John Paul Ivan Akhirnya Melapor Ke Bareskrim Soal Lagu #2019GantiPresiden

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 22 Mei 2018 - 15:12 WIB

John Paul Ivan
John Paul Ivan

INDUSTRY.co.id - JAKARTA -- John Paul Ivan, gitaris eks Boomerang yang kini bersolo karir akhirnya mendatangi Bareskrim Polri di Jl. Merdeka Timur untuk melaporkan sebuah media yang menyebut bahwa dirinyalah yang membuat lagu #2019 ganti Presiden.  Pelaporan ini sekaligus untuk membantah bahwa John Paul Ivan telah menciptakan lagu yang sempat viral di media sosial ini.

"Saya datang ke sini melaporkan masalah fitnah dan pencatutan nama saya. Tadi mungkin teman-teman sudah melihat berita yang beredar tanggal 19 Mei, media pribumi.co.id, di situ saya (disebut) menciptakan karya cipta lagu, tapi ternyata itu bukan. Itu berita bohong, fitnah," kata Ivan setelah melapor di gedung Bareskrim Polri, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).

Ivan tak terima namanya dicatut oleh media online itu. Makanya ia melaporkan sangkaan pencemaran nama baik. Ivan melaporkan media yang menulis pemberitaan soal dirinya sebagai pencipta lagu '#2019GantiPresiden'.

"Saya memang mengikuti pemberitaan bahwa media tersebut sudah mengklarifikasi pemberitaan, meminta maaf atau mereka tulis ini salah. Tapi nggak bisa begitu saja. Apalagi mereka nggak pernah menghubungi saya kok secara langsung," tegasnya.

Ivan mengaku tak mau ambil pusing soal motif kampanye terkait lagu '#2019GantiPresiden'. Hanya, Ivan tak ingin kabar hoax menyebar di publik. "Jadi kasus ini memang harus ditindak, jangan sampai terulang lagi,” katanya.

Sementara itu pencipta lagu asli #2019Ganti Presiden, John Sang Alang mengaku sama sekali semula tidak tahu bahwa karya ciptaannya ditulis sebagai karya cipta John Paul Ivan. “Mungkin si wartawannya menyangka John Sang Alang adalah nama lain dari John Paul Ivan. Dan tanpa konfrmasi baik ke saya maupun ke John Paul, langsung menulis berita, “ katanya.

Hikmah yang dia peroleh adalah lagu tersebut jadi viral. Bahkan Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengaku  sudah belasan kali mendengar lagu itu. “Ini lagu sederhana tapi mengena. Cocok jadi lagu kampanye,” katanya kepada Industry.co.id (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Foto Pembangunan Program Sejuta Unit Rumah

Senin, 10 Desember 2018 - 15:35 WIB

PUPR Klaim Program 1 Juta Rumah Sudah Capai 100 Persen

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim hingga 26 November 2018 program sejuta rumah telah teralisasi 100%. Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul…

 Kepala Bekraf, Triawan Munaf (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:26 WIB

Bekraf: 2020 Transaksi E-commerce Capai US$ 130 Milyar

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan nilai transaksi ekonomi digital di Indonesia tahun 2020 akan capai US$ 130 miliar, atau setara dengan Rp 1.924 Triliun. Hal tersebut diungkapkan…

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:05 WIB

2019, JNE Bidik 1 Juta Pengiriman Per Hari

PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menargetkan bisa menangani 1 juta paket kiriman per hari pada 2019 seiring dengan tren perdagangan digital di Indonesia.

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:03 WIB

Kemenhub Kembangkan Konsep Integrasi Tol Laut

Dtjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengembangkan konsep tol laut yang terintregasi dan terkoneksi "end to end" yang menghubungkan antarwilayah di Indonesia serta dapat menjangkau…

Willy Aviantara Beraksi Bersama Jane Callista Dalam World Of Bambini di Ice Palace. Minggu (9/12)

Senin, 10 Desember 2018 - 14:09 WIB

WAV Entertainment Sukses Gelar Rerun The World of Bambini

Rayakan sembilan tahun berkarya, WAV Entertainment kembali gelar konser musikal bertajuk The World of Bambini di Ice palace, Mal Lotte Shopping Avenue, Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12/2018)…