Kapolri Tito Usul Tambah Penjara Keamanan Maksimum

Oleh : Herry Barus | Selasa, 22 Mei 2018 - 21:00 WIB

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengusulkan adanya penambahan lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (rutan) dengan keamanan maksimum untuk para tersangka, terdakwa dan narapidana kasus terorisme.

"Kami juga mengajukan usul penambahan Lapas keamanan maksimum karena nantinya kalau ada penegakan hukum akan berujung pada Lapas tersebut karena pengelolaannya tidak sama dengan napi lain. Jika digabung maka napi lain akan terpengaruh," kata Tito di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/5/2018)

Tito menyampaikan hal itu seusai menghadiri rapat terbatas pencegahan dan penanggulangan terorisme yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para menteri Kabinet Kerja.

Tito juga mengusulkan pembangunan rutan berkeamanan maksimum menggantikan Markas Komando Brigadir Mobil (Mako Brimob) di Kelapa Dua, Depok.

"Polri mengajukan agar dibangun rutan maksimum karena ada masa penangkapan, penyidikan, penuntutan, persidangan dimana tersangka atau terdakwa ditempatkan di tempat khusus yang tidak sama dengan rutan Salemba dan Cipinang," ungkap Tito.

Apalagi pada Selasa (8/5) lalu terjadi rusuh di Mako Brimob yang dipicu oleh tahanan kasus terorisme Wawan Kurniawan sehingga menyebabkan tewasnya lima orang anggota Brimob.

"Pernah kami punya pengalaman kasus pelatihan militer teroris di Aceh itu dikoordinasikan di Lapas cipinang oleh Abu Bakar Baasyir, Aman Abdurrahman, Iwan Rois dari 3 kelompok yang berbeda, jadi saya mengusulkan ada rutan cabang Salemba di Cikeas, mengganti Mako Brimob karena ada markas satu Resimen Brimob di sana sehingga ada rutan 'maximum security' karena di Mako Brimob tidak dipakai lagi karena tidak layak untuk tersangka terorisme," tambah Tito.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

Kamis, 25 April 2024 - 11:17 WIB

Tawarkan Keseimbangan Hunian Berkelanjutan dan Kenyamanan Ekosistem Terpadu, AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

AMMAIA Ecoforest, dikembangkan oleh Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan sebuah kawasan perumahan eksklusif…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 11:00 WIB

Mencermati Dampak Eskalasi Ketegangan di Timur Tengah

DURASI dan skala dari konflik Iran-Israel tak sekadar mengeskalasi ketidakpastian, namun juga memengaruhi perubahan dinamika global di hari-hari mendatang. Komunitas internasional, secara tidak…