusan yang lebih tepat.

Sepuluh negara destinasi wisata teratas menurut Mastercard masing-masing telah dianalisa, dari total 21 negara yang telah disurvei yaitu Australia, Brasil, Kanada, Chili, Kolombia, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Meksiko, Belanda, Nigeria, Rusia, Swedia, Swiss, Korea Selatan, Arab Saudi, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Emirat Arab.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses dan Cagub NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…