Marcella Zalianty Siap Perankan Tokoh Laksamana Keumalahayati dalam Film

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 22 Mei 2018 - 11:23 WIB

Sejumlah Tokoh menerima Komik Keumalahayati yang baru diluncurkan
Sejumlah Tokoh menerima Komik Keumalahayati yang baru diluncurkan

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Sebagai upaya untuk memperkenalkaan tokoh pejuang asal Aceh Laksamana Keumalahayati kepada publik yang lebih luas, Marcella Zalianty bersama tim penulis dan grafis, meluncurkan komik Laksamana Keumalahayati di Perpustakaan Pusat Nasional Senin (21/5) petang. Hadir dalam peluncuran tersebut Kepala Bekraf Triawan Munaf, Budayawan Erros Djarot, dan perwakilan dari TNI AL dan mantan Panglima ABRI Gatot Nurmantyo.

Menurut Marcella Laksamana Keumalahayati merupakan laksama laut wanita pertama di dunia. Pada abad ke- 16, Laksamana Malahayati menjabat sebagai panglima kesultanan Aceh dan tersohor karena berani melawan armada bangsa Belanda dan Portugis.

Laksamana Malahayati memimpin prajurit yang merupakan barisan para janda yang suaminya tewas di medan perang melawan Belanda. Saat itu 1599, Cournelis De Houtman berhasil dipukul mundur oleh pasukan Laksamana Malahayati. Pada 1606, Laksamana Malahayati gugur saat melawan pasukan Portugis di selat Malaka. Jasadnya dimakamkan di Bukit Lamkuta, Banda Aceh.

Terinspirasi dari kisah heroik tersebut, Marcella Zalianty selaku produser dibawah bendera Keana Film akan mengangkat cerita Laksamana Malahayati ke dalam film. “Tapi sebelum diangkat ke Film saya luncurkan dulu komiknya agar masyarakat sebelumnya sudah akrab dengan tokoh ini. Karena selama ini data tentang bagaimana sepak terjang keumalahayati sangat minim,” katanya.

Tokoh Laksamana Malahayati memiliki nilai sejarah yang kuat. Bagi Marcella, banyak nilai yang bisa diambil dari pengalaman hidupnya. “Banyak nilai yang dapat ditanamkan. Selain pembangunan karakter membela negara, bahkan hubungan menjadi seorang ibu, istri dan pejuang dalam waktu bersamaan. Dia berjuang tidak hanya pikiran, jiwa tetapi fisik raga, sampai Ratu Elizabeth pertama kirim Lenchester ke Indonesia cari Malahayati,” ucap ibu dua anak ini.

Sejauh ini, Marcella sudah bertemu dengan keluarga Malahayati di Aceh dan ahli sejarah untuk menyempurnakan risetnya. Karena bukan film dokumenter, Marcella ingin lebih menonjolkan makna dari kehidupan Laksamana Malahayati kepada masyarakat.

“Saya ingin buat tokoh ini dikenal dengan nilai perjuangannya. Meski ini film fiksi tapi tetap dalam koridor fakta sejarah. Tentu nanti ada pengembangan artistik tapi tetap tidak boleh lari dari kisah sejarah perjuangannya,” sambung istri pembalap Ananda Mikola ini.

Tentang peluncuran komik  Marcella Zalianty menjelaskan alasannya memproduseri dan menggagas peluncuran komik 'Keumalahayati', yang digarap bersama timnya dan diterbitkan oleh Gramedia. Menurutnya, sosok Keumalahayati merupakan sosok pahlawan perempuan yang sejarah kehebatannya tidak kalah, jika dibandingkan dengan karakter superhero wanita ala-ala Hollywood.

"Kalau di Amerika ada Wonder Women kita juga punya tokoh sejarah yang bisa kita angkat secara kreatif dan bisa jadi simbol kemaritiman saat ini. Karena, Indonesia kan juga sebagai negara maritim terkuat," kata Marcella (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

Kamis, 25 April 2024 - 11:17 WIB

Tawarkan Keseimbangan Hunian Berkelanjutan dan Kenyamanan Ekosistem Terpadu, AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

AMMAIA Ecoforest, dikembangkan oleh Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan sebuah kawasan perumahan eksklusif…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 11:00 WIB

Mencermati Dampak Eskalasi Ketegangan di Timur Tengah

DURASI dan skala dari konflik Iran-Israel tak sekadar mengeskalasi ketidakpastian, namun juga memengaruhi perubahan dinamika global di hari-hari mendatang. Komunitas internasional, secara tidak…

Ilustrasi industri keramik

Kamis, 25 April 2024 - 10:53 WIB

Antidumping Keramik, FOSBBI: Tak Perlu Dijalankan, Penjulan Lesu

Ketua Umum Forum Suplier Bahan Bangunan Indonesia (FOSBBI), Antonius Tan menyebut bahwa saat ini, para produsen maupun importir keramik masih melihat secara mendalam terkait Peraturan Menteri…

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Kamis, 25 April 2024 - 10:49 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau proyek Bendungan Bulango Ulu Paket I garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang berlokasi di Kabupaten Bone Bolango sebagai rangkaian…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Menperin Agus Sodorkan Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…