Melihat Pasar Grengseng Sebagai Sentra Ekonomi di Brebes Selatan

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 23 Mei 2018 - 10:47 WIB

 Pasar Grengseng Mulai Jadi Sentra Ekonomi di Brebes Selatan
Pasar Grengseng Mulai Jadi Sentra Ekonomi di Brebes Selatan

INDUSTRY.co.id, Brebes - Pasar desa atau pasar tradisional mampu bersaing dengan pasar modern, bahkan bisa menjadi sentra kegiatan ekonomi di satu daerah, sepanjang pasar itu dikelola dengan baik terjaga kebersihan. Kenyamanan dan memiliki bangunan pasar yang layak.

Salah satu contohnya adalah pasar Grengseng, desa Taraban, Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Pasar ini masuk dalam program revitalisasi pasar tradisiononal Kemenkop dan UKM melalui bantuan APBN 2017 sebesar Rp 832 juta.

Pasar yang diresmikan pengoperasiannya oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, pertengahan Maret 2018 lalu, kini mulai tumbuh menjadi salah satu denyut perekonomian baru di Brebes selatan yang berbatasan dengan Kec Bumiayu Kab Purwokerto. 

Kini, Pasar Grengseng selain menjual sembako dan lain-lain, juga mulai menjadi sentra sayur  mayur di sekitar kec Paguyangan, terbukti dengan banyaknya pedagang sayur yang berpindah dan kulakan (membeli dalam jumlah besar untuk kemudian diecer-red) di pasar Grengseng.

"Kami mewakili Pemkab dan Bupati Brebes, mengucapkan terimakasih kepada Kemenkop dan UKM karena Brebes telah diikutkan dalam program revitalisasi pasar ini," ujar Ir Mohammad Iqbal, Asistan II Sektda Brebes yang juga merangkap plt  Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kab  Brebes, saat ditemui di kantornya  Senin (21/5) lalu.

Pasar Grengseng juga telah memberi multiplier effect  atau dampak lanjutan, Bagi pedagang, telah menemukan tempat berjualan yang layak, Bagi Koperasi bisa menjadi pengalaman baru, karena pasar ini dikelola oleh KUD (Koperasi Unit Desa) bekerjaama dengan pemerintahan Desa.

Menurut  Iqbal, program revitalisasi pasar desa/tradisonal ini merupakan  program yang bagus bagi pengembangan ekonomi kerakyatan, sekaligus bagaimana memberdayakan koperasi, dalam hal ini KUD  Paguyangan Brebes

"KUD sudah waktunya bangkit, dan ini kesempaan bagi KUD untuk  bagaimana mengelola pasar secara profesional. Dalam hal ini ide-ide, gagasan dan kreatifitas pengurus KUD dibutuhkan agar pasar ini bisa berkembang dan tak kalah dalam bersaing dengan pasar modern,' kata Iqbal.

Ia berharap, apa yang dilakukan di pasar Grengseng ini, bisa di kembangkan di daerah lain. teruma di Brebes. "Disini  masih banyak pasar-pasar desa yang belum  di revitalisasi. Kalau ada program serupa, kami harap Brebres bisa diikutsertakan lagi di tempat yang berbeda," harap Iqbal.

Iqbal mengatakan, merupakan kewajiban pemerintah untuk  membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan. Namun bantuan itu tak harus berupa uang, melainkan fasilitas yang bisa menumbuhkan tumbuhnya jiwa wirausaha .

 "MIsalnya di Pasar Grengseng ini, sebelum revitalisasi pasar pedagang hanya berjumlah 165 orang, kini bertambah menjadi 224 pedagang. Itu artinya kan tumbuh wirausaha baru sebanyak 59 orang. Ini bagus untuk pengentasan kemiskinan dan pemerataan kesejahteraan," katmbah Iqbal.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…